OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

15 Contoh Cerpen Motivasi Singkat yang Berkesan dan Menginspirasi

04 Januari 2024 · 17 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: Ilham Budhiman

contoh cerpen motivasi pendek dan singkat

Ingin membuat cerpen motivasi singkat yang bisa meningkatkan semangat. Berikut contoh cerpen motivasi yang penuh makna!

Cerpen atau cerita pendek adalah karya sastra yang selalu menarik untuk dibaca.

Jenis cerita ini memiliki konflik ringan dan jumlah kata yang tak terlalu banyak. 

Selain itu, cerpen pun biasanya mengangkat topik soal kehidupan sehari-hari yang penuh makna, seperti halnya cerpen pengalaman pribadi, pendidikan, hingga motivasi. 

Nah, bagi Property People yang ingin membuat cerita untuk meningkatkan semangat, cerpen motivasi bisa dipilih.

Yuk, simak beragam contoh cerpen singkat bermakna di bawah ini!

Contoh Cerpen Motivasi Singkat yang Bermakna

Di bawah ini sejumlah kumpulan cerpen motivasi belajar dan hidup yang sangat menginspirasi.

1. Contoh Cerpen Singkat Bermakna: Kelinci dan Kura-Kura

Berikut contoh cerita pendek motivasi yang menginspirasi:

Pada suatu hari, seekor kura-kura bertemu dengan seekor kelinci yang mengejeknya.”He….lambat benar jalan mu,” kamu tidak dapat berja­lan jauh!

Karena gusar dengan ejekan kelinci itu, kura­ kura itu pun menjawab, “Marilah kita melakukan lomba berlari, siapa yang lebih cepat!”

Kelinci pun tertawa dan berkata, “Kamu ber­gurau! Tetapi baiklah, akan kita lihat, siapakah yang lebih cepat sam­pai di bukit.” Kemudian kelinci itu pun berlari dan meninggalkan kura-kura jauh di belakangnya.

Setelah beberapa saat, kelinci itu pun berhenti untuk menunggu kedatangan kura-kura. Kelinci itu menunggu lama hingga merasa mengantuk. “Sebaiknya aku tidur barang se­bentar,” ia berpikir.

“Meskipun kura-kura itu telah tiba, toh aku dengan mudah bisa memenangkan pertandingan.” Maka kelinci itu berbaring di bawah pohon yang teduh dan menutup mata.

Ketika kura-kura itu telah tiba dan melihat kelinci itu se­dang tidur, kura-kura pun berjalan lambat tetapi ajeg.

Pada saat kelinci itu bangun, kura-kura hampir mencapai garis finish. Kelinci itu pun berlari secepatnya, tetapi tidak mampu menge­jar kura-kura.

2. Cerita Pendek Motivasi Penuh Pesan Moral: Semut dan Burung Merpati

Berikut cerita pendek motivasi yang bermakna:

Pada suatu hari yang panas, seekor semut mencari kalau­ kalau ada air. Setelah berjalan kesana kemari beberapa saat, ia pun tiba di sebuah mata air.

Untuk sampai di mata air itu, ia harus memanjat sehelai rumput. Ketika sedang memanjat itu, ia tergelincir dan jatuh ke dalam air.

la dapat tenggelam seandainya seekor merpati yang terbang di pohon di dekatnya itu tidak melihatnya.

Melihat bahwa semut itu berada dalam bahaya, merpati itu segera me­matuk sebuah daun kemudian menjatuh kannya di air di dekat semut yang sedang berjuang menyelamatkan diri itu.

Semut itu pun bergerak ke arah daun kemudian naik di daun tersebut.

Segera daun itu membawanya dengan selamat di tanah yang kering. Tidak lama kemudian, seorang pemburu di dekatnya me­masang perangkap di dekat merpati, dengan harapan dapat memerangkapnya.

Mengetahui apa yang akan dilakukan pemburu itu, semut itu pun segera menggigit tumit pemburu itu.

Merasa kesakitan, pemburu itu pun menjatuhkan perangkapnya. Maka merpati itu segera terbang untuk menyelamatkan diri.

