OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

15 Contoh Cerpen Persahabatan yang Penuh Makna dan Menginspirasi

05 Oktober 2023 · 15 min read Author: Nik Nik Fadlah

cerpen persahabatan

Ingin membuat cerpen persahabatan atau pertemanan? Simak berbagai contohnya di sini, yuk!

Bagi para penggemar karya sastra, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cerpen. 

Cerpen atau cerita pendek adalah karya sastra yang biasanya berisi kisah fiksi.

Sesuai dengan namanya, karangan ini hanya memuat tulisan tidak lebih dari 1.000 kata. 

Kebanyakan dari kita pasti pernah diberi tugas untuk membuat sebuah cerpen dengan berbagai tema.

Namun, salah satu cerpen yang populer adalah bertema persahabatan atau pertemanan. 

Bukan hanya mengisahkan mengenai pertemanan dikalangan anak muda saja, cerpen dengan tema tersebut juga penuh makna dan bisa memberikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Kumpulan Contoh Cerpen Persahabatan

Berikut cerpen tentang persahabatan yang penuh pesan moral.

1. Contoh Cerpen Tentang Persahabatan di Sekolah

Berikut contoh cerpen persahabatan singkat yang bisa menjadi inspirasi.contoh cerpen persahabatan di sekolah

Cerita tentang sahabat (Sumber: Scribd.com)

2. Cerpen Persahabatan Singkat

Inilah contoh cerpen tentang persahabatan yang menyentuh hati.

Antara Cinta dan Persahabatan

Aku melihatnya selalu. Di tempat itu, bersama orang yang sama. Indira Putri. Seorang gadis yang juga sahabatku.

“Hai sayang,”

Tidak, itu bukan panggilannya terhadapku. Bukan juga suaraku yang memanggil dirinya. Itu suara Agna, pacar Indira yang selama setahun ini menemani hari-hari gadis itu.

Bagiku, saat dimana Indira memanggil namaku adalah kebahagiaan semu. Aku hanyalah bayang-bayang Indira. Aku tidak pernah dianggap terlalu penting di kehidupannya, hanya sebatas seorang sahabat. 

“Wendy, bisa bantuin gua engga?”

Aku hanya tersenyum jika Indira sudah menghampiriku dengan senyuman manis di wajahnya. Indira selalu datang padaku jika dia butuh sesuatu. 

Indira menangis. Kali ini Agna tidak membalas pesan singkatnya. Ia bersandar di pundakku dengan isakan yang masih terdengar di telingaku.

“Gua kurang apa, Wen? Agna selalu aja kaya gitu. Dia anggep gua ada gak sih, dia anggap gua pacar bukan sih.” katanya.

“Andai, Agna seperti elo, Wen. Mungkin air mata sialan ini tidak akan keluar dari mata gua.” lanjutnya.

Deg. Indira andai kamu tau. Aku engga akan biarin kamu nangis kaya gini.

“Aku cuma mau kamu tahu, kalo selama 2 tahun ini perasaan itu ada. Selalu tumbuh tanpa aku sadari. Selalu berpendar jika kamu di dekatku.”

Dia berdiri disana. Dengan wajah yang kecewa. Aku tahu. Keputusan yang aku buat bisa membawa dampak besar. Dan itu terlihat di matanya.

3. Cerpen Singkat Tentang Persahabatan

Berikut cerpen persahabatan tentang teman sejati.

Pertemanan Sejati

Aku Andi, siswa SMA kelas XI asal Bekasi. dan aku memiliki sahabat bernama Bima.

Hari ini adalah hari Jumat, di mana mata pelajaran hanya tiga mapel. Pada mapel terakhir, yakni Bahasa Inggris. Semua berjalan seperti biasa.

Hari telah menunjukkan pukul 13.20, tandanya sebentar lagi akan pulang. Tiba-tiba pintu kelas diketok oleh seseorang.

Ketika Bu Guru membukanya, ternyata yang datang adalah Pak Imron, pamannya Bima, adek kandung dari ibunya.

“Tok..tok..tok..” suara ketukan pintu berbunyi.

“Iya, silakan masuk…” sambut Bu Guru.

