masjid baiturrahman

Seperti apa sih kisah Masjid Raya Baiturrahman? Masjid ikonik di Aceh ini pastinya sudah dikenal lantaran bentuknya yang memang khas.

Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu bangunan ikonik di Aceh, pastinya menjadi destinasi wisata turis muslim.

Bangunan ini juga menjadi simbol religiusitas, kebudayaan, semangat, kekuatan, perjuangan, dan nasionalisme masyarakat Aceh.

Salah satu buktinya adalah saat tsunami menerjang Aceh pada 26 Desember 2004. Banyak orang yang memilih untuk mengungsi ke masjid ini.

Bangunan ini juga selamat dari tsunami meski banyak bangunan di sekitarnya yang rusak. Sejumlah masjid di Aceh memang aman dari tsunami.

Masjid Raya Baiturrahman yang berada di ibu kota provinsi Aceh, Banda Aceh ini dibangun pada 1612.

Saat itu, masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Ada juga yang menyatakan kalau masjid ini dibangun beberapa abad sebelumnya.

masjid baiturrahman di banda aceh Sumber: Inews.id

Pemerintah Kolonial Belanda Membangun Lagi Masjid Raya Baiturrahman

Saat terjadi perang antara Belanda dengan Kesultanan Aceh, masjid ini sempat terbakar. Pemerintah kolonial Belanda membangun lagi masjid ini pada 1879.

Arsitek asal Belanda, Gerrit Bruins mendesain Masjid Raya Baiturrahman. Dia terinspirasi dari gaya arsitektur Mughal Revivalism.

Gaya desain bangunan ini dipakai oleh arsitek Inggris di daerah jajahannya pada akhir abad ke-19 atau 1800-an.

Bangunan berdesain ini banyak terdapat di India, Pakistan, Bangladesh, Malaysia, dan Sri Lanka. Jangan heran, kalau desain bangunan ini mirip masjid di sejumlah daerah tersebut.

Makanya, masjid ini memiliki kubah dan menara yang khas Mughal. Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 kubah, 8 menara, dan 32 tiang.

Pembangunan masjid ini memakan waktu dua tahun dan selesai pada 1881. Kapasitas masjid ini bisa menampung 30.000 jamaah.

Wah, menarik juga ya kisah Masjid Raya Baiturrahman di Aceh, kalau traveling ke provinsi ini, jangan lupa untuk mampir ya.

Rumah123.com juga pernah membahas Masjid Agung Demak, salah satu masjid tertua di Indonesia, saat penyebaran awal Islam di nusantara.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuatKamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.

Bagikan:
2059 kali