Bau rokok memang mengganggu untuk beberapa orang. Terutama untuk non perokok yang tinggal satu atap dengan perokok aktif.

bau rokok - rumah123.com Banyak cara mudah dan cepat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan aroma rokok di rumah (Rumah123.com/Getty Images)

Bagi kamu yang memiliki pasangan perokok sedangkan kamu sendiri tak merokok, mungkin akan mencari-cari tahu cara untuk menghilangkan bau tersebut di dalam rumah.

Sebab, bau asap rokok akan sangat mudah terserap dengan barang-barang di dalam rumah. Jadi jika ada yang merokok di dalam ruangan, sudah pasti bau rokok akan menempel. Nah, apabila dibiarkan dalam waktu lama, bau tersebut tentu semakin susah untuk dihilangkan.

Tapi tenang saja, kamu tak perlu khawatir bau rokok akan terus-terusan menempel. Ada beberapa cara yang dinilai ampuh untuk menghilangkan bau rokok di ruangan. Tanpa perlu berbasa-basi lama-lama, ini dia cara mudahnya!

Buang semua sumber penyebab munculnya bau rokok

Puntung rokok, asbak, abu, dan segala sumber munculnya bau rokok harus dibuang dari dalam. Sebab, walaupun sudah lama mati, benda-benda tersebut tetap menghasilkan aroma rokok yang masih bisa menempel di barang-barang sekitarnya. Apabila hal dasar ini tidak dilakukan, aroma rokok akan tetap tinggal meskipun kamu sudah membersihkan ruangan tersebut dengan cara lainnya.

Baca juga: 3 Pilihan Merk Furniture Minimalis untuk Rumah Milenial

Rebus cuka dan sebarkan uapnya ke seluruh ruangan

Uap dari rebusan air cuka bisa menetralisir baru di ruangan. Jika kamu hanya memiliki cuka di rumah, maka cukup campurkan satu gelas cuka putih pada sepanci air hangat. Biarkan mendidih dan biarkan uapnya menyebar ke seluruh ruangan. Aroma yang menempel pada tirai, karpet, sofa, dan barang lainnya akan pudar sedikit demi sedikit. b

Taburkan bubuk soda kue pada barang yang bermaterial kain

Furniture yang berbahan kain seringkali menempel bau asap rokok yang sangat kuat. Kalau kamu mau cara yang mudah, cukup dengan menaburkan bubuk soda kue pada tiap bagian permukaan furniture. Diamkan selama sehari semalam agar soda kue menyerap hingga ke bagian dalam. Setelah itum gunakan vacuum cleaner untuk menyedot bubuk soda kue yang sudah masuk ke bagian dalam furniture.

Baca juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Telah Menemukan Rumah yang Tepat

Lap perlengkapan rumah tangga terbuat dari kayu, plastik, atau logam, dengan cuka putih

Apabila tadi cuka direbus dan disebarkan uapnya, di tips satu in, cuka juga bisa dijadikan cairan pembersih kayu, plastik dan logam. Bilas permukaan dengan cuka putih yang telah dicampukan dengan air. Jangan lupa untuk mengelapnya dengan kain perca agar permukaan furniture tidak mudah rusak.

Cat kembali dinding ruangan

Cara satu ini bisa dilakukan jika bau rokok telah menempel dalam waktu yang lama, dan sebelumnya tidak ada tindakan apa-apa yang dilakukan. Biasanya karena sudah terlalu lama, bau asap rokok di rumah menyatu dengan dinding.

Pengecatannya pun tak boleh asal. Jangan langsung menimpa cat lama dengan cat baru karena hal tersebut hanya akan menahan bau asap rokok pada dinding. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan beragam produk atau larutan pembersih untuk membersihkan dan mengangkat kotoran, minyak, dan bau dari dinding. Lalu gunakan lapisan primer penetral bau pada dinding yang sudah dibersihkan. Barulah setelah itu kamu mengecatnya dengan cat baru.

Bagikan: 4669 kali