“Permisi bu, saya izin menjemput Bima untuk membawanya pulang…” ucap Pak Imron.

“Ada persoalan apa ya Pak…?” Tanya Bu guru.

“Begini bu, keluarga Bima baru saja mengalami musibah kebakaran dan semuanya habis dimakan api. Untungnya tidak ada korban jiwa sedikit pun,” sambung Pak Imron.

Tiba-tiba seisi kelas panik bercampur sedih, dan aku melihat wajah Bima tampak kesedihan yang begitu mendalam. Kemudian Bu Guru mengizinkan Bima untuk pulang.

Ketika bel pulang berbunyi, aku mengimbau seluruh teman sekelas untuk jangan pulang dulu. 

Aku mengajak mereka semua untuk melakukan penggalangan dana kepada seluruh lapisan guru dan siswa/i di sekolah mulai besok.

Aku dan teman-teman sangat bersyukur karena dana yang terkumpul cukup banyak, yakni 16 juta rupiah.

Aku dan teman-teman langsung menuju kediaman Bima dan keluarganya.

Assalamualaikum Bu, Pak, Bim, aku dan teman-teman mengucapkan belasungkawa atas musibah yang kalian hadapi. Ini, ada sedikit bantuan dari teman-teman” ucapku.

Bima kemudian langsung memeluk kami semua, dan berkata,

“Terima kasih banyak teman-teman atas bantuannya. Semoga Allah Swt membalas semua kebaikan kalian dan para penyumbang,” kata Bima.

4. Cerita Pendek Tentang Persahabatan

Berikut contoh cerpen tentang persahabatan penuh pesan mendalam.

Temanku yang Iri Hati

Namaku Sinta Putri, aku sangat senang dengan pelajaran Bahasa Indonesia dan Biologi. Aku mempunyai sahabat yang unik bernama Aulia, dan aku bingung dengannya.

Dikarenakan sahabatku orang yang sangat sensitif. Menurut dia, aku tidak boleh suka dengan kedua pelajaran tersebut. Padahal, itu hakku.

Suatu waktu saat pelajaran Bahasa Inggris, tidak tahu mengapa tiba-tiba aku suka dengan pelajaran tersebut.

Mungkin karena guru yang mengajarkan mempunyai cara penyampaian yang baik. Otomatis aku juga mulai aktif di kelas saat pelajaran Bahasa Inggris.

Teng teng teng, bunyi bel sekolah, waktu istirahat tiba.

Saat itu aku langsung menghampiri Aulia untuk mengajaknya ke kantin.

“Aul, ke kantin yuk?” ajakku.

Nggak, aku nggak mau lagi sahabatan sama kamu!” jawabnya sembari buang muka.

Awalnya kejadian seperti itu hanya sekali dan kita berdua balikan seperti semula. Namun, lama-kelamaan terjadi hal yang serupa. Sangat aneh.

Aulia bukannya mengerti perasaanku, justru bikin aku kesal.

Ceritanya begini, waktu Ujian Tengah Semester (UTS) dia kesusahan menjawab soal pelajaran Biologi, saat itu dia melihat ke arahku. Aku dan Aulia tidak satu bangku, Aulia tepat di depan tempat aku duduk.

“Sin, kamu tahu nggak nomor 5 esai? minta jawabannya dong satu aja!” tanya Aulia sembari memohon.

“Udah si, ini kan bukan ulangan biasa!” jawabku.

“Yah kamu..” sembari jengkel.

Aku cuek saja akan hal itu dan berharap bahwa dia akan instropeksi. Coba bayangkan, dia sudah membuatku sakit hati dan dia ingin meminta jawaban UTS.

Beberapa hari kemudian hasil nilai UTS Biologi dibagikan dan diumumkan. Aku mendapat nilai 90 sedangkan Aulia mendapat nilai 75.

Aku bisa melihat tatapan iri di sahabatku itu, dan aku sadar bahwa bersahabat dengan orang yang suka iri hati adalah hal yang susah.

5. Cerpen Singkat Persahabatan Tentang Teman Dekat

Inilah contoh cerpen singkat yang bisa menginspirasi.

