doa tolak bala

Fokus dalam beribadah menjadi hal yang penting untuk penghuni rumah, termasuk membaca doa tolak bala.

Pasalnya, tidak semua orang menginginkan hal buruk terjadi baik dalam seorang diri maupun berbagai marabahaya mengancam di depan kita.

Salah satu hal yang cukup penting dengan membaca doa tolak bala yang diperuntukkan untuk menghindar dari berbagai macam bencana, musibah, malapetaka maupun hal buruk lainnya.

Seperti apa doa tolak bala dan keutamaannya untuk penghuni rumah maupun keluarga? Simak pembahasannya bersama-sama!

Keutamaan Doa Tolak Bala 

Sebagai manusia tidak ada satupun orang yang tahu kejadian apa yang akan terjadi pada esok hari baik di rumah maupun beraktivitas.

Bisa saja musibah menghampiri sehingga doa tolak bala dapat dipanjatkan dalam berbagai waktu maupun momen tepat dalam kebersamaan keluarga.

Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda : 

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari) 

Allah SWT berfirman dalam Surat Shaf ayat 143:

 فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ 

Artinya: “Maka jika sekiranya dia (Nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (QS. Saf: 143). 

Bacaan Doa Tolak Bala dan Artinya 

Manfaat Sholat Dhuha

Ada beberapa jenis doa tolak bala yang bisa kamu baca terlebih untuk menjaga keluarga dari marabahaya maupun doa untuk menjauhkan diri dari wabah seperti masa pandemi COVID-19.

Simak beberapa jenis doa yang bisa kamu baca sebagai berikut dilansir dari rumaysho.com : 

1. Doa Tolak Bala 

Allahumma inni a’uudzu bika  min jahdil balaa-i  wa darokisy syaqoo-i  wa suu-il qodhoo-i  wa syamaatatil a’daa-i.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari cobaan yang berat dan dari kesengsaraan yang hebat, dari takdir yang jelek, dan kegembiraan musuh atas kekalahan.”

2. Doa Meminta Takdir yang Terbaik 

Ummul Mukminin Aisyah menyebutkan, Rasulullah SAW mengajarkan doa ini untuk meminta kebaikan serta terhindar dari keburukan. Berikut doanya:

Allohumma Inni As-Aluka Minal Khoiri Kullihi ‘Aajilih Wa Aajilih, Maa ‘Alimtu Minhu Wa Maa Lam A’lam. Wa A’udzu Bika Minasy Syarri Kullihi ‘Aajilih Wa Aajilih Maa ‘Alimtu Minhu Wa Maa Lam A’lam.

Allohumma Inni As-Aluka Min Khoiri Maa Sa-Alaka ‘Abduka Wa Nabiyyuk Muhammadun Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Wa A’udzu Bika Min Syarri Maa ‘Aadza Bihi ‘Abduka Wa Nabiyyuk.

 Allohumma Inni As-Alukal Jannah Wa Maa Qorroba Ilaihaa Min Qoulin Aw ‘Amal. Wa ‘Audzu Bika Minan Naari Wa Maa Qorroba Ilaihaa Min Qoulin Aw ‘Amal. Wa As-Aluka An Taj’ala Kulla Qodhoo-In Qodhoitahu Lii Khoiroo.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu semua kebaikan yang disegerakan maupun yang ditunda, apa yang aku ketahui maupun tidak aku ketahui.

Aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, baik yang disegerakan maupun yang ditunda, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.

3. Doa Sapu Jagat 

Doa tolak bala ini sering diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW bahkan doa ini merupakan permohonan atas seluruh kebaikan baik dunia maupun akhirat.

Adapun, doa ini merupakan permohonan agar terhindar dari api neraka yang telah Allah sebutkan dalam surat Al-Baqarah yakni :

Robbanaa Aatinaa Fid Dun-Yaa Hasanah, Wa Fil Aakhiroti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar.

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

4. Doa Meminta Agar Diangkat dari Kesulitan yang dibaca oleh Nabi Yunus 

Laa Illaha Illa Anta Subhannaka Inni Kuntu Minazh Zhoolimiin. 

Artinya : “Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang yang berbuat aniaya.” 

Bacaan doa tersebut diambil dari hadis riwayat Trimidzi nomor 3505. 

5. Doa Tolak Bala Setelah Salat Berjamaah 

Jenis doa ini bisa kamu baca setelah melaksanakan salat wajib di rumah untuk menjaga keselamatan keluarga dunia akhirat : 

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni'mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal 'āfiyah, wa abwābal jannah.

Allāhumma 'āfinā min kulli balā'id duniyā wa 'adzābil ākhirah, washrif 'annā bi haqqil Qur'ānil 'azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa 'adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil 'izzati 'an mā yashifūn, wa salāmun 'alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil 'ālamīn.

Artinya:

"Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah.

Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih.

Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

6. Doa Tolak Bala dari Wabah Penyakit 

Selain menjaga diri dari berbagai mara bahaya, kamu juga harus mengetahui doa tolak bala dari wabah penyakit terlebih pandemi COVID-19 saat ini belum mereda.

Simak bacaan doa berikut supaya kamu tetap bisa jaga iman, aman dan imun dengan baik saat beraktivitas : 

"Allaahumma innii a’uudzu bika minal barashi wal junuuni wal judzaami wa sayyi il asqoom”

“Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.” H.R Abu Dawud: 1334.

Itulah beberapa kompilasi doa tolak bala yang bisa kamu baca dalam menghindari mara bahaya menghampiri diri kamu, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Temukan informasi menarik seputar tips dan trik gaya hidup hunian terkini, selengkapnya di Rumah123

"Cari tahu inspirasi hunian terbaik bersama Vassanta Innopark."

Bagikan:
508 kali