3. Contoh Cerpen Motivasi Hidup: Pesan dari Sang Burung Hantu

Berikut cerita motivasi singkat dan pesan moralnya yang bermakna:

Di sebuah hutan yang lebat, hiduplah seekor burung hantu bernama Budi. Budi adalah burung hantu yang sangat rajin dan tekun.

Setiap hari, ia berlatih terbang dan berburu. Ia ingin menjadi burung hantu yang hebat.

Suatu hari, Budi sedang berlatih terbang di dekat sebuah pohon besar. Tiba-tiba, angin kencang datang dan membuat Budi kehilangan keseimbangannya. Budi terjatuh dan kepalanya terbentur batu. Budi pun pingsan.

Ketika Budi sadar, ia merasa sangat lemah. Ia tidak bisa terbang dan berburu lagi. Budi pun merasa sangat putus asa. Ia berpikir bahwa ia tidak akan pernah bisa menjadi burung hantu yang hebat.

Pada suatu malam, Budi sedang duduk di dahan pohon. Ia merasa sangat sedih dan kecewa. Tiba-tiba, ia mendengar suara yang lembut.

“Mengapa kau tampak begitu sedih?” tanya suara itu.

Budi menoleh ke arah suara itu. Ia melihat seekor burung hantu tua yang sedang duduk di dahan pohon di sebelahnya.

“Aku tidak bisa terbang dan berburu lagi,” kata Budi dengan sedih. “Aku pikir aku tidak akan pernah bisa menjadi burung hantu yang hebat.”

Burung hantu tua itu tersenyum. “Kau tidak boleh menyerah begitu saja,” kata burung hantu tua itu. “Kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Dari kegagalan, kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik.”

Budi mendengarkan kata-kata burung hantu tua itu. Ia mulai menyadari bahwa burung hantu tua itu benar. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kegagalan adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Budi pun bertekad untuk bangkit dari kegagalannya. Ia berlatih terbang dan berburu setiap hari. Ia tidak pernah menyerah, meski latihannya terasa sangat sulit.

Setelah berbulan-bulan berlatih, Budi akhirnya bisa terbang dan berburu lagi. Ia pun menjadi burung hantu yang hebat. Ia bisa terbang dengan cepat dan lincah. Ia juga bisa berburu dengan mudah.

Budi sangat bersyukur atas pesan dari burung hantu tua itu. Pesan itu telah membantunya untuk bangkit dari kegagalan dan menjadi burung hantu yang hebat.

4. Contoh Cerita Pendek Motivasi Belajar: Semangat yang Kembali

Di bawah ini adalah cerpen motivasi singkat bermakna yang penuh pesan moral:

Di sebuah desa kecil yang terletak di kaki gunung, terdapat seorang anak laki-laki bernama Fajar.

Fajar dikenal sebagai anak yang ceria dan selalu semangat. Ia selalu terlihat bersemangat dalam melakukan apapun, mulai dari belajar hingga membantu orang tuanya di ladang.

Namun, suatu hari, Fajar tiba-tiba menjadi pendiam dan murung. Ia tidak lagi terlihat bersemangat seperti biasanya.

Orang tua Fajar pun heran melihat perubahan sikap anak mereka. Mereka bertanya kepada Fajar apa yang membuatnya sedih.

Fajar pun menceritakan bahwa ia bermimpi bahwa fajar telah hilang dari dunia. Dalam mimpinya, dunia menjadi gelap dan dingin tanpa adanya cahaya matahari.

Orang tua Fajar mencoba menenangkan Fajar dengan mengatakan bahwa itu hanyalah mimpi.

Namun, Fajar tetap merasa takut dan sedih. Ia tidak bisa membayangkan bagaimana dunia tanpa adanya fajar.

Keesokan harinya, Fajar bangun pagi-pagi sekali. Ia ingin melihat fajar dengan matanya sendiri. Ia bergegas keluar rumah dan menuju ke bukit di belakang rumahnya.

