Lantai granit memang mampu membuat rumah tampak lebih mewah. Nggak heran kalau banyak orang yang memilih batu granit sebagai bahan dasar lantai rumah mereka.

lantai granit - rumah123.com

Tapi perlu diketahui, bahwa jenis batuan tersebut membutuhkan perhatian khusus agar tetap tampak cantik dan mewah. Jika tidak dirawat dengan tepat, lantai bisa menjadi kusam. 

Lalu bagaimana jika lantai keburu kusam karena perawatan yang salah? Tenang saja, kalau kata pepatah “Ada 1000 jalan menuju Roma”, maka ada banyak cara pula untuk membersihkan lantai granit yang kusam. Penasaran dengan caranya? Simak terus artikel ini sampai habis!

Pertama-tama, siapkan dulu peralatan pembersih lantai granit     

Untuk membersihkannya, kamu membutuhkan sejumlah peralatan berikut ini:

- Ember

- Air

- Pilih salah satu pembersih granit ini: Launtex (detergen dengan alkali ringan), baking soda, sabun cuci piring, atau cairan pembersih batu alam

- Kain atau pel lembut

- Kain mikrofiber

Baca juga: 5 Cara Merawat Batu Alam Pada Dinding dan Lantai Rumah

Cara membersihkan lantai granit yang kusam karena terkena noda

Seringkali warna kusam pada granit timbul karena terkena noda. Untuk menghapus noda tersebut, berikut cara yang paling efektif:

- Tuangkan cairan pembersih granit pada kain lembut - Basahi kain dengan air (pastikan tidak mengandung mineral atau klorin) - Usap kain searah serat lantai dengan lembut. Hindari mengusapnya dengan gerakan melingkar karena bisa merusak tampilan batu - Keringkan lantai dengan kain lembut yang bersih setelah noda hilang.

Cara membersihkan lantai granit secara rutin

Apabila tak terkena noda, lantai yang terbuat dari granit juga harus dirawat secara rutin. Berikut cara mudahnya:

- Siapkan seember air hangat yang telah dicampurkan dengan cairan pembersih granit 

- Pel seluruh permukaan lantai dengan kain lembut

- Siapkan ember berisi air dingin tanpa campuran apapun untuk menghilangkan residu sabun

- Langsung poles lantai yang masih basah dengan kain mikrofiber. Jangan biarkan lantai kering dengan sendirinya karena bisa menimbulkan bercak.  

Baca juga: Serba-Serbi Lantai Kayu: Kelebihan, Kekurangan, Hingga Harganya

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Sebelum lantai yang terbuat dari granit keburu kotor, sebaiknya kamu melakukan pencegahan. Misalnya dengan memberi alas di bawah benda berat dan keras, supaya tak terjadi kontak langsung antara lantai dan benda. Atau bisa juga dengan memasang pelindung granit.

Itu dia 4 cara untuk membersihkan lantai berbahan dasar granit. Setelah melakukan tips-tips ini, dijamin lantai rumahmu menjadi kinclong dan tampak mewah!

Bagikan: 2304 kali