Di zaman modern ini, siapa sih yang nggak tau smartphone? Jangankan daerah perkotaan, bahkan masyarakat daerah pedalaman pun sebagian sudah memilikinya. Tapi, tahukah kamu soal smart home? Hayo, yang ngaku hidup di zaman modern, harusnya tau nih!

Perangkat smart home sering dibicarakan akhir-akhir ini. Smart home sendiri merupakan berbagai peralatan rumah tangga pintar, yang hadir memanfaatkan teknologi Internet of Things untuk mempermudah kehidupan penghuni rumah. Wah istilah baru lagu nih! Apa tuh Internet of Things?

Internet of Things (IoT) merupakan teknologi jaringan antar piranti fisik yang memiliki sistem operasi sederhana, komponen elektronik dan sensor tertanam di dalamnya. IoT membuat komunikasi antar perangkat berjalan langsung. Jadi, masing-masing perangkat smart home bisa terintegrasi.

Nah, apa saja sih perangkat smart home, dan seperti apa penampakannya? Berikut Rumah123.com beri penjelasan selengkapnya!

Smart Home Kit

smart home - rumah123.com

Dengan alat yang serba otomatis satu ini, kamu bisa jadi ‘sultan’ di rumahmu! Dengan mengombinasikan beberapa komponen dari Xiaomi Smart Home Kit dengan Mi Universal Remote, Yeelight, dan Mi Smart Socket akan memungkinkan kamu untuk mengotomatisasi berbagai peralatan rumah tangga dan mengaturnya dengan aplikasi Mi Home di smartphone kamu.

Baca juga: Rancang Hunian Impianmu dengan 5 Aplikasi Desain Rumah Online Gratis Ini

Smart Air Purifier

smart home - rumah123.com

Air purifier berguna untuk memberikan kualitas udara terbaik di hunianmu. Yang membuat smart air purifier berbeda dengan air purifier biasa adalah, benda satu ini bisa memantau kualitas udara di dalam ruangan melalui aplikasi. Aplikasi ini akan memberikan berbagai informasi, seperti kualitas udara, kondisi filter udara, menyalakan penjernih udara secara remote, mengatur berbagai mode penggunaan, serta fitur lain yang menjadikannya lebih unggul dibanding penjernih udara lain.

Nest Thermostat

smart home - rumah123.com

Nest Thermostat adalah sebuah perangkat pengatur suhu ruangan cerdas. Kamu bisa mengatur suhu ruangan melalui aplikasi, bahkan saat kamu tidak di rumah. Selain itu, alat ini juga bisa mengenali cuaca dan kebiasaanmu mengatur suhu. Penggunaan alat ini pun akan disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga bisa membuatmu lebih ekonomis.

Google Home

smart home - rumah123.com

Google Home berbentuk speaker yang membuatmu bisa mengontrol berbagai hal. Mulai dari mengatur alarm, menanyakan arti kata (kamus), mencatat acara di kalender, menyetel musik, sampai berbelanja bisa kamu lakukan. Terhubung dengan aplikasi atau perangkat lain, Google Home juga bisa kamu pakai untuk mengatur cahaya lampu dan suhu ruangan.

Baca juga: 9 Gambar Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah Ini Bikin Ngiler!

Samsung Family Hub

smart home - rumah123.com

Produk ini semacam komputer yang terdapat pada kulkas. Kulkas Samsung Family Hub™ memiliki layar sentuh di bagian pintunya. Melalui layar itu kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mencatat daftar belanja, melihat kalender, sampai menyetel musik dan film.

Yale Conexis™ L1 Smart Door Lock

smart home - rumah123.com

Dengan kunci pintar ini, kita bisa mengunci dan membuka pintu dengan handphone. Hal lain yang menarik adalah kita bisa mengirim mobile key pada orang tertentu. Sehingga kita bisa tahu siapa saja yang bisa keluar masuk rumah. Kunci ini juga dilengkapi aksesoris lain seperti key tag dan key card di samping phone tag.

Dirror Smart Mirror

smart home - rumah123.com

Dirror berukuran sebesar tablet besar. Kaca cerdas ini bisa berguna untuk berbagai hal. Mulai dari berkaca, mencatat, menyetel musik, dll.

Bagikan: 780 kali