Memaksimalkan fungsi jendela merupakan salah satu cara mewujudkan rumah ramah lingkungan. Foto: Rumah123

Rumah ramah lingkungan gak cuma menjaga kelestarian lingkungan, tapi juga memberikan rasa nyaman dan sejuk dihuni. Bikin rumah jadi hunian yang ramah lingkungan itu gampang-gampang susah.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan rumah ramah lingkungan seperti berikut ini:

Biar kecil usahakan ada tanaman atau pohon.

Ketika merenovasi rumah, kadangkala kita merelakan halaman dan pohon guna memperluas rumah. Padahal, pohon dan halaman merupakan elemen penting dalam keseimbangan lingkungan untuk kehidupan.

Selain gersang, ketiadaan pohon dan halaman bisa berakibat pada kelestarian lingkungan. Makanya diperlukan kesadaran dari dalam diri untuk mempertahankan pohon dan halaman rumah.

Baca juga: Rumah Mungil Hasil Daur-Ulang, Pastinya Ramah Lingkungan

Andalkan Jendela.

Penggunaan air conditioner (AC) yang berlebihan menjadi penyebab menipisnya lapisan ozon. Cobalah meminimalisasi penggunaan AC dengan memaksimalkan fungsi jendela. Buatlah jendela yang terbuat dari kaca terbuka dengan spasi panel pembuka agak lebar, agar sirkulasi udara lancar.

Bikin Ruang Terbuka

Buatlah ruang terbuka pada salah satu bagian rumah. Ruang terbuka yang menghadap alam akan memberikan aura positif pada rumahmu, sekaligus bisa digunakan sebagai tempat melepas penat.

Gunakan Furnitur Ramah Lingkungan

Pilih furnitur ramah lingkungan dari bahan daur ulang. Jika furnitur lama masih bisa digunakan, alih-alih membeli yang baru, gunakanlah dahulu furnitur tersebut. Hal tersebut bisa meminimalisasi penebangan hutan untuk keperluan furnitur.

Baca juga: Mau Beli Rumah Mungil yang Ramah Lingkungan?

Sekadar informasi, di Indonesia ada Sistem Informasi Legalitas Kayu (SILK) yang menginformasikan toko-toko furnitur mana saja yang menggunakan kayu legal dan ramah lingkungan sebagai materialnya.

Mengetahui furnitur tersebut dari kayu legal atau tidak merupakan salah satu cara memilih furnitur yang ramah lingkungan. Furnitur legal yang dimaksud adalah furnitur yang telah bersertifikat.

Selain furnitur berbahan kayu legal, kamu pun bisa menggunakan furnitur yang terbuat dari daur ulang limbah kayu perabotan-perabotan bekas yang masih layak guna.

Bagikan: 317 kali