Ketika Fajar sampai di puncak bukit, ia melihat pemandangan yang sangat indah. Fajar baru mulai muncul di ufuk timur.

Langit berwarna merah, jingga, dan ungu. Fajar perlahan-lahan naik ke atas, menerangi dunia dengan cahayanya yang hangat.

Fajar merasa sangat bahagia melihat pemandangan itu. Ia menyadari bahwa fajar tidak akan pernah hilang dari dunia. Fajar akan selalu datang setiap pagi, membawa cahaya dan harapan bagi semua orang.

Fajar pun tersenyum dan berkata, “Terima kasih, fajar. Kau telah mengajariku bahwa apapun yang terjadi, selalu ada harapan di dalam hidup.”

Sejak saat itu, Fajar tidak lagi bersedih. Ia kembali menjadi anak yang ceria dan selalu semangat. Ia tahu bahwa apapun yang terjadi, selalu ada jalan keluar.

5. Contoh Cerpen Singkat Motivasi Hidup yang Penuh Arti: Makna Kehidupan

Inilah cerpen singkat bermakna yang bagus untuk dibaca:

Di sebuah desa kecil, hiduplah seorang pemuda bernama Andi. Andi adalah seorang pemuda yang cerdas dan bersemangat. Ia selalu ingin tahu tentang segala hal dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Suatu hari, Andi sedang berjalan-jalan di hutan ketika ia melihat seorang kakek tua yang sedang duduk di bawah pohon. Andi pun menghampiri kakek itu dan bertanya, “Kakek, apa makna hidup yang singkat?”

Kakek tua itu tersenyum dan menjawab, “Makna hidup yang singkat adalah tentang menemukan kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan dengan hal-hal yang tidak penting. Carilah hal-hal yang membuatmu bahagia dan damai, dan lakukanlah hal-hal itu setiap hari.”

Andi mendengarkan kata-kata kakek itu dengan seksama. Ia mulai berpikir tentang apa yang dikatakan oleh kakek itu.

Ia menyadari bahwa ia telah menghabiskan banyak waktu untuk mengejar hal-hal yang tidak penting. Ia telah menghabiskan waktunya untuk bekerja keras, tetapi ia tidak pernah merasa bahagia atau damai.

Andi pun bertekad untuk mengubah hidupnya. Ia mulai menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang membuatnya bahagia, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman, melakukan hobi, dan membantu orang lain.

Andi mulai merasakan perubahan dalam hidupnya. Ia merasa lebih bahagia dan damai. Ia menyadari bahwa makna hidup yang singkat adalah tentang menemukan kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup.

6. Cerpen Singkat Bermakna: Langkah Pertama Menuju Cita-Cita

Inilah contoh cerpen motivasi singkat yang menarik:

Suasana pagi itu di kota kecil Indrapura terasa begitu segar. Angin sepoi-sepoi seakan membawa semangat baru. Di sebuah desa kecil, tinggal seorang anak muda bernama Dani.

Dani adalah anak yang rajin dan bercita-cita tinggi. Meski keadaan ekonomi keluarganya tidak begitu baik, Dani tetap semangat dalam mengejar impiannya.

Dia bercita-cita menjadi seorang dokter spesialis, membantu orang-orang di desanya yang seringkali kesulitan akses kesehatan.

Setiap pagi, Dani bangun lebih awal sebelum matahari terbit. Dia pergi ke perpustakaan desa, satu-satunya sumber ilmu pengetahuan yang bisa diaksesnya.

Buku-buku tebal menjadi teman setianya. Kendati terkadang sulit memahami kata-kata di dalamnya, Budi tak pernah menyerah.

Suatu hari, gurunya di sekolah melihat semangat Dani dan memberinya buku pelajaran tambahan. “Ini untukmu, Dani. Teruslah belajar dengan giat, dan impianmu akan terwujud,” kata guru itu dengan senyuman hangat.

Dani semakin semangat. Dia belajar siang dan malam, mencatat setiap pelajaran dengan tekun. Walaupun terkadang merasa lelah dan frustasi, Dani selalu mengingat cita-citanya menjadi dokter.

