Jangan sampai makanan kamu kacau karena salah menggunakan besar kecilnya api!

Cara memasak dengan api kecil dan besar mempengaruhi rasa makanan - Rumah123.com Cara memasak dengan api kecil dan besar mempengaruhi rasa makanan - Rumah123.com

Untuk kamu yang hobi memasak, jangan sampai mengabaikan penggunaan api saat memasak. Sebab, besar kecilnya api akan mempengaruhi hasil dari olahan masakan kamu. Banyak orang yang belum mengetahui hubungan api yang digunakan terhadap cara memasak. Memang, seberapa penting penggunaan api kecil dan api besar yang tepat terhadap hasil masakan yang dibuat? Supaya kamu tak keliru lagi, berikut ini penjelasannya!

Cara memasak dengan api besar memang bikin cepat matang, tapi...

Biasanya, penggunaan api besar identik dengan akan mempercepat masakan matang, jika apinya kecil maka masakan akan lama matangnya. Itu semua adalah paham yang salah. Nyatanya, olahan masakan yang butuh penyerapan bumbu seperti mengungkep ayam untuk digoreng, atau membuat rendang, justru memerlukan penggunaan api yang kecil. 

Baca juga: Wajib Punya! 9 Peralatan Dapur yang Bikin Masak Jadi Gampang

Cara memasak dengan api kecil dibutuhkan untuk jenis-jenis masakan ini

Cara memasak dengan api kecil akan mendapatkan hasil yang maksimal seperti bumbunya terserap dengan benar dan tidak gosong. Jika tidak, maka akan menyebabkan daging hancur sebelum matang. Penggunaan api kecil juga berlaku jika kamu memasak olahan tumisan. Jika tumisan kamu telah mendidih setelah diberi bumbu, kamu harus mengubah api nya menjadi api kecil dan mengumpulkan tumisan ke tengah wajan untuk memberikan resapan bumbu yang maksimal.

Cara memasak dengan api besar dibutuhkan untuk jenis-jenis masakan ini

Lalu untuk penggunaan api yang besar biasanya digunakan untuk menghasilkan olahan  yang berbentuk goreng-gorengan yang renyah seperti kentang goreng, ayam kentucky, ikan goreng. Biasanya, makanan-makanan yang menggunakan api besar akan mendapatkan tekstur yang renyah diluar dan lembut didalam. Jika kamu menggunakan api besar, minyak goreng akan menjadi lebih cepat memanas, untuk itu kamu harus berhati-hati saat ingin memasukan olahan ke dalam wadah penggorengan supaya olahan kamu tidak gosong.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Dapur Mungil Ini Bikin Rumah Kecil Jadi Gak Membosankan

Penggunaan api kecil dan api besar dalam memasak kue

Beda hal nya saat kamu memasak kue. Penggunaan besar kecilnya api saat memasak kue sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dari kue yang kamu masak. Untuk itu, saat memasak kue kamu harus lebih berhati-hati untuk penggunaan apinya. Pertama biasanya kamu harus memanaskan wadah yang akan digunakan untuk memasak kue dengan menggunakan api sedang. Setelah wadah menghasilkan uap kamu harus mengubah apinya menjadi lebih kecil dan masukkan olahan kue yang ingin dimasak.

Jadi jangan sampai keliru lagi kapan harus menggunakan api kecil dan kapan harus menggunakan api besar. Jangan sampai makanan kamu jadi kacau karena salah menggunakan apinya ya!

Bagikan:
3208 kali