OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Cerita Sejarah Pribadi Masa Kecil hingga Keluarga Singkat

09 Februari 2024 · 7 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

Cerita Sejarah Pribadi Masa Kecil

Contoh cerita sejarah pribadi berikut ini sangat menarik untuk disimak. Mulai dari cerita tentang masa kecil, keluarga, hingga persahabatan!

Dalam kehidupan, setiap orang pasti memiliki cerita sejarahnya sendiri. 

Kisah-kisah dalam kehidupan tersebut dapat menjadi pelajaran berharga, baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sebenarnya, cerita sejarah pribadi hampir mirip dengan biografi diri sendiri. Perbedaannya hanya terletak dari fokus bahasannya saja. 

Jika biografi biasanya hanya membahas perjalanan hidup seseorang, cerita sejarah pribadi berfokus pada kisah-kisah menarik yang terjadi dalam kehidupan kita sendiri. 

Agar tidak bingung, coba intip sejumlah contoh cerita sejarah pribadi berikut ini, yuk!

Pengertian Cerita Sejarah

Sebelum mengetahui contoh cerita sejarah pribadi, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu pengertian dari cerita sejarah itu sendiri.

Pengertian cerita sejarah sebenarnya telah dijelaskan dalam buku Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam buku tersebut, cerita sejarah diartikan sebagai teks yang menceritakan sebuah peristiwa yang pernah terjadi berdasarkan imajinasi penulis, tapi tetap bersumber pada sejarah yang ada.

Dengan demikian, dapat diartikan bahwa cerita sejarah pribadi adalah teks yang berisi mengenai pengalaman yang pernah dialami oleh seseorang di masa lalu.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi Singkat

Setelah mengetahui pengertian dari cerita sejarah pribadi, berikut berbagai contoh teks kisah lampau tentang keluarga hingga masa kecil singkat.

1. Contoh Cerita Sejarah Pribadi Masa Kecil yang Menarik: Mengejar Cita-cita

Berikut contoh cerita sejarah pribadi masa kecil tentang meraih impian.

Namaku Amira lahir di sebuah desa kecil di Jawa Tengah. Sejak kecil, aku sudah tertarik dengan dunia teknologi.

Aku suka membongkar-pasang barang elektronik, dan aku juga sering bertanya kepada ayahku tentang cara kerja berbagai perangkat elektronik.

Ketertarikanku pada teknologi semakin berkembang saat aku duduk di bangku SMP. Bahkan, aku pernah mengikuti berbagai lomba dan kompetisi komputer.

Ketertarikanku pada teknologi terus berkembang saat aku masuk SMA. Aku mulai belajar tentang kecerdasan buatan (AI), dan aku tertarik dengan potensi AI untuk mengubah dunia.

Aku melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di bidang teknik informatika. Setelah lulus kuliah, aku diterima bekerja di Google AI. Aku bekerja di tim yang mengembangkan model bahasa besar.

Aku senang dapat bekerja dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama, yaitu menggunakan teknologi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Saat ini, aku masih bekerja di Google AI. Di lingkunganku aku dapat terus belajar dan berkembang. Aku percaya bahwa model bahasa memiliki potensi untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi.

2. Teks Cerita Sejarah Pribadi tentang Sekolah dan Pendidikan: Jangan Menyerah

Di bawah ini contoh teks cerita sejarah pribadi yang penuh nilai.

Saya lahir di sebuah desa kecil di Jawa Barat. Keluarga saya miskin, dan saya harus berjuang keras untuk mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang guru.

Di desa, pendidikan hanya tersedia hingga jenjang SMP. Jika ingin melanjutkan ke jenjang SMA, saya harus pergi ke kota. Hal ini tentu akan menjadi beban bagi keluarga saya.

Namun, saya tidak menyerah. Saya berusaha keras untuk belajar dan mendapatkan beasiswa. Berkat usaha saya, saya berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke SMA di kota.

Pendidikan di kota sangat berbeda dengan pendidikan di desa. Saya harus belajar lebih keras dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Tetapi, saya tidak pernah menyerah.

Setelah lulus SMA, saya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saya memilih jurusan pendidikan sebagai alasan cita-cita untuk menjadi guru.

Pendidikan di perguruan tinggi sangatlah berat. Saya harus belajar banyak hal baru dan menghadapi berbagai tantangan. 

Setelah lulus kuliah, saya mendapatkan pekerjaan sebagai guru di sebuah sekolah di kota. Saya sangat senang bisa mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang guru.

3. Contoh Cerita Pengalaman Pribadi Liburan: Pergi ke Pantai

Berikut contoh cerita sejarah pribadi tentang liburan bersama keluarga.

Liburan sekolah adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua anak. Saat itu, kita bisa bebas bermain dan bersantai tanpa harus memikirkan sekolah.

Sewaktu masih kecil, saya sering menghabiskan liburan sekolah bersama kakak saya. Kami akan pergi ke berbagai tempat wisata, seperti taman bermain, pantai, atau gunung.

