Setelah pengumuman pindah ibu kota, banyak orang yang mempertanyakan nasib gedung pemerintahan di Jakarta. Ternyata ini yang akan terjadi!

pindah ibu kota - rumah123.com Gedung bekas kegiatan pemerintahan di Jakarta akan tetap dijadikan pusat bisnis (Rumah123.com/Getty Images)

Senin 26 Agustus 2019 lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, kini menjadi lokasi baru ibu kota Indonesia.

Dengan pindah ibu kota, pusat pemerintahan yang selama ini terletak di Jakarta akan dipindahkan juga ke ibu kota yang baru. Artinya, akan dibangun pula gedung baru untuk mendukung kegiatan pemerintahan di sana.

Lalu, bagaimana dengan nasib gedung kantor pemerintahan di Jakarta? Apakah akan dibiarkan kosong terbengkalai begitu saja?

Pejabat negara menyarankan untuk menjadikannya sebagai pusat bisnis

Saat ini pemerintah sedang melakukan pembahasan terkait nasib gedung-gedung bekas kegiatan pemerintahan di Jakarta. Namun, sebagian besar pejabat negara memiliki pendapat yang sama. 

Misalnya seperti yang dilansir dari berbagai media, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, gedung milik pemerintah rencananya tetap dimanfaatkan untuk menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Caranya adalah dengan menyewakannya dalam jangka panjang kepada pihak swasta yang mau memakainya. 

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf pun mengungkapkan hal yang sama. Kantor-kantor pemerintah akan dijadikan tempat-tempat usaha kreatif. Menurut Triawan, perpindahan akan membuat kesempatan berusaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi lebih luas lagi. 

Senada dengan Bambang dan Triawan, Anggota Komisi XI DPR Misbakhun juga menilai bahwa rencana untuk menyewakan bekas gedung pemerintah merupakan hal yang tepat. Ia juga memberikan opsi untuk melepas gedung-gedung tersebut sepenuhnya kepada swasta. Sebab, nilai pelepasan aset akan bermanfaat untuk pembangunan lainnya. 

Baca juga: Rawan Banjir, Kenapa Rumah di Kelapa Gading Tetap Banyak Diburu?

Istana Negara dan Istana Merdeka akan tetap dipertahankan

Menurut Bambang Brodjonegoro, Istana Negara dan Istana Merdeka yang saat ini menjadi kantor presiden akan tetap dipertahankan karena presiden memang boleh punya istana di berbagai kota. Sedangkan gedung yang akan dibangun di ibu kota baru adalah Istana Kepresidenan, kantor parlemen dan kementerian. 

Baca juga: Padahal Sering Dibully, Rumah di Depok Ternyata Dicari Sampai 2 Juta Kali, Ini Alasannya!

Pembangunan di Jakarta akan terus berjalan

Setelah ibu kota dan kegiatan pemerintahan dipindahkan ke Kalimantan Timur, bukan berarti Jakarta akan dilupakan. Presiden Joko Widodo sendiri yang mengungkapkan di Istana Negara, bahwa Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan terus dikembangkan. Jakarta akan menjadi kota bisnis, dan pusat perdagangan yang berskala regional dan global. 

Bagikan: 4684 kali