Rumah Hikmat_7 Teras belakang, tempat favorit para penghuni dan para tamu saat berbincang, tampak kolam renang dan sawung atau gazebo di kejauhan. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Tinggal di negeri yang beriklim tropis sudah barang tentu rumah yang paling nyaman ya yang disuaikan dengan iklim tersebut. Atap yang tinggi untuk menampung banyak udara dan bukaan jendela yang lebar adalah ciri khas rumah tropis.

Dengan struktur bangunan yang seperti itu, ruangan tak terlalu butuh pendingin (AC) dan jadi hemat listrik karena mengandalkan cahaya matahari saat siang tanpa ada lampu harus menyala. Faktor irit juga karena biaya perawatan rumah yang disesuaikan iklimnya terbilang rendah (low maintenance).

Ciri itu pula yang kita jumpai pada rumah pasutri Hikmat Kurnia dan Wiwiek Dahlan di Pesona Khayangan Juanda, Depok. Melalui tangan dingin arsitek Tribudiono, maka terciptalah hunian berkonsep tropis modern bagi keluarga ini.

Atap berbentuk limas dengan kemiringan 30 derajat memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang memberikan efek sejuk pada ruang. Teritisan atap dibuat lebar melebihi ukuran standar pada umumnya. Hal ini untuk melindungi kusen jendela dari terpaan hujan dan panas matahari sepanjang tahun.

Baca juga: Depok, Salah Satu Jawaban Sesaknya Hunian di Jakarta 

Jendela-jendela vertikal dengan bukaan yang lebar meloloskan aliran udara dan cahaya matahari dari luar, yang membuat rumah jadi sejuk dan terang tapi tak menyilaukan. Sedangkan plafon setiap ruang didesain membentuk dropped ceiling dengan permainan pencahayaan yang disesuaikan dengan bentuk aktivitas setiap penghuni rumah.

Antara bangunan rumah bagian dalam dengan lingkungan taman dipisahkan oleh teras yang berpintu geser dan berkaca, serta jendela-jendela lebar berkaca penuh. Sehingga, panorama kolam renang dan taman vertikal terlihat sebagai lansekap yang segar. Tak heran teras belakang ini jadi ruang favorit bagi penghuni rumah maupun para tetamu yang berkunjung.

Bangunan hunian seluas 840 meter persegi (dua lantai) di atas lahan 860 meter persegi ini berbentuk huruf U, sehingga terdapat ruang terbuka hijau di sekeliling bangunan, baik di bagian luar maupun dalam.

Baca juga: Maksimalnya Gaya Tropis Modern di Hunian di Depok Ini

Ruangan-ruangan rumah dibuat simpel dan luas, sehingga bukan hanya seluruh penghuni rumah bisa melakukan semua ativitasnya dengan nyaman di rumah, melainkan juga untuk semua teman, kerabat, dan rekan bisnis yang kerap berkunjung di rumah ini.

Ada tempat karaoke plus home theater, kolam renang, tempat bermain semisal pingpong, taman-taman yang menyejukkan mata, sawung, teras, garasi yang bisa disulap jadi tempat pengajian atau arisan.Tamu yang menginap pun bisa merasakan kenyamanan ala penginapan di hotel. Nah, siapa yang tak suka mampir di hunian yang seperti ini?

Baik kamar utama maupun kamar anak-anak dirancang lebih personal, mencerminkan ekspresi dan kesukaan masing-masing penghuni. Pada pokoknya,  bangunan rumah terdiri atas tiga zona, yakni zona peribadi (keluarga), zona tamu, dan zona servis. Ketiga zona ini saling terhubung, tapi masing-masingnya ada pembatas yang nyata. Semisal antara ruang tamu dan ruang makan pembatasnya adalah akuarium buit-in. Pembatasnya jelas, tapi dari ruang tamu masih tampak area ruang makan dan sebaliknya.

Singkat cerita, hunian ini merupakan wujud ekspresi dari semua anggota keluarga dan memenuhi kebutuhan ruang berativitas masing-masing. Alhasil, sebuah keluarga yang nyaris sempurna bertumbuh-kembang di dalamnya.

Rumah tropis modern keluarga Hikmat Kurnia dan Wiwiek Dahlan. Beratap limas dengan teritisan atap yang lebih lebar dari ukuran biasanya, berikut jendela-jendela dengan bukaan lebar. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea Rumah tropis modern keluarga Hikmat Kurnia dan Wiwiek Dahlan. Beratap limas dengan teritisan atap yang lebih lebar dari ukuran biasanya, berikut jendela-jendela dengan bukaan lebar. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 
Bagikan: 2503 kali