Waktu berlalu, ujian nasional pun tiba. Dani bekerja keras, mempersiapkan diri sebaik mungkin. Hasilnya, Dani mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.

Dia berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Ketika Dani berangkat ke kota besar untuk kuliah, dia merasa bangga dan bahagia.

Namun, tantangan baru pun muncul. Dani harus beradaptasi dengan lingkungan baru dan menghadapi mata kuliah yang lebih sulit.

Dengan semangat dan ketekunan yang dimilikinya, Dani berhasil melewati setiap rintangan. Empat tahun berlalu begitu cepat, dan pada hari kelulusannya, Dani merasa bangga atas pencapaiannya.

Dia tidak hanya lulus sebagai seorang sarjana kedokteran, tetapi juga meraih predikat cumlaude.

Ketika Dani kembali ke desanya sebagai seorang dokter, wajah bahagia dan syukur terpancar di matanya. Semua orang di desa merasa beruntung memiliki seorang dokter yang berasal dari mereka sendiri.

7. Contoh Cerpen Motivasi Singkat Padat dan Jelas: Senyum Kebaikan

Berikut contoh cerpen atau cerita motivasi singkat yang menarik:

Awan mendung di langit sore, mengiring gerimis yang membasahi jalanan kota. Di sudut Pasar Senen, seorang remaja bernama Wulan duduk meringkuk, kakinya ditekuk sambil memeluk lutut.

Kantong plastik di depannya terhampar lunglai, hanya beberapa gelang plastik murahan tersisa. Ia menggigil kedinginan dan putus asa.

Hari ini hujan dan sepi pembeli, perutnya pun bernyanyi lagu kelaparan.

Tiba-tiba, langkah kaki memecah kesunyian. Seorang nenek berkerudung krem berhenti di depan Wulan.

Nenek itu mengenakan batik tenun kuno, warnanya cokelat keemasan dengan motif parang yang elegan. Senyum hangat terkembang di wajahnya meski keriput menghias.

“Hai, Nenek,” sapa Wulan lirih.

Nenek itu membungkuk, mengamati gelang plastik. “Berapa, gelang cantikmu ini?”

“Dua ribu, Nenek,” jawab Wulan tak yakin.

Nenek itu tersenyum lagi, lalu mengambil dua gelang. Ia menyerahkan uang lima ribu rupiah. “Sisanya untuk bekal makan ya, Nak.”

Wulan terbelalak. Ia hampir menolak, tapi nenek itu sudah berlalu, senyumnya tertinggal di udara. Lima ribu rupiah, itu sudah cukup untuk semangkuk bakso hangat pengganjal perut.

Wajah Wulan perlahan menampakkan semburat senyum.

Kejadian itu tak terlupakan oleh Wulan. Senyum sang nenek, bagaikan batik berlian yang telah memercikkan cahaya dalam jiwanya.

Kehangatan kebaikan itu membuatnya sadar, meski dunia terasa dingin, selalu ada kebaikan yang menghinggapi seperti embun pagi.

Sejak saat itu, Wulan bertekad menyebarkan kebaikan sang nenek. Ia mulai dengan senyum kepada setiap pembeli, membantu menatahkan barang, bahkan membereskan sampah yang berserakan.

Perlahan, gerobaknya tak hanya dipenuhi gelang plastik. Ia mulai menjual kue-kue buatan tangan, hasilnya membaik.

Suatu sore, ia kembali melihat sosok nenek berbatik berlian itu. Kali ini, ia tak hanya membeli gelang, tapi mengajak Wulan berjualan batik di toko miliknya.

Wulan terharu, kebaikan kecilnya dibalas dengan peluang besar.

Wulan kini tak lagi berjualan di pinggir jalan. Toko kecilnya dipenuhi batik-batik indah, warisan kebudayaan leluhur.

Senyumnya pun tak lagi dipaksakan, melainkan bersinar terang, semanis motif batik berlian sang nenek yang telah mengubah hidupnya.

