Produsen Otomotif Asal Swedia, Volvo Menguji Coba Bus Listrik Tanpa Sopir di Singapura. Kendaraan Ini Dikendalikan Secara Artificial Intelligence (Foto: Rumah123/Dezeen)

Volvo menguji coba bus listrik tanpa sopir di Singapura. Uji coba dilakukan sebelum mengoperasikan bus ini di jalan raya Singapura. Jadi iri deh, kapan ya Jakarta punya kesempatan serupa.

Dezeen melansir bahwa perusahaan otomotif asal Swedia ini berkolaborasi dengan perguruan tinggi asal Singapura, Nanyang Technological University (NTU) dalam proyek ini.

Kendaraan ini mempunyai panjang 12 meter. Bus ini memiliki kapasitas 93 penumpang, sebanyak 57 penumpang di antaranya memang harus berdiri.

Baca juga: Bus Tanpa Sopir yang Didesain untuk Segala Cuaca, Siapa Mau Naik

Tidak seperti bus dalam jaringan transportasi masal lainnya, bus ini ramah lingkungan lantaran merupakan bus listrik. Saat ini memang tren kendaraan listrik.

Bus ini tidak menghasilkan emisi gas buang. Selain itu, bus ini menggunakan 80 persen energi lebih sedikit dibandingkan dengan bus yang memakai bahan bakar diesel.

Bus ini menggunakan sensor dan pengontrolan navigasi yang dikendalikan oleh sistem artificial intelligence (AI). Ada beberapa sensor yang ditaruh di badan mobil.

Baca juga: Semua Bus Listrik, Baru Namanya Ramah Lingkungan!

Sensor dan navigasi ini termasuk juga dalam deteksi cahaya dan sensor jarak serta kamera yang dapat menangkap gambar tiga dimensi plus sistem satelit dengan navigasi global.

Ada sistem yang memanfaatkan satelit, serupa GPS. Namun, ada sejumlah data yang digunakan untuk memberikan akurasi lokasi hingga jarak beberapa cm. Ya, iyalah namanya juga kendaraan tanpa sopir.

Hmm, kalau bus listrik tanpa sopir ini diuji cobakan di Jakarta, perancang produk harus memasukkan deteksi lainnya ya. Apalagi jalanan Jakarta kan penuh ojek online (ojol), ojek pangkalan (opang), dan emak-emak yang naik motor matic. Pusing deh sensor dan pengontrolan navigasinya.

Baca juga: Wah, Ada Bus Sekolah Bertenaga Listrik Tanpa Supir

Bagikan: 5703 kali