Sore di Pantai Kuta

Namaku Zalika Nattaya, sekarang aku sedang di Pantai Kuta. Menikmati angin sore.

Aku menulis sesuatu di pasir menggunakan kayu. ‘Zalika dan Erin’ itu yang kutulis.

Erin adalah sahabatku. Nama lengkapnya adalah Erina Matthew. Sekarang dia sudah tiada.

Aku teringat kejadian itu.

“Zalika!!!” Erin berteriak saat aku sedang menangis di pantai ini. Aku tidak menghiraukannya.

“Hey! Kenapa kau menangis?” Tanyanya.

“Baju ibu hanyut di laut” kataku.

“Akan aku ambilkan!” Erin pun bergegas menuju laut.

Aku terus menunggunya hingga seorang nelayan datang menghampiriku.

“Adek ngapain malam-malam disini?” Tanyanya.

“Bapak akan melaut? Tolong carikan teman saya, dia dari sore belum kembali” aku menjelaskan.

Bapak itu mengangguk.

Esok pagi bapak itu kembali dengan Erin. Tapi raut wajah bapak itu tidak senang.

“Maaf, teman adek sudah ditemukan mengambang di air,” bapak itu berkata dengan wajah tertunduk.

Aku menangis, kini pantai ini adalah saksi bisu persahabatan kami dan untuk pengorbanan Erin.

6. Cerpen Persahabatan Pendek Bahasa Inggris

Berikut contoh cerpen persahabatan dalam Bahasa Inggris.

One Who Read The Future

A man who lived a long time ago believed that he could read the future in the stars. He called himself an Astrologer and spent his time at night gazing at the sky. He was always busy worrying about future and villagers often came to him, hoping to know what their future holds.

One evening he was walking along the open road outside the village. His eyes were fixed on the stars. He thought he saw there that the end of the world was at near. He lost in his thoughts about the future. As he was looking at the stars, he kept walking without looking down. Suddenly, he fell into a ditch full of mud and water.

He was sinking in the muddy water, and madly trying to claw at the slippery sides of the hole in his effort to climb out. He was unable to crawl out and fearing for his life, he started screaming for help. His cries for help soon brought the villagers running.

As they pulled him out of the mud, one of them said, “You pretend to read the future in the stars, and yet you fail to see what is at your feet! This may teach you to pay more attention to what is right in front of you, and let the future take care of itself.”

“What use is it,” said another, “to read the stars, when you can’t see what’s right here on the earth?”

7. Cerita Persabahatan Sejati SMP

Di bawah ini contoh cerpen tentang persahabatan di SMP.

cerita tentang sahabat sejati

Cerpen tentang persahabatan singkat (Sumber: Lezgetreal.com)

8. Cerpen Persahabatan Tema Memaafkan

Inilah cerpen persahabatan dan pesan moralnya.

Pentingnya Saling Memaafkan

Aku Nena, aku beruntung mempunyai sahabat yang selalu ada untukku, kami melewati suka duka bersama. Suatu ketika aku dan sahabatku bertengkar karena masalah yang kuanggap sepele, semua itu baru kusadari bahwa sahabatku sangat penting bagiku.

Suatu hari aku pergi ke mal bersama sahabatku, aku menyuruhnya membawa belanjaanku, dan ternyata belanjaanku yang dibawanya tertinggal. Saat itu juga aku marahi dia dengan perkataan yang kasar karena keegoisanku.

“Nena, tolong pegang belajaan ku ini ya, soalnya berat banget,” kataku.

“Iya sini aku bantu bawa belanjaannya, takut kamu keberatan,” katanya.

“Siap, kamu memang sahabatku yang paling pengertian,” jawabku.

“Haha iyalah sesama sahabat memang seharusnya saling membantu” jawabnya sambil tersenyum. Sembari berpelukan.

“Kamu lapar enggak?” tanyanya.

“Lapar si, mulai keruyukan nih perut,” jawabku.

“Makan yuk! sekarang aku yang traktir, aku juga lapar” sambil menatapku dengan lemas.

Hmm, ya sudah ayoo” jawabku.

Lalu sampailah kami di warung seberang mal.

“Kamu mau pesan apa Na?” tanyanya.

“Aku ngikut kamu deh,” jawabku.