8. Contoh Cerpen Motivasi Hidup Mengejar Cita-Cita: Berani untuk Bermimpi

Inilah contoh cerita cerpen motivasi singkat bermakna:

Anisa adalah seorang gadis desa yang bermimpi untuk menjadi pengusaha sukses.

Namun, ia tidak percaya diri bisa mewujudkan mimpi tersebut karena ia berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Suatu hari, Anisa bertemu dengan seorang pengusaha terkenal yang memberikan nasihat berharga baginya.

“Untuk sukses sebagai pengusaha, kamu harus berani bermimpi besar dan tidak takut mengambil risiko. Jangan biarkan latar belakangmu menghalangi impianmu,” ujar pengusaha tersebut.

Mendengar nasihat tersebut, Anisa merasa terinspirasi dan memutuskan untuk mengambil risiko. Ia mulai merintis usaha kecil-kecilan di desanya dengan modal seadanya.

Pada awalnya, ia merasa kesulitan, tetapi ia tidak menyerah.

Dalam waktu singkat, usaha Anisa mulai berkembang dan ia berhasil mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Ia kemudian memperluas usahanya dan membuka cabang di kota-kota besar. Anisa merasa senang dan bangga atas pencapaiannya.

Namun, Anisa tidak berpuas diri dan terus berusaha lebih giat lagi. Ia juga membantu masyarakat sekitarnya yang kesulitan dan menjadi panutan di desanya.

Atas segala usaha dan kerja kerasnya akhirnya Anisa berhasil menjadi seorang pengusaha sukses dan dihormati oleh banyak orang.

9. Contoh Cerpen Motivasi Sukses: Rasa Malu yang Mendorong Perubahan

Inilah contoh cerpen tentang motivasi singkat semangat belajar:

Di sebuah desa kecil, hiduplah seorang gadis bernama Rani.

Rani adalah seorang gadis yang cerdas dan bersemangat. Ia selalu ingin belajar hal-hal baru, tetapi ia sering merasa malu untuk bertanya kepada guru atau teman-temannya.

Suatu hari, Rani mengikuti ujian matematika. Ia merasa yakin bahwa ia bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Namun, ketika ujian dimulai, Rani merasa bingung dengan salah satu soal. Ia mencoba mengingat-ingat pelajaran, tetapi ia tetap tidak bisa menemukan jawabannya.

Rani merasa sangat malu. Ia tidak ingin mengakui kepada guru bahwa ia tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Ia pun memutuskan untuk menjawab soal itu dengan tebakan.

Ternyata, tebakan Rani salah. Ia pun mendapatkan nilai yang buruk untuk ujian matematika itu.

Rani merasa sangat kecewa dan malu. Ia bertekad untuk belajar lebih keras agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Rani mulai belajar dengan lebih rajin. Ia tidak malu untuk bertanya kepada guru atau teman-temannya. Ia juga mulai belajar secara mandiri dengan membaca buku dan mengerjakan latihan soal.

Seiring berjalannya waktu, Rani menjadi lebih baik dalam matematika. Ia bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar. Rani pun mendapatkan nilai yang bagus untuk ujian matematika selanjutnya.

Rasa malu yang Rani rasakan telah mendorongnya untuk belajar lebih keras. Ia menyadari bahwa belajar adalah hal yang penting untuk meraih kesuksesan.

10. Contoh Cerpen Motivasi Hidup Remaja: Kekuatan Ketulusan

Di bawah ini contoh cerpen motivasi diri sendiri:

Di sebuah desa kecil, hiduplah seorang gadis bernama Aulia. Aulia adalah seorang gadis yang baik hati dan ramah. Ia selalu membantu orang lain yang membutuhkan, tanpa pamrih.

Suatu hari, Aulia sedang berjalan-jalan di hutan ketika ia melihat seorang kakek tua yang sedang duduk di bawah pohon. Kakek itu terlihat lelah dan lapar.

Aulia pun menghampiri kakek itu dan bertanya, “Kakek, apa yang terjadi?”

