tips beli rumah- rumah123.com Saat Membeli Rumah, Pastikan Kalau Mengecek Lingkungan Sekitar Rumah Aman. Ada Sejumlah Tips yang Bisa Dipraktikkan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada empat cara yang bisa dilakukan saat ingin mencari tahu apakah lingkungan sekitar rumah aman dari ancaman kejahatan. Lakukan hal ini sebelum membeli rumah.

Banyak hal yang dipikirkan saat membeli rumah, apalagi jika lingkungan sekitar rumah belum diketahui. Sering kali, sebuah kawasan terlihat aman.

Namun, kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi saat malam hari atau bahkan saat siang hari. Bisa saja ada ancaman kejahatan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 3 Hal yang Harus Dilakukan Usai Cek Kondisi Rumah

Calon pembeli harus mencari tahu seberapa besar potensi atau ancaman kejahatan dan tingkat kejahatan. Kamu akan memiliki sederetan pertanyaan untuk hal ini.

Apakah lingkungan aman untuk anak-anak? Apakah rumah aman saat ditinggalkan pergi bekerja? Apakah mobil aman ketika diparkir di jalan raya? Apakah rumah aman ketika malam hari?

Calon pembeli harus mencari tahu lingkungan sekitar rumah layaknya detektif. Dia belum tentu mendapatkan informasi dari penjual, agen properti, atau sales developer.

Melakukan Riset Online

Cari tahu melalui internet mengenai kawasan sekitar rumah yang akan dibeli. Mungkin ada berita atau data yang menyuguhkan mengenai keamanan daerah tersebut.

Beberapa kawasan di Jakarta yang padat penduduk memang memiliki rekam jejak tingkat kejahatan yang cukup tinggi. Sayangnya, di Indonesia memang belum ada situs yang menyajikan data kejahatan di sebuah daerah. Berbeda dengan negara Barat yang memiliki hal ini, bahkan untuk kejahatan yang bisa mengancam anak.

Cari Tahu dari Orang Sekitar

Calon pembeli bisa mencari tahu dengan berbincang santai dengan orang yang tinggal di kawasan tersebut, orang yang pernah tinggal, atau orang yang tinggal tidak jauh. Siapa tahu ada saudara atau teman yang masih atau pernah tinggal di kawasan tersebut.

Mereka akan memberikan informasi yang berguna. Orang yang tinggal di suatu kawasan atau mereka yang menghuni kawasan yang berdekatan dengan sebuah area, biasanya memiliki pengetahuan mengenai sebuah wilayah.

Mencoba Menjelajah Lingkungan Sekitar

Calon pembeli bisa mencoba menjelajahi lingkungan sekitar, bisa dengan motor, mobil, naik sepeda, atau berjalan kaki. Saat melakukan hal ini, calon pembeli bisa melihat suasana sekeliling.

Ada baiknya hal ini dilakukan pada waktu berbeda seperti pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Pastinya kamu akan menemukan suasana yang berbeda saat melewatinya. Jika berjumpa orang, cobalah untuk menyapa dan berbincang sebentar.

Saat mendatangi sebuah kawasan pada pagi, siang, sore, atau malam, tentunya calon pembeli bisa mengetahui apa saja yang ada di sekitar rumah. Mungkin ada remaja yang doyan nongkrong dekat rumah saat malam hari dan mengganggu lingkungan sekitar.

Percaya Pada Insting

Setiap orang memiliki perasaan dan insting. Jika calon pembeli sudah wira wiri dengan menjelajahi kawasan, apa yang dirasakan?

Kalau calon pembeli merasa kawasan ini enak dan nyaman saat berada di sebuah lingkungan berarti ada keyakinan untuk tinggal di sini. Biasanya, orang memang percaya dan yakin dengan insting sendiri.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Kunjungi Marketing Gallery Atau Show Unit Setiap Pekan

Bagikan: 644 kali