Hmm, oke deh,” jawabnya.

Beberapa menit kemudian kami selesai makan dan mulai berkendara untuk pulang.

“Eh.. kayaknya ada yang ketinggalan deh, tapi apa ya?” tanyanya dengan muka yang heran.

Hmm, apa ya?” aku membantu berpikir.

“Oh iya belanjaanku mana?” celetukku.

“Ya ampun.. oh iya aku lupa, ketinggalan di warung tempat kita makan tadi,” jawabnya dengan rasa bersalah

“Apa? Ketinggalan? Yang bener aja, kita kan udah jauh dari warung tempat kita makan tadi,” jawabku dengan kesal.

“Duh, maaf banget ya Na, aku benar-benar lupa,” jawabnya dengan berkeringat.

“Apa? minta maaf? kamu pikir dengan minta maaf bisa membuat barangku kembali dan masalah selesai? Enggak kan? Seenaknya aja kamu minta maaf,” jawabku dengan kesal, lalu tanpa basa basi aku pergi meninggalkannya.

Keesokan hari, dia datang membawa belanjaanku dan meminta maaf karena kejadian kemarin, tetapi aku tetap menghiraukannya.

Maka setelah beberapa lama lama, aku sadar bahwa hal yang aku lakukan adalah sebuah kesalahan, dan aku tersadar betapa egoisnya diriku. Aku pun meminta maaf.

9. Cerita Persahabatan Menginspirasi

Berikut cerpen tentang persahabatan di sekolah.

Mona Lisa

Cahaya matahari begitu bersinar pagi ini, Lisa siswi SMA yang sedang terburu-buru ke sekolah terlihat begitu bersemangat tetapi baru di gerbang sekolah terlihat mobil mewah terparkir dan tak beberapa lama kemudian seorang gadis turun sambil dipapah kemudian didudukkan di kursi roda.

Sambil tersenyum Lisa menghampirinya “Mona”, sapa Lisa dan gadis bernama Mona itu memegang tangan Lisa, “biar Lisa saja yang mendorongku”, ucap Mona pada pengasuhnya.

Mereka berdua melewati lorong sekolah menuju ke kelas, sepanjang perjalanan mereka menjadi bahan tontonan, Lisa dan Mona memang sudah lama bersahabat sejak kecil.

Namun, keadaan Mona yang lumpuh karena sebuah kecelakaan tak membuat persahabatan mereka luntur bahkan Lisa senantiasa menemaninya.

Di sekolah hampir dikatakan mereka selalu bersama bahkan mereka satu kelas, layaknya saudara kandung karena Mona sendiri memang anak tunggal sedangkan Lisa mempunyai seorang kakak tiri yang tidak tinggal bersamanya yang bahkan belum pernah Mona lihat.

Setiap akhir pekan mereka saling mengunjungi, bermain dan belajar bersama, namun akhir-akhir ini Mona merasa aneh dengan sikap Lisa, bila Ia ke rumah Lisa saat akhir pekan Ia selalu tidak dapat menemui Lisa, ketika Mona mencoba mengkonfirmasinya Lisa mengungkapkan berbagai alasan.

Suatu hari saat pulang sekolah Lisa dan Mona berjalan-jalan di halaman belakang sekolah, nampak seorang pemuda yang merupakan kakak kelas mereka bernama Willy untuk waktu yang lama Mona tak berhenti menatap pemuda itu.

Willy memang terlihat jarang berada di sekolah karena terkenal dengan kenakalannya dan sering bolos tetapi anehnya selalu mendapat nilai tertinggi di ujian.

“Tunggu..” ucap Mona saat Willy melewatinya

“Ada apa?” ucap Willy datar

“Ohh tidak..” gugup Mona dan Willy dengan cueknya terus berjalan.

Sejak pertemuan itu Mona selalu tampak ceria dan sering mengunjungi halaman belakang sekolah. Disana, dia pun akhirnya bisa mengobrol dengan Willy.

Melihat itu, Lisa sangat senang karena Mona yang selama ini ia kenal tidak begitu ceria. Sejak ia lumpuh, Lisa pun juga hanya mengamati dari kejauhan.

