Sejarah Islam di Indonesia merupakan salah satu hal yang wajib kamu ketahui, terlebih bukan hanya sarat akan makna religi, melainkan juga menjadi salah satu proses masuknya islam di Indonesia.

Perlu diketahui, sejarah Islam di Indonesia masuk melalui berbagai pendekatan, mulai melalui budaya dan disebarkan oleh Wali Songo, maupun perdagangan oleh saudagar dari Gujarat, India.

Seiring berjalannya waktu, kemunculan kerajaan Islam di Indonesia meninggalkan banyak sejarah yang hingga kini masih terawat sebagai destinasi wisata religi.

Lantas, situs peninggalan sejarah Islam di Indonesia apa saja yang wajib untuk kamu kunjungi untuk melakukan wisata religi? Simak pembahasannya bersama-sama!

Situs Sejarah Islam di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi untuk Wisata Religi 

Tak hanya sebagai simbol, situs sejarah Islam di Indonesia ini memiliki makna filosofis yang sangat kuat dalam perjalanan religi.

Ada berbagai situs sejarah yang bisa kamu kunjungi baik masjid maupun keraton dan istana berikut ini : 

1. Masjid Agung Demak 

Masjid Agung Demak  Sumber: Traverse.id

Situs sejarah Islam di Indonesia paling pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Masjid Agung Demak sebagai masjid tertua di Indonesia.

Untuk diketahui, masjid ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan islam terbesar di Indonesia, yakni kerajaan Demak.

Masjid yang didirikan oleh Raden Patah pada tahun ke-15 Masehi ini masih dipercaya sebagai tempat berkumpulnya Wali Songo sebagai penyebar Agama Islam di Pulau Jawa.

2.  Masjid Gedhe Kauman 

Peninggalan situs kerajaan Islam di Indonesia selanjutnya bisa kamu temukan di Yogyakarta, yakni Masjid Gedhe Kauman Ngayogyakarta Hadiningrat.

Masjid yang dimiliki oleh Kesultanan Yogyakarta ini berada di sisi barat komplek Alun-Alun Utara Yogyakarta yang sudah melegenda.

Adapun, masjid ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang dibangun sejak 1773 Masehi oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I yang dibantu oleh Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat dan Kyai Wirokusumo.

Saat ini, Masjid Gede Kauman menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Jogja yang sangat menarik minat wisatawan.

3.  Masjid Sunan Ampel 

masjid sunan ampel Sumber: Merdeka.com

Masjid Sunan Ampel yang berada di Surabaya, Jawa Timur tak luput dari kunjungan wisata religi yang sudah berdiri sejak 1421.

Untuk diketahui, Masjid ini sudah dibangun sejak zaman Majapahit yang dipimpin oleh Raja Brawijaya dan sudah memeluk Islam.

Tak hanya memiliki unsur sejarah, Masjid ini juga dikelilingi oleh bangunan dengan arsitektur Tiongkok dan Arab.

Spot yang wajib kamu kunjungi saat melakukan wisata religi di tempat ini ada pada sumur di halamannya karena memiliki petuah yang sangat kuat.

4.  Masjid Baiturrahman 

Selain dikenal sebagai Masjid kebanggaan warga Aceh, Masjid Baiturrahman juga menjadi situs kerajaan Islam di Indonesia.

Sebab, Masjid ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Aceh yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam sejak 1612 masehi.

Perlu diketahui, sebelumnya Masjid ini juga sempat dibakar oleh tentara Belanda saat menyerang Kesultanan Aceh pada 1873 masehi, dan kemudian didirikan kembali.

5.  Masjid Agung Surakarta 

masjid agung keraton surakarta Sumber: Merdeka.com

Di Solo, kamu juga bisa mengunjungi situs kerajaan Islam di Indonesia yang ikonik, yakni Masjid Agung Surakarta.

Masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Mataram yang dibangun oleh Paku Buwono III pada 1763 dengan sentuhan Jawa Kuno dan Belanda.

Kemudian pada kepemimpinan Paku Buwono IV, masjid ini dibangun kembali dan diberikan berbagai kolam air untuk tempat wudhu dan jam matahari untuk menentukan waktu sholat.

6.  Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat 

Tak hanya menjadi destinasi wisata di Yogyakarta, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat juga menjadi bagian penting dari Situs Sejarah Islam di Indonesia.

Sebab, Keraton yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I pada 1755 ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Islam.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai peninggalan sejarah, bangunan ini juga dijadikan tempat tinggal dari Sultan maupun Keluarga secara turun temurun.

7.  Keraton Surosowan

keraton surosowan

Situs sejarah Islam di Indonesia selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Keraton Surosowan.

Bangunan ini merupakan peninggalan kerajaan Banten yang didirikan sejak 1522-1526 pada masa kekuasaan Sultan Maulana Hasanuddin.

Pada kekuasaan Sultan Banten selanjutnya, bangunan ini direnovasi kembali melibatkan arsitek Belanda, Hendrik Lucasz Cardeel yang memeluk Islam.

Karena dirancang oleh orang Belanda, bangunan ini juga menyerupai benteng Belanda yang kokoh dan lengkap.

8.  Istana Maimun 

Untuk diketahui, Istana Maimun juga menjadi salah satu peninggalan sejarah islam di Indonesia yang patut untuk dikunjungi tepatnya di Medan sebagai peninggalan Kerajaan Deli.

Istana ini didirikan oleh Sultan Deli bernama Sultan Mahmud Al Rasyid dan dirancang oleh arsitek berkebangsaan Italia.

Pembangunan istana ini dilakukan pada 1888 dan selesai pada 1891 dengan luas 2,772 meter persegi dengan dua lantai yang terdiri dari bangunan induk, sayap kiri dan kanan.

9.  Keraton Kasepuhan Cirebon 

keraton kasepuhan cirebon

Sejak dulu, Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Jakarta.

Keraton Kasepuhan Cirebon dirancang pada 1529 oleh Pangeran Cakrabuana yang menjadi saksi kejayaan Kerajaan Islam dan perkembangan Islam pada masa tersebut.

Di depan keraton ini, kamu bisa menemukan alun-alun yang dulunya adalah Alun Sangkala Buana sebagai titik pusat komplek pemerintahan keraton.

10.  Istana Sultan Ternate 

Situs sejarah Islam di Indonesia ini merupakan bagian terpenting dari Kerajaan Ternate yang dikenal sebagai Kerajaan Islam tertua di Maluku.

Bangunan ini dirancang dengan gaya abad ke-19 dengan kombinasi dua lantai menghadap ke laut.

Istana ini juga dikelilingi oleh benteng dan berada dalam satu komplek dengan masjid jami Ternate.

Untuk diketahui, Istana Sultan Ternate juga sudah melakukan proses revitalisasi, tepatnya pada 1978 dan 1982.

Demikian beberapa daftar situs sejarah Islam di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan wisata religi.

Temukan inspirasi menarik seputar properti terlengkap di Rumah123.

"Yuk, cari tahu inspirasi rumah idaman terbaik selengkapnya di Kota Bali Residence selengkapnya."
Bagikan:
2005 kali