Ilustrasi Bus Listrik. Pengelola Transjakarta Akan Menguji Coba Bus Listrik di Jakarta Pada Mei 2019 Mendatang. Bus Listrik Ini Ramah Lingkungan Lantaran Memiliki Emisi Gas Buang yang Kecil Atau Malah Nol (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transjakarta akan menguji coba bus listrik pada Mei 2019. Rencananya, uji coba akan dilakukan selama enam bulan. Rute pertama uji coba adalah Bundaran Senayan-Monas (Monumen Nasional).

Pengelola bus Transjakarta, PT Transjakarta berencana untuk menguji coba bus listrik pada rute Bundaran Senayan-Monas pada jalur feeder atau non bus rapid transit (BRT).

Transjakarta akan mengoperasikan 10 bus. Sebelum melakukan uji coba, Transjakarta sedang menyiapkan regulasi.

Baca juga: Wah, Ada Bus Sekolah Bertenaga Listrik Tanpa Supir

“Kami menargetkan salah satu rute yang akan kami uji coba adalah dari Bunsen (Bundaran Senayan) ke Monas,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono seperti dikutip oleh Kompas.com.

“Karena Pak Gubernur punya pesan agar lakukan pada kawasan yang membangun perhatian publik atau kesadaran publik (public awareness),” lanjut Agung.

Rute Bundaran Senayan-Monas menjadi area uji coba lantaran berada di pusat kota Jakarta. Area ini bisa menjadi perhatian masyarakat.

Baca juga: Semua Bus Listrik, Baru Namanya Ramah Lingkungan!

Rute ini nantinya bersinggungan dengan MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit). Nantinya, bus akan melewati area MRT yang merupakan transportasi massal, sementara bus listrik menjadi wujud transportasi yang ramah lingkungan.

Di sejumlah negara, pengoperasian bus listrik sudah menjadi hal biasa. Malah ada beberapa negara yang mulai mengembangkan bus listrik tanpa sopir.

Hmm, asyik juga ya kalau Jakarta berkembang menjadi kota yang keren, punya transportasi massal yang memanfaatkan tenaga listrik. Yuk, biasakan naik transportasi massal seperti Transjakarta, MRT, LRT (Light Rapid Transit), atau KRL (Kereta Rel Listrik) commuter line.

Baca juga: Volvo Uji Coba Bus Listrik Tanpa Sopir di Singapura, Truz Jakarta Kapan Ya

Bagikan: 2981 kali