Menurutnya, jika Mona bahagia maka dirinya juga bahagia bahkan ia tak ingin Mona sedih suatu hari nanti.

Mona akhir-akhir ini sibuk dengan pertemuannya dengan Willy. Ia tak pernah melihat Lisa kecuali dalam kelas.

Merasa bersalah dengan sikapnya sendiri, Mona memutuskan mencari Lisa dan setelah mencari kemana-mana kini Ia harus dihadapkan apa yang dilihatnya. Lisa sedang memeluk Willy. Namun, isak tangis Mona ternyata terdengar oleh Willy dan Lisa.

“Mona.. itu.. gak..” belum sempat Lisa menjelaskan, Mona telah pergi. Namun, karena terlalu sedih, dirinya tak tahu harus kemana dan keluar dari sekolah.

Tiba-tiba, Mona malah tertabrak di jalan dan dilarikan ke rumah sakit.

Untuk beberapa hari Mona mengalami koma dan setelah sadar, dirinya melihat keluarganya dan Willy.

“Untuk apa kau ke sini?”, tanya Mona sinis kepada Willy.

“Lihat ini..”, Willy memberinya cermin.

“Apa maksudmu? Wajahku tak apa-apa..” ucap Mona sambil bercermin.

“Mata..dan ini dia titipkan untukmu”, ucap Willy keluar meninggalkan Mona dan keluarganya.

‘Hai Mona.. apa kamu baik-baik saja? Kuharap begitu, aku minta maaf atas semuanya bahkan untuk kenangan buruk yang kau lihat sebelum kecelakaan itu.

Aku harap kau tak salah paham atas diriku dan Willy. Dia itu kakak tiriku yang belum pernah kau lihat. Aku hanya menyesal tak dapat menemuimu tetapi aku dapat melihat dunia bersamamu. Salam Lisa’ tulis Lisa dalam sepucuk surat itu.

Mona menangis sambil membacanya dan mengetahui bahwa Lisa selama ini mengidap sakit kanker dan selalu pergi berobat saat akhir pekan. Mata yang dirinya ‘pakai’ saat ini adalah milik Lisa.

10. Cerpen Tema Persahabatan

Berikut cerpen persahabatan singkat yang menarik untuk dibaca.

contoh cerpen persahabatan yang menarik

Cerita tentang teman baik (Sumber: Studocu.com)

11. Contoh Cerpen Persahabatan Singkat Remaja

Inilah cerpen persahabatan singkat yang penuh pesan moral.

cerpen tema persahabatan penuh pesan moral

Cerita tentang pertemanan (Sumber: Lezgetreal.com)

12. Cerpen Persahabatan Singkat

Berikut contoh cerpen persahabatan singkat yang menarik untuk dibaca.

Temanku yang Peduli

Di suatu sekolah terdapat satu gang perempuan yang dikenal dengan nama The Kerenz.

Anggotanya adalah Sintia, Rizka, dan Winda yang menjadi ketua geng.

Anggota The Kerenz adalah anak orang kaya yang berangkat sekolah diantar oleh supir pribadi masing-masing.

Pada suatu hari sebelum pelajaran dimulai, Bu Dewi selaku guru Bahasa Inggris memperkenalkan seorang siswa baru yang bernama Misca.

Misca bukanlah orang kaya, bahkan ia bisa masuk ke sekolah tersebut karena beasiswa.

Sontak saja, hal ini pun sering dijadikan sebagai bahan candaan oleh The Kerenz.

Lebih parahnya lagi, Misca di-bully oleh gang tersebut.

Suatu hari, Misca sedang membawa mangkok bakso dan berjalan melewati The Kerenz.

Salah satu anggota The Kerenz menghalangi jalan sehingga Misca tersandung dan mangkuk bakso tumpah ke rok yang digunakan oleh Winda.

Terjadilah pertengkaran hingga guru BK datang dan memanggil Misca dan Winda.

Keduanya dihukum untuk membersihkan toilet sekolah.

Setelah selesai membersihkan toilet, hujan turun dengan deras.

Winda kebingungan pulang karena supirnya sedang pulang kampung sementara kedua orang tuanya sibuk dan tidak bisa menjemput.

