Proyek Country Garden di Mongolia milik Yang Huiyan yang dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia di bawah usia 40 tahun. Foto: South China Morning Post (SCMP) Pictures
 

Yang Huiyan namanya. Dia merupakan wanita terkaya di Asia dan miliarder termuda di China. Cewek manis asal China ini orang kaya ke-6 menurut daftar orang terkaya di China 2018 yang dirilis Forbes. Dalam daftar 10 orang terkaya di China itu, juga ada Jack Ma, Ma Huateng, dan Hui Ka Yan .

Mau tahu apa bisnis Huiyan? Seperti dikutip dari mirrorreview.com, wanita muda yang dinikahi Chen Chong pada 2006 ini berkiprah di bidang properti dengan nama perusahaan Country Garden Holdings. Meski baru berumur 37 tahun, Huiyan pernah punya rekor menghasilkan sekitar Rp30 triliun hanya dalam waktu 4 hari pada awal 2018 ini.

Baca juga: Mau Tau Kenapa Generasi Milenial Diharapkan Jadi Pengusaha Properti?

Ayahnya, Yeung Kwok Kweung, mewariskan 57 persen saham perusahaan tersebut kepada Huiyan pada 2007 lalu. Ayahnya itu juga pernah didaulat Forbes sebagai orang terkaya di China daratan pada 2007. Buah emang gak jatuh jauh-jauh dari pohonnya ya!

Forbes menyebutkan kekayaan Huiyan mencapai US$17,1 miliar atau sekira Rp259,9 triliun (1 US$ = Rp15.200). Gak semua kekayaan tersebut dia dapat dari bisnis properti rupanya, dia juga punya bisnis lain yakni perusahaan bernama Bright Scholar Education Holdings yang berfokus pada pendidikan anak sekolah di China. Perusahaan ini mengantarkannya ke pasar New York Stock Exchange pada 2017.

Yang Huiyan, wanita terkaya di Asia dan miliarder termuda di China. Foto: mirrorreview.com
 

Bakat bisnisnya ketebak pastinya dari ayahnya. Kemampuan bisnisnya sudah terasah sejak Huiyan masih kecil. Seperti dikutip intisari.grid.id, Senin (29-10-2018), ayahnya sering mengajak Huiyan kecil ikut rapat di perusahaannya sehingga Huiyan sudah kenal pada para pemegang saham.

Meski anak pengusaha kaya raya, ternyata Huiyan bukan anak manja. Dia diwajibkan belajar berbisnis sendiri atau bekerja paruh waktu agar punya uang sendiri. Saat kuliah di Ohio, Amerika Serikat (AS), Huiyan tak dikirimi ayahnya uang yang banyak. Uang kiriman itu cuma cukup buat bayar biaya pendidikan dan biaya kost aja. Gak bisa buat jajan apalagi foya-foya.

Baca juga: Punya Kekayaan Rp10 Triliun, Pengeluaran Cuma Rp1 Jutaan Sebulan. Kalau Kamu?

Biarpun anak orang kaya, Huiyan kerja keras selama empat tahun masa perkuliahannya di AS itu. Pola asuh yang seperti itu membuat Huiyan kini jadi perempuan pengusaha sukses yang rendah hati dan berlaku baik pada para pekerjanya.

Jadi, kalau mau jadi ‘orang’ emang kudu latihan dan gak selalu senang-senang! Gimana kalau kamu?

Bagikan: 1120 kali