Kakek itu menjawab, “Aku tersesat di hutan ini. Aku sudah berjalan berjam-jam, tapi aku tidak bisa menemukan jalan pulang.”

Aulia merasa kasihan kepada kakek itu. Ia pun menawarkan diri untuk membantu kakek itu menemukan jalan pulang.

Aulia dan kakek itu berjalan bersama-sama di hutan. Aulia menunjukkan jalan kepada kakek itu.

Akhirnya, mereka menemukan jalan keluar dari hutan. Kakek itu sangat berterima kasih kepada Aulia.

Kakek itu berkata, “Terima kasih, nak. Kau telah menyelamatkanku.”

Aulia tersenyum dan berkata, “Tidak apa-apa, kakek. Itu sudah menjadi kewajibanku untuk membantu orang yang membutuhkan.”

Kakek itu pun melanjutkan perjalanannya pulang. Aulia pun melanjutkan perjalanannya.

Aulia merasa sangat bahagia karena bisa membantu kakek itu. Ia menyadari bahwa dengan ketulusan, kita bisa membuat orang lain bahagia.

11. Cerita Pendek yang Bermakna: Potret Matahari

Berikut contoh cerpen penuh makna tentang motivasi hidup:

Matahari bersinar terik, sinarnya menembus celah-celah daun dedaunan, menerangi sudut kecil taman kota.

Di pojokannya, seekor bunga matahari mungil tumbuh dengan susah payah. Batangnya kurus, bunganya layu, daunnya sedikit demi sedikit mulai mengering.

Ia tumbuh di bawah bayangan bunga-bunga lain yang lebih tinggi dan rimbun, sehingga tak banyak sinar matahari yang sampai padanya.

Setiap pagi, bunga matahari mungil itu mendongakkan kepalanya, berusaha keras menangkap sinar matahari yang sedikit menembus dedaunan.

Ia bermimpi mekar sempurna, seperti bunga matahari lainnya yang tumbuh dengan gagah di sekelilingnya.

Suatu hari, seekor kupu-kupu hinggap di dekatnya. “Mengapa kamu tampak murung?” tanya kupu-kupu itu.

Bunga matahari kecil menghela napas. “Aku ingin sekali mekar dengan indah, seperti bunga matahari lainnya.

Tapi aku tak cukup mendapatkan sinar matahari. Aku tumbuh di bawah bayang-bayang mereka,” keluhnya.

Kupu-kupu itu tersenyum. “Tidak apa-apa. Setiap bunga memiliki keindahannya sendiri. Lihatlah, walaupun kamu tidak mekar sempurna, kamu tetap cantik dengan caramu sendiri,” katanya sambil hinggap di kelopak bunganya yang layu.

Bunga matahari kecil terdiam. Kata-kata kupu-kupu itu membuatnya berpikir. Ia lalu mengalihkan pandangannya ke langit biru yang cerah.

“Mungkin aku tidak bisa menjadi seperti bunga matahari lainnya, tapi aku bisa menjadi matahariku sendiri,” gumamnya.

Sejak saat itu, bunga matahari kecil itu tidak lagi murung.

Ia mulai menikmati setiap tetes embun pagi yang hinggap di daunnya, setiap hembusan angin yang menyejukkan, dan setiap sinar matahari yang berhasil ia tangkap. Ia belajar menghargai dirinya sendiri, meskipun ia tidak mekar sempurna.

Beberapa minggu kemudian, keajaiban terjadi. Bunga matahari kecil itu perlahan mulai mekar.

Bunganya tidak sebesar bunga matahari lainnya, tetapi kelopaknya berwarna kuning cerah dan bersinar, seolah-olah ia menyimpan matahari kecil di dalamnya. Ia menjadi bunga matahari yang paling istimewa di taman itu.

12. Contoh Cerpen Motivasi Belajar Anak: Rahasia Perpustakaan Labu Kuning

Berikut contoh cerpen menginspirasi untuk mengejar sukses:

Lulu, gadis kecil berkepang dua, berwajah cemberut sambil menatap tumpukan buku di meja belajarnya.

Senja telah datang, tetapi ia belum menyentuh satu halaman pun.

Pikirannya melayang-layang pada petualangan ninja dan robot di film yang baru ditontonnya. Belajar terasa membosankan dibandingkan petualangan imajiner itu.

Tiba-tiba, jendela kamar Lulu berdecit pelan. Ia menoleh, terkejut melihat labu kuning sebesar bola voli menggelinding masuk.

Labu itu bercahaya lembut, dan dari dalamnya terdengar suara, “Hai Lulu, apa kamu ingin berpetualangan?”

Lulu ragu-ragu. “Siapa kamu?”

“Aku Penunggu Perpustakaan Labu Kuning,” kata suara ramah itu. “Tempat di mana imajinasi dan pengetahuan bertemu.”

Lulu penasaran. Ia membuka jendela, dan labu itu berguling mendekat. Lulu mengintip ke dalam.

Tampak lorong-lorong rak buku yang bersinar, setiap rak dipenuhi kisah-kisah dari berbagai pelosok dunia.

Dengan ragu, Lulu masuk. Labu itu membawanya terbang melewati rak-rak, melewati kisah dongeng, sejarah besar, dan eksperimen ilmiah yang menakjubkan.

Lulu bertemu pahlawan pemberani, ilmuwan jenius, dan penjelajah pemberani. Setiap kisah dan pengetahuan membuka matanya pada dunia yang tak pernah ia bayangkan.

“Wow!” Lulu berseru takjub. “Belajar itu ternyata seru!”

Penunggu Perpustakaan Labu Kuning tersenyum. “Pengetahuan adalah kunci petualangan terhebat, Lulu. Setiap buku membuka gerbang ke dunia baru. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak petualangan yang bisa kamu alami.”

Lulu mengerti. Belajar bukan lagi kewajiban, melainkan kunci untuk menjelajahi dunia luas, bahkan melampaui batas langit. Ia ingin menjadi ninja, pilot, ilmuwan, semuanya!

Kembali ke kamarnya, Lulu tak lagi cemberut. Ia meraih buku tebal tentang sejarah Mesir Kuno. Tumpukan buku di meja belajarnya tak lagi menakutkan, melainkan undangan untuk petualangan baru.

Sejak saat itu, Lulu tak pernah terlambat belajar. Ia berkelana dengan pelaut Portugis, memecahkan teka-teki Mesir Kuno, dan bahkan merancang roket ke antariksa, semuanya lewat halaman-halaman buku.

Ia menyadari bahwa petualangan imajiner dan petualangan pengetahuan sebenarnya saling melengkapi, menjadikannya anak yang berani, pintar, dan penuh imajinasi.

Lulu dan Penunggu Perpustakaan Labu Kuning sering berpetualangan bersama. Dan Lulu tahu, petualangan terbesarnya baru saja dimulai, melalui keajaiban belajar dan membaca.

13. Contoh Cerpen Motivasi Singkat: Mengejar Pendidikan 

Di bawah ini cerita singkat tentang motivasi belajar:

 

contoh cerpen motivasi singkat

Cerpen singkat bermakna (Sumber: Sonora.id)

14. Contoh Cerpen Motivasi Pendek dan Singkat: Dukung Aku

Berikut contoh cerita motivasi pendek yang menarik untuk dibaca:

cerpen singkat motivasi yang menarik

Cerpen singkat motivasi (Sumber: Scribd.com)

15. Contoh Cerpen Singkat Motivasi Menjadi Lebih Baik: Jangan Takut untuk Berubah

Berikut contoh cerita motivasi singkat, padat, dan jelas dengan tema menjadi pribadi yang lebih baik:

cerita atau cerpen motivasi pendek menjadi lebih baik

***

Itulah beberapa contoh cerpen motivasi yang bisa menjadi inspirasi.

Cari tahu informasi menarik lainnya seputar gaya hidup hingga kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa juga ikuti Google News kami agar tak ketinggalan berita terbaru, ya!

Yuk, wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama www.rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA