Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Akan Mengumumkan Tarif MRT dan LRT (Foto: Rumah123/Jhony Hutapea)

Pemerintah provinsi DKI Jakarta bakal segera mengumumkan tarif kereta Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rapid Transit (LRT).

Kepala Biro Perencanaan DKI Jakarta, Sri Haryati menyatakan kalau dia dan Tim Perumusan Subsidi Perkeretaapian sudah menjelaskan hasil kajian dan rekomendasi besar tarif kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sri melanjutkan besar tarif MRT dan LRT akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Anies Baswedan sempat menerima hasil rekomendasi dan hasil kajian.

Baca juga: Asyik, Bakal Ada Shelter Ojek Online di Stasiun MRT

Namun, Anies mengembalikannya karena dianggap kurang lengkap. Setelah semuanya lengkap, Gubernur baru akan memutuskan dan kemudian mengumumkannya.

“Waktu itu kami paparkan. Tapi terus ada arahan dari beliau. Ada beberapa data yang kami akan masukkan, sehingga tarif yang nanti kami tetapkan itu bisa benar-benar diterima masyarakat,” ujar Sri seperti dilansir oleh Kompas.com.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta telah mengajukan besaran tarif dari konsultan. Besar tarif per penumpang adalah Rp8.500 dan Rp10.000. Perhitungan besar tarif berdasarkan jarak tempuh dengan rata-rata 10 kilometer per perjalanan.

Baca juga:  MRT Jakarta Diberi Nama Ratangga, Artinya Apa Sih

Nah, jika tarif Rp8.500, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengeluarkan subsidi Rp365 miliar. Kalau tarif Rp10.000, besar subsidi yang harus ditanggung sebesar Rp338 miliar.

Sementara tarif LRT dihitung dengan pendekatan bisnis operator perkeretaapian (implied tariff). Berdasarkan hal itu maka besar tarif per penumpang adalah Rp15.639.

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) memberikan rekomendasi tarif sebesar Rp10.800. Sedangkan besar tarif menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 17 Tahun 2018 adalah Rp28.000.

Baca juga:  Wah, Masyakarat Bisa Ikut Uji Coba MRT Lho

Nah, tarif MRT dan LRT memang belum ditentukan, tapi pastinya besar tarif nggak akan memberatkan masyarakat. Saatnya kamu cari hunian yang dekat dengan akses MRT dan LRT. Yuk, mulai biasakan naik transportasi massal.

Bagikan: 1549 kali