Ilustrasi seorang wanita sedang sakit radang tenggorokan - Rumah123.com Ilustrasi seorang wanita sedang sakit radang tenggorokan - Rumah123.com

Saat musim hujan, berbagai penyakit lebih rentan menghampiri. Salah satu penyakit yang paling sering muncul di musim hujan adalah radang tenggorokan. Ciri-ciri radang tenggorokan biasanya disertai dengan rasa nyeri ketika menelan, tenggorokan gatal dan kering, serta amandel yang memerah. 

Hal-hal yang menyebabkan radang tenggorokan

Sakit tenggorokan yang terjadi di musim hujan, biasanya akibat infeksi virus. Dilansir dari Tribunnews.com, dr. Yudhi Yunanda Zaini mengungkapkan bahwa munculnya penyakit tersebut saat musim hujan karena adanya perubahan cuaca ekstrem, dari panas ke dingin. 

Proses peradangan sendiri disebabkan karena infeksi bakteri. Biasanya bakteri masuk melalui luka di tenggorokan. Hal ini dikarenakan konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas di musim hujan. Makanan dan minuman terlalu panas  bisa menyebabkan gangguan pada lapisan mukosa tenggorok sehingga memudahkan bakteri untuk tumbuh dan berkembang.

Cara mengatasi radang tenggorokan 

Radang tenggorokan yang terjadi karena infeksi virus umumnya bisa pulih dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Maka dari itu, kamu tak perlu khawatir. Namun, apabila rasa sakitnya kerap mengganggu, kamu bisa meredakannya dengan melakukan sejumlah cara berikut ini. Selain meredakan rasa sakit, cara berikut ini juga mencegah penyakit lain datang, karena biasanya radang tenggorokan akan diikuti dengan flu, batuk, dan demam. Apa saja cara tersebut?  Berikut selengkapnya!

Kumur air garam

Garam terbukti secara ilmiah dapat membantu menarik keluar air dari jaringan mulut, sekaligus menciptakan penghalang garam yang mengunci keluar air, dan patogen berbahaya masuk kembali ke dalam. Hal ini membuat kandungan air garam mampu menghalangi virus dan bakteri, mengurangi kemungkinan infeksi di mulut dan tenggorokan.

Minum teh lemon madu

Teh memiliki sensasi relaksasi sehingga mampu meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon, serta madu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.

Perbanyak minum air putih

Air mineral adalah minuman paling sehat. Ketika kamu mengalami radang tenggorokan, konsumsi minimal dua liter air setiap harinya untuk mencegah terjadinya dehidrasi.  

Minum susu kunyit

Susu mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sedangkan kunyit terkenal memiliki kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa melawan infeksi dan penyakit.

Hirup udara lembab

Terlalu lama berada di ruangan ber-AC hanya akan memperparah saluran pernapasan. Maka dari itu, sebisa mungkin hirup udara lembab secara rutin, karena udara lembab mampu membersihkan saluran pernapasan. Apabila tak memungkinkan ada udara lembab, gunakan pelembab udara (humidifier)

Kurangi bicara

Sering-sering berbicara ketika radang tenggorokan hanya akan memperparah pita suara. Untuk itu, kurangi bicara dan cukup bicara dengan suara pelan. 

Kurangi konsumsi kafein 

Minuman yang tinggi kafein seperti kopi dan soda hanya akan membuat mulut dan tenggorokan semakin kering dan memperburuk gejala radang yang muncul. 

Konsumsi bawang putih mentah

Sama seperti kunyit, bawang putih juga memiliki zat anti inflamasi alami yang mampu meredakan rasa sakit di tenggorokan. Selain itu, bawang putih juga mengandung antibiotik yang bisa melawan bakteri. Konsumsi bawang putih mentah satu butir untuk hasil yang maksimal. 

Stop merokok

Sama seperti kopi atau soda, rokok juga bisa membuat tenggorokan semakin kering. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari merokok ketika kamu sedang sakit tenggorokan. 

Bagikan:
1924 kali