Winda pun menelpon anggota The Kerenz.

Namun, semuanya beralasan sibuk dan tidak bisa menjemput Misca.

Misca yang kasian melihat Winda menawarkan tumpangan.

Kala itu, kebetulan Misca berangkat sekolah dengan menggunakan sepeda motor.

Berhubung Misca hanya memiliki satu jas hujan, ia pun memberikannya kepada Winda.

Winda tadinya menolak dan merasa heran mengapa Misca baik kepadanya, setelah apa yang sudah dilakukan kepadanya.

Misca menjawab kalau Winda adalah temannya.

Saat itulah, Becca sadar kalau selama ini teman-temannya yang ada di The Kerenz tidak pernah mempedulikan dirinya.

Winda pun meminta maaf kepada Misca atas perlakuannya yang kurang baik.

13. Cerpen Singkat Persahabatan yang Penuh Pesan Moral

Di bawah ini contoh cerpen tema persahabatan yang menarik untuk dibaca.

Perbedaan Bukan Penghalang

Andi dan Beni telah bersahabat sejak lama. Keduanya memiliki latar belakang yang berbeda.

Andi berasal dari keluarga kaya, sedangkan Beni berasal dari keluarga sederhana.

Namun, perbedaan latar belakang tersebut tidak menghalangi mereka untuk bersahabat.

Mereka berdua selalu bersama-sama, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Mereka saling membantu dalam pelajaran dan saling mendukung dalam berbagai kegiatan.

Andi juga sering membantu Beni dengan memberikan uang saku dan berbagai kebutuhan lainnya.

Pada suatu ketika, Andi dan Beni mengikuti lomba matematika tingkat nasional. Andi berhasil menjadi juara pertama, sedangkan Beni hanya berhasil menjadi juara ketiga.

Namun, Andi tidak sombong atas kemenangannya. Dia justru memuji Budi atas prestasi dan segala kerja keras yang telah dilakukannya.

14. Cerita Persahabatan yang Menarik

Berikut contoh cerpen persahabatan singkat yang menginspirasi.

contoh cerpen tentang persahabatan

Contoh cerpen singkat tentang persahabatan (Sumber: Scribd.com)

15. Cerpen Sahabat Sejati Menginspirasi

Di bawah ini teks contoh cerpen persahabatan singkat yang bisa menjadi referensi.

Teman Sejatiku

Nina dan Zahra adalah kedua sahabat yang telah berteman sejak kecil. Mereka tinggal bertetangga dan sering bermain bersama.

Suatu hari, Nina dan Zahra sedang bermain di belakang rumah Nina. Tiba-tiba  Zahra terjatuh ke dalam kolam ikan.

Nina tidak bisa berenang, tetapi dia tidak panik. Dia langsung berlari ke rumah untuk mencari bantuan. Nina menemukan ibunya dan memberitahukan bahwa Zahra terjatuh ke dalam kolam ikan.

Ibu Nina langsung berlari ke belakang rumah dan menyelamatkan Zahra.

Akhirnya Zahra pun selamat, tetapi dia pingsan karena kekurangan oksigen. Ibu Nina langsung membawanya ke rumah sakit.

Berkat pertolongan Ibu Nina, Zahra selamat.

Zahra sangat berterima kasih kepada Nina karena telah menyelamatkan hidupnya. Nina juga sangat bersyukur karena sahabatnya selamat.

Kejadian tersebut pun semakin mempererat tali persahabatan antara Nina dan Zahra.

 

FAQ

Apa Itu Cerpen Persahabatan? 

Cerpen persahabatan adalah sebuah cerita pendek yang berisi kisah bagaimana seseorang memiliki sahabat sejati.

Untuk Apa Persahabatan?

Persahabatan penting untuk dijalin karena dapat membantu mengurangi rasa stres sekaligus dapat menjaga kesehatan mental.

***

Itulah berbagai cerpen persahabatan dan pertemanan yang bisa menjadi inspirasimu.

Temukan berbagai rekomendasi perlengkapan rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa ikuti Google News kami untuk mendapatkan berita terbaru, ya.

Yuk, segera wujudkan hunian impian bersama Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya