Jual rumah yang masih KPR

Jual rumah yang masih KPR merupakan salah satu solusi cepat untuk membutuhkan dana secara cepat, terlebih jika kamu sedang kesulitan memperoleh dana darurat.

Apalagi dalam kondisi yang sangat mendesak, membayar cicilan KPR mungkin sudah mustahil dilakukan, maka mau tak mau jalan satu-satunya adalah menjual rumah yang masih KPR.

Lantas, bagaimana cara jual rumah yang masih KPR untuk memenuhi pendanaan darurat lainnya?

Berikut sejumlah cara yang bisa kamu tempuh!

Cara menjual rumah KPR yang belum lunas untuk memenuhi kebutuhan dana darurat 

Untuk memenuhi kebutuhan dana darurat, ada beberapa cara jual rumah yang masih KPR secara cepat melalui beberapa langkah terbaik berikut ini: 

1.  Jual rumah KPR secara tunai 

Jual Rumah KPR Sumber : prospeku.com

Harus diakui, jika jual rumah KPR secara tunai merupakan langkah yang amat sangat efektif untuk dilakukan.

Dalam hal ini, kamu pun bisa melakukan jual rumah KPR secara tunai dengan mengumumkan harga cash terlebih dahulu.

Setelah kamu menjual rumah tersebut secara tunai, kamu pun bisa memperoleh uang serta melunasi sisa hutang KPR yang belum dibayarkan.

Adapun, pelunasan sisa hutang KPR tersebut ditujukan untuk mencairkan Sertifikat Hak Milik maupun Sertifikat Rumah kepada pembeli selanjutnya. 

Oleh sebab itu, menjual rumah secara tunai akan sangat efektif untuk dilakukan sebagai cara yang bersifat win-win solution.

Untuk jual rumah yang masih KPR secara tunai bisa kamu lakukan mulai dari penilaian ulang atas nilai rumahmu untuk menentukan harga jual yang pantas, sehingga cepat laku.

2.  Mempercepat Pelunasan KPR  

Sumber : galaxyproperty.co.id

Selanjutnya, jika kamu terdesak butuh dana untuk kebutuhan usaha dan berencana menjaminkan ke bank, mempercepat pelunasan KPR bisa menjadi referensi menarik.

Hal ini bisa kamu lakukan juga untuk bisa melakukan pelunasan awal terhadap sisa hutang KPR-mu agar mendapatkan SHM. 

Meski demikian, proses pelunasan KPR yang lebih cepat biasanya akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati.

Biasanya jumlah denda ini akan lebih kecil daripada sisa bunga pinjaman yang masih harus kamu lunasi dalam masa cicilan normal (sesuai tenor semula). 

3. Jual rumah secara over kredit 

Salah satu jual rumah yang masih KPR secara efektif bisa kamu lakukan dengan ketentuan over kredit.

Kamu juga bisa menjual rumahmu yang masih KPR itu dengan cara over-kredit KPR ke pihak pembeli, melalui dua cara, yakni: 

Pertama, mengambil alih KPR di bank yang sama di mana si pembeli akan melanjutkan pinjaman KPR di bank yang sama.

Kedua, menggunakan KPR Take-Over dan si pembeli melanjutkan pinjaman KPR di bank yang berbeda.

Kamu juga bisa melakukan proses Take-Over KPR dibawah tangan melalui notaris sebagai salah satu solusi yang cepat.

Proses ini butuh sejumlah biaya, sehingga penting bagi kamu untuk memahami dan memperhitungkannya dengan cermat sejak awal.

Selain mencermati berbagai biaya, proses Take-Over juga cenderung sensitif apabila kamu melakukannya tanpa bank.

Sebab, proses ini bisa menjadi polemik antara kreditur, debitur, dan pihak ketiga sehingga Take-Over KPR harus kamu lakukan secara hati-hati.

4.  Cara berhenti KPR sebagai langkah terakhir 

Sumber : harmony.co.id

Jika kamu mengalami kesulitan jual rumah yang masih KPR, cara berhenti KPR mungkin adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan.

Cara berhenti KPR secara umum merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya kredit macet yang dapat berpengaruh terhadap reputasi debitur nantinya.

Pasalnya, jika kamu gagal bayar maka pihak bank pemberi KPR akan menyita rumah sebagai jaminan, kemudian dilakukan proses lelang untuk melunasi sisa hutang.

Meski demikian, kamu pun bisa melakukan restrukturisasi hutang tanpa harus jual rumah yang masih KPR sehingga bisa ditempati bersama keluarga. 

Itulah beberapa cara yang perlu kamu ketahui untuk jual rumah yang masih KPR dalam memperoleh dana lunak, baik untuk dana darurat maupun kebutuhan bisnis.

Temukan referensi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123

"Tertarik untuk investasi properti? Kamu bisa pilih The Primerose Condovilla di sini selengkapnya."

Bagikan:
7198 kali