Lantaran posisinya seringkali berada di bagian belakang rumah, banyak yang menganggap bahwa tak perlu memiliki desain dapur yang cantik.

Dapur kerap menjadi bagian rumah yang kurang diperhatikan. Padahal jika dapur di rumah didesain dengan baik, fungsinya bisa bertambah loh. Bukan sekadar buat memasak, dapur juga bisa dijadikan tempat bercengkrama bersama keluarga, sehingga meningkatkan kadar keakraban.

Tapi bagaimana kalau luas ruangan dapurmu terbatas? Tenang, dengan pemilihan desain dapur yang tepat, dapur mungil di rumah kecilmu pun tetap bisa menjadi nyaman. Sebab, bukan hanya desain dapur secara keseluruhan, tapi juga pemilihan dekorasi yang mengambil andil untuk membuat dapur terlihat cantik dan menarik. Buat kamu yang butuh inspirasi, silakan contek desain dapur mungil berikut ini!

Bermain dengan warna mencolok

desain dapur - rumah123.com Sumber: Pinterest

Dominasi warna putih dan warna kayu memang bisa menciptakan kesan bersih dan hangat. Tapi bagaimana jika kamu bermain dengan warna-warna berani seperti kuning dan hijau neon seperti gambar di atas? Pastinya dapurmu menjadi lebih hidup. Begitu juga dengan  kondisi hati penghuninya!

Baca juga: Tips Desain: 3 Keunggulan Lantai Kayu Saat Dipasang di Area Dapur

Manfaatkan area di bawah tangga

desain dapur - rumah123.com Sumber: Pinterest

Tak punya cukup area untuk membangun dapur cantik? Daripada cuma jadi tempat penyimpanan barang, manfaatkan ruang kosong di bawah tangga untuk disulap menjadi dapur. Tapi, supaya gak menimbulkan kesan gelap dan kotor, pastikan untuk memberi pencahayaan yang cukup ya jika kamu memilih desain satu ini.

Warna monokrom untuk kesan bersih

Apalagi warna yang sering digunakan di rumah minimalis kalau bukan warna hitam, putih, dan abu-abu? Hampir semua rumah minimalis menggunakan perpaduan warna monokrom. Bukan tanpa alasan, ketiga warna tersebut memang bisa menciptakan kesan modern dan bersih. Selain bermain pada warna dinding, kamu juga bisa mempertegas warna monokrom pada dapurmu dengan menambahkan peralatan dapur yang memiliki warna senada.

Baca juga: Tips Dapur yang Nyaman Buat Masak

Bermain motif pada dinding dan lantai

desain dapur - rumah123.com

Buat kamu yang gak suka main aman, tapi takut untuk menghadapi banyak perubahan, desain satu ini cocok untukmu. Dominasi warna putih pada dinding dan furniture punya konsep yang sama dengan rumah minimalis kebanyakan. Tapi supaya gak membosankan, kamu bisa bermain dengan motif pada area lantai, dan salah satu bagian dinding.

Perpaduan warna yang konsisten

desain dapur - rumah123.com

Punya satu warna yang benar-benar kamu sukai? Biar makin betah di dapur, coba padukan satu warna tersebut secara konsisten di rumahmu! Seperti gambar di atas, unsur warna merah mencolok menghiasi gelas, pisau, panci, hingga botol cuci tangan.

Minimalisir kabinet, ganti dengan rak terbuka

desain dapur - rumah123.com

Penggunaan kabinet tertutup hanya membuat dapur mungilmu terasa makin sempit. Supaya lebih lega, kamu bisa mengganti kabinet dengan rak terbuka. Bukan cuma membuat kesan lapang, kamu juga bisa semakin mudah untuk mencari peralatan dapur. Pastikan kamu rajin menyusun barang di rak supaya tetap terlihat rapi ya!

Meja makan lebar dan fungsional

desain dapur - rumah123.com

Mungkin sebagian besar dari kamu merasa meja di atas terlalu lebar dan membuat ruangan semakin terlihat sempit. Tapi jika dilihat lagi, meja tersbut sangat fungsional loh. Kamu bisa memanfaatkan meja tersebut untuk menyiapkan bahan makanan. Setelah selesai, fungsinya berubah sebagai meja makan!

Dapur menyatu dengan taman belakang

desain dapur - rumah123.com

Sulap dapur kecilmu menjadi luas dengan desain dapur seperti di atas. Buat pintu transparan yang menyambungkan area dapur dan meja makan ke area taman. Dengan begitu, asap yang muncul setelah memasak bisa langsung keluar ke luar dan gak tertahan di dalam rumah.

Nah, desain dapur mana yang menjadi favoritmu? Yang manapun itu, jangan lupa untuk siapkan bujetnya ya kalau kamu mau merenovasi dapurmu!
Bagikan: 6107 kali