Korporasi Ritel Asal Jepang, Muji dan Perusahaan Teknologi Asal Finlandia, Sensible 4 Resmi Meluncurkan Bus Listrik Tanpa Sopir dan Tahan Cuaca (Foto: Rumah123/Designboom)

Muji dan Sensible 4 resmi meluncurkan Gacha, bus listrik yang tidak memiliki sopir dan didesain untuk segala cuaca termasuk cuaca ekstrem.  Transportasi umum listrik tanpa sopir memang semakin marak di sejumlah negara maju.

Muji merupakan perusahaan ritel asal Jepang, sementara Sensible 4 adalah korporasi asal Finlandia yang mengembangkan kendaraan tanpa sopir. Kedua perusahaan bekerja sama mengembangkan Gacha sejak 2018 lalu.

Bus listrik ini berukuran kecil, memiliki panjang 4,5 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,8 meter. Bus ini bisa memuat penumpang sebanyak 10 orang dengan posisi duduk, sisanya enam orang harus berdiri.

Baca juga: Semua Bus Listrik, Baru Namanya Ramah Lingkungan!

Desain Bus Listrik Ini Terinspirasi Dari Mainan Kapsul. Desainnya Dianggap Universal dan Bisa Memberikan Kebahagiaan, Kesenangan, dan Kedamaian (Foto: Rumah123/Designboom)

Produsen mendesain bus ini memiliki penggerak 4 wheel drive atau 4WD. Bus ini memiliki kecepatan maksimum 40 kilometer per jam dengan jarak tempuh maksimal hanya 100 kilometer.

Fitur lain yang dimiliki oleh Gacha adalah mengisi baterai secara wireless dengan cepat, akses mudah bagi mereka yang memiliki keterbatasan gerak, dan layar di bagian eksterior mobil yang dirancang untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Perancang mobil ini mendesain bus listrik ini mempunyai bentuk yang bagus secara estetika dan memberikan pengalaman kepada para penumpang.

Baca juga: Volvo Uji Coba Bus Listrik Tanpa Sopir di Singapura, Truz Jakarta Kapan Ya

Bus Listrik Ini Tidak Memiliki Bagian Depan Atau Belakang. Desain Dibentuk Sama (Foto: Rumah123/Designboom)

Bentuk bus ini dirancang untuk menciptakan ruang lebih luas kepada penumpang. Uniknya, bus ini seperti tidak mempunyai bagian depan atau belakang.

Muji dan Sensible 4 terinspirasi dari mainan kapsul. Bentuknya dianggap universal karena mengungkapkan kegembiraan dan kebahagiaan serta membawa kedamaian dan kesenangan.

Selain itu, produsen mendesain bus listrik ini tahan segala cuaca terutama musim dingin yang ekstrem di kawasan di dekat Kutub Utara seperti Finlandia. Bus listrik ini sudah diuji coba di jalanan bersalju di negara ini.

Baca juga: Bundaran Senayan-Monas Jadi Rute Pertama Uji Coba Bus Listrik Transjakarta

Bus Listrik Ini Dapat Menampung 10 Penumpang yang Bisa Duduk, Sisanya Enam Orang Harus Berdiri (Foto: Rumah123/Designboom)

Gacha akan mulai beroperasi sebagai transportasi publik di Espoo, kota terbesar kedua di Finlandia mulai April 2019. Selanjutnya, bus listrik ini akan beroperasi di Hameenlinna, Vantaa, dan juga ibu kota Finlandia, Helsinki.

Bus listrik ini memang dihadirkan untuk menjadi bagian armada dan sistem transportasi umum pada 2021. Produsen membuka kemungkinan untuk bekerja sama dengan pemerintah kota di seluruh dunia.

Hmm, kira-kira Gacha bakal masuk ke Indonesia juga nggak ya? Mungkin masih lama ya lantaran Transjakarta baru akan mulai menguji coba bus listrik. Sementara untuk bus listrik tanpa sopir sepertinya baru akan menyusul.

Baca juga: Bus Listrik Memang Mahal, Tapi Perawatan Murah dan Ramah Lingkungan

Bus Listrik Ini Memiliki Kecepatan Maksimum 40 Kilometer Per Jam. Sementara Untuk Jarak Tempuh Adalah 100 Kilometer (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 363 kali