Salah satu liburan sekolah yang paling berkesan bagi saya adalah ketika kami pergi ke pantai. Kami berangkat pagi-pagi sekali agar bisa sampai di pantai sebelum matahari terbit. 

Saat kami sampai di pantai, kami langsung berlari ke tepi pantai. Kami takjub melihat keindahan pantai yang masih sepi.

Ombaknya yang tenang dan pasirnya yang putih bersih membuat kami merasa tenang.

Kami bermain air dan pasir sepanjang hari. Kami juga berenang di laut. Air laut yang dingin membuat kami segar dan bersemangat.

Sore hari, kami pulang sambil membawa banyak kenangan indah. Kami berjanji akan kembali lagi ke pantai itu suatu hari nanti.

Liburan sekolah bersama kakak saya adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saat itu, kami bisa menghabiskan waktu bersama dan menciptakan kenangan indah yang tak akan pernah terlupakan.

Selain pergi ke tempat wisata, kami juga sering menghabiskan waktu bersama di rumah. Kami akan bermain permainan, menonton film, atau sekadar mengobrol.

Saat bermain permainan, kakak saya selalu menjadi lawan yang tangguh. Dia selalu menang, dan saya selalu kalah. Namun, aku tidak pernah menyerah. Saya selalu berusaha untuk mengalahkan kakak saya.

Saat menonton film, kami selalu berseru kegirangan saat ada adegan yang seru. Kami juga sering berdebat tentang akhir film.

Liburan sekolah bersama kakak saya adalah saat-saat yang menyenangkan. Saat itu, kami bisa saling berbagi dan belajar banyak hal.

4. Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi Bermakna: Kisah Bidadari Tak Bersayap

Berikut contoh teks sejarah pribadi tentang orang tua.

Namaku Tiara Anggela Sabela. Aku lahir di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan pada tanggal 23 Juni 2004.

Aku lahir dari pasangan Zawal Avendi dan Erviyana Dan aku merupakan Anak Sulung dari Dua Bersaudara yakni Winda Ferbi Narosa.

Pada Tahun 2010 aku masuk sekolah dasar negeri (SDN) 021 OKU, tetapi pada tahun 2012 aku pindah sekolah dari Kota Palembang ke Kota Batam.

Alasannya, seluruh keluargaku pergi merantau ke kota Batam. Aku lulus sekolah di kota Batam pada tahun 2016.

Kemudian, aku melanjutkan sekolah menengah pertama pada tahun yang sama di SMP Negeri 6 Batam dan lulus tiga tahun kemudian pada tahun 2019.

Selanjutnya aku masuk ke sekolah menengah akhir di SMA Negeri 25 Batam.

Aku terlahir dari keluarga sederhana, sedari kecil aku sudah terbiasa diajarkan untuk selalu hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Orang tuaku sangat tegas dalam mendidik aku dan kakak. Apalagi dalam hal menjaga sopan santun dan tata krama kepada orang lain.

Kami berdua sama-sama anak perempuan Ibu menjadi lebih waspada dalam hal menjaga kami, Ia selalu mengingatkan dan menegur kami dalam hal menjaga diri dan bergaul dengan teman bermain.

Namun, kekhawatiran Ibu yang terlalu membuat beliau menjadi bersikap sedikit egois, ia sering melarang keinginan kami untuk mencari pengalaman “baru”.

Contohnya seperti aku sering dilarang jika mau pergi bermain bersama temanku walaupun ia sudah tahu pergi bermain bersama siapa dan ke mana.

Sikap Ibu bertolak belakang dengan Bapak yang lebih mengerti dan tidak terlalu mengekang saat aku izin untuk keluar.

Akan tetapi, aku tahu semua yang dilakukan oleh kedua orang tuaku itu bertujuan untuk melindungi kami dari segala bahaya.

5. Teks Cerpen Pengalaman Pribadi Pendek: Nenekku Tersayang

Di bawah ini contoh cerita sejarah pribadi tentang keluarga.

contoh cerita sejarah pribadi singkat6. Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi Singkat: Sahabat Terbaik

Di bawah ini contoh teks cerita sejarah pribadi tentang persahabatan.

contoh cerita sejarah pribadi masa kecil

7. Cerita Sejarah Pribadi SMP: Petualangan di Gua Kelelawar

Berikut contoh cerita sejarah pribadi pengalaman di SMP.

contoh cerita sejarah pribadi masa smp

***

Itulah sejumlah contoh cerita sejarah pribadi singkat yang menarik.

Temukan ulasan lain seputar kumpulan cerita hanya di artikel.rumah123.com.

Jika kamu sedang mencari rumah nyaman di Bogor bisa mengecek selengkapnya dalam laman Rumah123.

Mau ngobrolin properti tapi bingung di mana? Tenang, sekarang kamu bisa berbnicang soal properti bersama Teras123.

Tak hanya mengajukan pertanyaan saja, kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap seputar pembelian rumah karena #SemuaAdaDisini!


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya