OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Ini Dia! Kalau Gaya Retro yang Kamu Mau

13 Oktober 2023 · 3 min read Author: Wita Lestari

Rumah gaya retro

Foto: decoist.com

Kalau kamu lagi bingung memilih gaya untuk rumahmu atau mungkin ingin mengganti gaya rumahmu, gimana kalau gaya retro?

Kalau kamu penyuka desain jadul, cobalah gaya yang satu ini. Retro memang biasa dihubungkan dengan desain bergaya lama atau tempo dulu. Namun, istilah retro kini dipersempit sehingga mengacu pada gaya tahun 50-an hingga 70-an.

Sama dengan gaya pada dunia fashion, gaya retro pada interior rumah juga didominasi oleh warna ngejreng dengan furnitur yang cenderung simpel.

Bukan hanya ruang keluarga, kamu juga bisa mengaplikasikan gaya ini pada ruang makan.

Inilah lima langkah gampang menghadirkan gaya retro di rumahmu.

Langkah 1: Pilih warna

Ketika kamu ingin suasana beda untuk rumahmu, mengganti warna cat merupakan cara jitu. Selain mudah dilakukan, mengecat ulang rumah tak terlalu makan biaya.

Warna apa yang merepresentasikan gaya retro? Warna-warna cerah. Ya, warna “ngejreng” atau mencolok bisa menghidupkan suasana retro di rumahmu. Kamu bisa memilih merah, hijau, kuning, oranye, dan warna cerah lainnya untuk meng-cover dinding.

 Langkah 2: Padukan dengan corak

Corak dan motif juga bisa menjadi penghias hunianmu. Menghadirkan wallpaper atau wall sticker di rumahmu merupakan cara mudah yang bisa kamu aplikasikan saat ingin mengganti suasana.

Jika ingin menghadirkan suasana retro, pilihlah corak yang dipakai pada kurun waktu itu. Pola geometris banyak digemari di era 50 – 70-an.  Corak macam bidak catur pun akan menghidupkan suasana retro di rumah. Selain itu, motif berbentuk hati juga digemari pada tahun itu.

Baca juga: Tegel Rumahku Retak? Ooohhh… Tidak!

Langkah 3: Furnitur yang tepat

Agar memperkuat kesan retro pada rumah, pemilihan furnitur juga harus tepat. Era tahun 50-an hingga 70-an, style yang diusung cenderung simpel tanpa banyak ornamen.

Biasanya furnitur pada zaman ini juga mengedepankan fungsi, sehingga harus nyaman digunakan. Selain potongan sederhana, yang hits pada saat itu juga permukaan furnitur yang berkilau dan berbahan kulit dengan warna gelap.

Langkah 4: Hadirkan figur tahun 50-an hingga 70-an

Jika malas menggunakan wallpaper, kamu bisa menghadirkan pernik cantik figur tahun 50-an hingga 70-an. Memang, rentang waktu tersebut luas sehingga setiap tahunnya memiliki ciri khas masing-masing.

Agar tidak lepas kontrol, sebaiknya kamu juga menentukan tahun mana yang ingin diterapkan untuk hunianmu. Setelah kamu memilih, carilah figur yang terkenal.

Kamu dapat memilih figur aktor, aktris, penyanyi, atlet, atau lainnya. Kamu juga bisa menghadirkan poster film atau kotak kaset untuk hiasan di rumah.

Langkah 5: Jangan takut tabrakan

Gaya yang satu ini memang cenderung berani, so kamu juga jangan takut memadukannya. Dengan menggunakan corak bidak catur dengan warna ngejreng ditambah hadirnya hiasan retro lainnya, rumahmu akan semarak dan retro abis!

Sumber: iDEAonline.co.id/Sabrina Alisa


Tag: , , , , , , , , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA