Jadwal Operasional Light Rapid Transit (LRT)Kembali Tertunda. Pengelola Menyatakan LRT Akan Beroperasi Pada Akhir Maret 2019 (Foto: Rumah123/LRT Jabodebek.com)

Rencana beroperasinya Light Rapid Transit (LRT) kembali tertunda. Sebelumnya, LRT dijadwalkan beroperasi pada 25 atau 28 Februari 2019. Kenapa sih jadwal LRT kembali tertunda?

Kompas.com melansir bahwa mundurnya jadwal pengoperasian LRT karena masih ada uji sistem yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan terkait aspek keselamatan dan keandalan.

“Lebih ke aspek keselamatan dan keandalan sistem,” ujar Direktur Utama LRT Jakarta, Allan Tandiono seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga: Hmm, Kira-kira Berapa Ya Tarif MRT dan LRT

“Jadi banyak testing yang harus dilakukan bersama kontraktor Wijaya Karya, developer Jakarta Propertindo, dengan para konsultan pengawas yang ada di sini. Untuk memastikan bersama Kemenhub bahwa sistem yang sudah dipasang aman dan juga andal,” lanjutnya.

Nantinya, setelah pengujian bakal dilaksanakan, ada sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Tahap selanjutnya LRT akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pihak pengelola menargetkan kalau LRT Jakarta bisa beroperasi ada akhir Maret 2019. Kementerian Perhubungan menyatakan sertifikasi LRT akan diselesaikan segera.

Baca juga: Sering Macet Panjang, Pembangunan LRT dan Kereta Cepat Disetop Sementara

Sebenarnya, konstruksi fisik LRT sudah mencapai tahap 99 persen. Namun, operasional LRT memang tertunda beberapa kali. Bahkan, LRT Jakarta sempat dijadwalkan beroperasi pada penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Nah, jadi ketahuan kan gaes kenapa rencana operasi LRT kembali tertunda. Pihak terkait masih menguji coba aspek keselamatan dan keandalan sistem.

Harap sabar ya gaes. Jangan sampai LRT Jakarta beroperasi, tetapi ada hal yang tidak diharapkan malah terjadi. Pastinya kamu nggak mau kan?

Baca juga: Tarif LRT Dibanderol Rp12 Ribu, Ga Bikin Kantong Jebol Kan

Bagikan: 461 kali