Transjakarta Membuka Lima Rute Baru Sejak Akhir Maret 2019. Lima Rute Baru Ini Terintegrasi dengan MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) Pada Dua Stasiun yaitu Stasiun Sisingamangaraja dan Lebak Bulus) (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transportasi massal di Jakarta akan terintegrasi satu sama lain. Pengelola Transjakarta, PT Transportasi Jakarta membuka lima rute baru yang terintegrasi dengan stasiun MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit).

Transjakarta membuka lima rute baru sejak Jumat (22/03/2019) lalu. Lima rute baru adalah (Bumi Serpong Damai) BSD-Bundaran Senayan (S12), Bintaro-Blok M (S31), Pondok Cabe-Tanah Abang (S41), Jatijajar-Lebak Bulus (D21), dan Cinere-Kuningan (D31).

Kompas.com mengutip pernyataan Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono yang menyatakan bahwa lima rute baru ini akan melintasi dua stasiun MRT yaitu Stasiun Sisingamangaraja dan Stasiun Lebak Bulus.

Baca juga: Ingat Ya, Transjakarta Punya 2 Rute Baru Lho, GBK-Kalideres dan Kampung Melayu-Kota

Tiga rute di antaranya yaitu Bintaro-Blok M, BSD-Bundaran Senayan, dan Cinere-Kuningan dilayani dengan menggunakan bus premium Royaltrans. Bus ini mempunyai kapasitas kursi untuk 30 penumpang dan memiliki tarif Rp20.000.

Sedangkan, dua rute lainnya yaitu rute Pondok Cabe-Tanah Abang dan Jatijajar-Lebak Bulus dilayani dengan memakai bus Metrotrans. Bus ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 68 orang dengan 41 tempat duduk serta memiliki tarif reguler yaitu Rp3.500.

Agung juga menyatakan bahwa lima rute ini memiliki jam operasional yang sama yaitu mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Baca juga: Asyik, Tiap Senin Selama 2 Bulan Gratis Lho Kalau Naik Transjakarta dari Summarecon Bekasi

Sebelumnya, Transjakarta telah membuka empat rute baru yang terintegrasi dengan MRT yaitu di Stasiun Dukuh Atas. Empat rute tersebut adalah Dukuh Atas-Sam Ratulangi (DA1), Dukuh Atas-Tanah Abang (DA2), Dukuh Atas-Kuningan (DA3), dan Dukuh Atas-Kota (DA4).

Selain itu, Transjakarta pun sudah mengintegrasikan layanan dengan MRT Jakarta lewat program angkutan mikro Jak Lingko. Rute yang terintegrasi adalah rute Lebak Bulus-Pondok Labu (JAK3), Petukangan-Lebak Bulus (JAK32), dan Ragunan-Lebak Bulus (JAK45).

Nah, mulai dari sekarang biasakan untuk naik transportasi massal ya. Semakin banyak rute Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT. Naik transportasi massal itu keren lho.

Baca juga: Transjakarta Bakal Uji Coba Bus Listrik Pada Mei 2019, Nah Gitu Dong

Bagikan: 1400 kali