ceramah tentang sabar

Ceramah tentang sabar bisa menjadi alat refleksi dan cara penyampaian yang baik setelah salat. Simak contoh yang bisa kamu jadikan risalah di sini!

Bersabar merupakan salah satu hal yang sangat penting, tak hanya sekadar menahan hawa nafsu tapi juga berkaitan dengan pemikiran.

Tak jarang, bersabar juga menjadi salah satu amalan hingga pahala yang baik sebagai salah satu ibadah kepada Allah SWT.

Untuk diketahui, ceramah tentang sabar tidak hanya ditujukan untuk umat Islam saja melainkan juga bersifat universal secara umum.

Ada beberapa ceramah tentang sabar singkat yang dilansir dari kemuhammadiyahan.com sebagai referensi yang baik.

Simak beberapa contoh yang bisa kamu jadikan tausiyah sederhana berikut ini : 

Kompilasi Ceramah Tentang Sabar Penuh Makna 

Ada beberapa kompilasi ceramah tentang cara bersabar yang bisa kamu jadikan kuliah tujuh menit (kultum) dengan referensi sebagai berikut : 

1. Ceramah Tentang Sabar Menghadapi Ujian 

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita mengalami namanya ujian, musibah, hal yang berkaitan dengan kekecewaan, atau mungkin menimbulkan luka batin.

Atas berbagai musibah yang datang, kita harus meyakini bahwasannya semua adalah atas izin Allah SWT, dan tidak ada satupun peristiwa alam yang terjadi tanpa izinnya.

Dalam kesempatan membahas ceramah tentang sabar ini Allah berfirman : 

Alloh SWT berfirman dalam surat Al An’am 59 :

وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”

Berdasarkan ayat tersebut dijelaskan jika segala sesuatu alam semesta ini diketahui oleh Allah SWT bahkan sehelai daun yang gugur pun.

Allah mengetahuinya karena Dia maha mengetahui.

Atas dasar itulah, maka dalam menghadapi musibah kita harus selalu bersikap sabar karena musibah tersebut atas sepengetahuan Allah SWT.

2. Ceramah Tentang Sabar Kemudian Salat

Sabar merupakan suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh.

Sementara, arti kata sabar berarti al habsu yang berarti menahan diri. Sedangkan secara syar’i, bersabar diartikan dalam tiga perkara : (1) ketaatan pada Allah, (2) hal-hal yang diharamkan, (3) takdir Allah yang dirasa pahit (musibah).

Saat mengalami musibah, Allah SWT memerintahkan kita untuk menghadapinya dengan dua hal yakni sabar dan salat. Dalam surat Al-Baqarah ayat 153 Allah berfirman : 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Berdasarkan dalam ayat tersebut kita diperintahkan untuk bersabar dan salat, bahkan disebutkan sabar dulu kemudian salat.

3. Ceramah Tentang Sabar untuk Menahan Hawa Nafsu 

Bukan hanya sabar dalam mengalami musibah. Kamu juga dituntut untuk bersabar dalam ketaatan pada Allah atas hal-hal yang diharamkan.

Mengapa terhadap dua hal tersebut kita perlu bersabar? Karena tidak mudah menjalankannya karena itu sangat berat.

Taat kepada Allah SWT dan menjauhi hal-hal yang diharamkan bukan perkara ringan semudah membalik telapak tangan.

Bagi orang-orang yang ingkar terhadap Allah SWT, artinya kita banyak mengorbankan kelezatan dunia dan berperilaku prihatin, tidak mengumbar hawa nafsu dan kesenangan duniawi.

Contoh kecil ceramah tentang sabar kali ini ketika kita diperintahkan berpuasa di bulan Ramadan. 

Bukankah puasa ini menahan diri dari perkara yang bersifat menyenangkan? Makanan dan minuman yang lezat juga tidak boleh dikonsumsi setiap hari.

Kemudian, mengumbar syahwat di bulan Ramadan juga sesuatu yang dilarang. Padahal semuanya itu adalah perkara menyenangkan bagi manusia.

4. Ceramah Tentang Bersabar dan Mempercayai Adanya Kematian 

Pada kesempatan membahas ceramah tentang sabar ini, saya ingin menceritakan sebuah renungan.

Ketika mengalami musibah, umat Islam pastinya akan mengucapkan kalimat “innalillahi wa inna ilaihi roji’uun”.

Dalam surat Al Baqarah 155 Alloh SWT berfirman :

.وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.

Dengan mengucapkan “innalillahi wa inna ilaihi roji’uun”, maka kita akan segera menyadari bahwa semua hanyalah milik Allah SWT.

Kemudian dalam menjalankan ketaatan kepada Allah SWT dan menjauhi perkara-perkara yang diharamkan, maka tidak ada cara lain selain ikhlas.

Menjalani ketaatan pada Allah harus dilakukan dengan ikhlas, juga menjauhi perkara-perkara yang diharamkan juga ikhlas.

Kita dituntut menjaga keikhlasan adalah tuntutan dari Allah SWT agar kita tidak tersesat di dunia ini dan selamat di akhirat nanti.

Semua semata-mata untuk mengharapkan rida Allah SWT.

Demikian beberapa contoh ceramah tentang sabar singkat yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman, sekaligus mengisi kajian dalam membahas agama Islam.

Cari tahu informasi menarik seputar inspirasi gaya hidup masa kini, selengkapnya di artikel.rumah123.com sekarang.

Kamu juga bisa cari tahu berbagai hunian terbaik seperti Premier Estate 3  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
1911 kali