pencetus petrus

Siapa pencetus Petrus alias penembak misterius yang sebenarnya? Apakah Soeharto jadi pemeran utama atau pihak lain? Cari tahu selengkapnya di sini!

Penembak misterius (Petrus) menjadi salah satu catatan sejarah yang kelam dalam bidang Hak Asasi Manusia.

Kasus yang terjadi pada periode 1982-1985 menjadi salah satu jenis pelanggaran HAM berat dalam pembunuhan sistematis atas para preman atau orang yang tertuduh melakukan kejahatan.

Operasi yang sebenarnya bertujuan untuk menanggulangi kejahatan dan mengurangi angka kriminalitas justru malah dianggap meresahkan, bahkan Amnesti Internasional juga mengirimkan surat terbaik kebijakan ini.

Akibatnya selama periode 1983-1985, tercatat 548 orang tewas tertembak mengenaskan dalam kondisi tangan dan leher terikat, bahkan dimasukkan dalam karung di pinggir jalan.

Dalam perjalanan tersebut muncul berbagai spekulasi mengenai siapa pencetus Petrus yang sebenarnya, bahkan kerap diasosiasikan dengan Presiden Soeharto meski ia bukan sosok utamanya.

Siapakah pihak yang menjadi dalang utama keberadaan Penembak Misterius? Simak pembahasannya bersama-sama!

Siapa Pencetus Petrus? Dua Sosok Ini Punya Peranan yang Besar di Rezim Orde Baru 

Ada dua pihak yang mengerucut dan berperan sebagai tangan kanan Soeharto pada era Orde Baru. Simak dua orang yang jadi dalang utama Petrus berikut ini: 

1. Pangkopkamtib Sudomo 

Laksamana Sudomo Siapa Pencetus Petrus Sumber: Tempo.co

Meski Presiden Soeharto tak pernah luput dari pembahasan penembakan misterius, namun siapa pencetus Petrus salah satu sosok yang mengerucut adalah Pangkopkamtib Sudomo. 

Pasalnya, para pelaku Petrus bertindak di bawah koordinasi Komando Panglima Pemulihan Keamanan dan Ketertiban Sudomo menjadi sosok yang berada langsung di bawah Presiden Soeharto.

Ia menjabat mulai dari KSAL hingga Pangkopkamtib dari 1973-1983 dengan total jabatan militer berkuasa hingga 10 tahun yang sangat kontroversial.

“Banyak yang dikategorikan pelanggaran HAM berat, pembunuhan misterius, Petrus tahun 80-an, ribuan orang diduga pelaku kejahatan, yang bertato dan lainnya tewas,” ucap Sejarawan Asvi Warman Adam.

Meski pangkopkamtib tersebut telah tiada pada 2012 silam, kasus penuntasan masa lalu HAM mengenai siapa pencetus petrus tetap berjalan.

2. L.B Moerdani 

benny moerdani Sumber: Sindonews.com

Meski Sudomo pada saat itu menjabat Pangkopkamtib, namun menurut Soeharto siapa pencetus Petrus yang sebenarnya adalah L.B Moerdani.

Pasalnya, Presiden Soeharto pada saat itu kerap diasosiasikan sebagai orang yang dituduh memberi perintah, namun Soeharto menyampaikan bahwa Jenderal Benny Moerdani lah sosok sesungguhnya.

“Saya pernah tanya pada Pak Harto. Bapak dituduh melanggar HAM soal petrus, yang sebenarnya bagaimana Pak? Pak Harto bilang itu kan Benny,” ujar mantan ajudan Soeharto, Mayjen Purn Issantoso pada buku “Pak Harto The Untold Stories”, dilansir dari detikcom 2011 silam. 

Is awalnya menyimpan hal ini rapat-rapat. Baru kali ini dia bisa menyampaikan siapa pencetus Petrus setelah kedua tokoh ini wafat.

“Biarlah disampaikan,” ujar Is.

Selama hidupnya, Presiden Soeharto pun tidak pernah menyampaikan siapa dalang petrus yang sesungguhnya. Is menjelaskan memang watak Pak Harto seperti itu, dia selalu mengambil alih tanggung jawab anak buahnya. 

“Yang pasti aku memihak wong cilik, Is,” ujarnya menirukan Soeharto. 

Itulah dua orang yang menjadi dalang utama dan menjawab siapa pencetus Petrus yang sebenarnya.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar , hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

 

Bagikan:
505 kali