Memasak merupakan kegiatan yang nggak gampang dilakukan. Apalagi jika kamu harus memasak sepulang kerja dan baru saja melewati hari yang melelahkan. Ditambah, kamu harus memasak untuk banyak orang! Sesuka apapun kamu dengan masak, tentu kamu tetap bisa stress sendiri jika melakukannya dalam kondisi yang tak menyenangkan. Untungnya, ada banyak peralatan dapur yang bisa membuat proses masak memasak makin gampang. Nah, jika kamu cukup sibuk, atau nggak mau repot ketika memasak, maka wajib punya 11 peralatan dapur berikut ini!

Food chopper

Food chopper - Rumah123.com Food chopper - Rumah123.com

Mencincang bahan makanan merupakan hal paling merepotkan dan memakan waktu dalam memasak. Untungnya, ada food chopper, sehingga mencincang bahan makanan dan menghaluskan bumbu dapur menjadi mudah. Food chopper ada tiga jenisnya, dengan tali penarik, handle yang diputar, dan tombol yang ditekan. Kamu tinggal memasukkan bahan makanan yang hendak dicincang, dan bahan makanan pun akan terpotong dengan mudah dan cepat. 

Chef’s Knife

Chef's knife - Rumah123.com Chef's knife - Rumah123.com

Hampir setiap kegiatan di dapur memerlukan pisau. Jika kamu memilih pisau abal-abal, tentu proses memasak menjadi semakin susah. Bukan cuma itu, pisau abal-abal juga cenderung tak awet sehingga pada akhirnya kamu harus membeli lagi yang baru. Kamu bisa membeli chef’s knife atau pisau koki dengan berbagai merek. Memang, dibandingkan pisau biasa, chef’s knife termasuk peralatan dapur yang mahal. Tapi dengan kualitas yang sebanding, kamu akan merasakan kemudahan saat memasak!

Talenan warna-warni

Talenan warna-warni - Rumah123.com Talenan warna-warni - Rumah123.com

Kamu pasti sudah punya paling tidak satu talenan di rumah. Tapi, tahukah kamu bahwa talenan ada banyak jenisnya? Setiap jenis biasanya dibedakan berdasarkan warna. Beda warna, beda pula fungsinya. Terdapat enam kode warna talenan pada dapur internasional.

Warna merah untuk memotong daging, warna hijau untuk memotong sayuran atau buah, warna biru untuk memotong seafood, warna kuning untuk memotong makanan yang siap dihidangkan, warna putih untuk memotong dairy product, dan warna cokelat untuk memotong sayuran berukuran panjang. Selain lebih mudah untuk memotong, talenan warna-warni juga berfungsi untuk menghindari bakteri yang dibawa bahan makanan tersebut. 

Spatula silikon

Spatula silikon - Rumah123.com Spatula silikon - Rumah123.com

Spatula berbahan dasar silikon lebih unggul dibandingkan spatula dengan bahan lainnya. Spatula silikon tahan terhadap panas, bahkan pada suhu yang lebih tinggi dari 315 derajat celcius. Spatula silikon juga anti lengket dan memiliki warna yang beragam. Yang lebih menyenangkan lagi, spatula satu ini sangat gampang dibersihkan!

Baca juga: 7 Cara Aneh Membersihkan Dapur yang Terbukti Berhasil

Mandolin (parutan sayur)

Mandolin (pemotong sayur) - Rumah123.com Mandolin (pemotong sayur) - Rumah123.com

Apabila kamu baru mulai belajar masak, salah satu bagian tersulit adalah memotong atau memarut sayur. Kamu bisa membuatnya jauh lebih mudah dengan menggunakan mandolin atau alat pemotong sayur. Biasanya mandolin dijual satu set dengan berbagai jenis pisau beserta wadah untuk hasil sayur yang telah dipotong. Setiap pisau menghasilkan potongan yang berbeda-beda bentuknya. Kamu cukup menggeser-geser alatnya, dan sayur pun terpotong dengan mudah!

Garlic press 

Garlic press - Rumah123.com Garlic press - Rumah123.com

Siapa di sini yang tak suka memotong bawang? Mungkin hampir sebagian besar dari kamu tak suka! Untungnya, ada alat yang bernama garlic press alias alat penghalus bawang, sehingga kamu tak perlu lagi berurai air mata membuat bawang utuh menjadi halus. Walaupun bernama garlic press, peralatan dapur satu ini tak cuma untuk bawang putih saja loh. Kamu juga bisa menghaluskan bawang merah menggunakan alat ini.

Baca juga: Mau Punya Desain Dapur yang Kekinian di Tahun 2020? Ini Tips-nya!

Lemon squeezer 

lemon squeezer - Rumah123.com lemon squeezer - Rumah123.com

Memeras lemon atau jeruk dengan alat pemeras standard biasanya meninggalkan biji pada air yang telah diperas. Kamu pun masih harus membuang biji yang terdapat di dalam air perasan tersebut. Makan waktu lagi kan? Supaya gampang dan cepat, gunakan alat lemon squeezer!

Sendok takar

sendok takar - Rumah123.com sendok takar - Rumah123.com

Ketika membuat kue, takaran bahan-bahan harus sesuai dengan instruksi. Lebih atau kurang sedikit saja, kue bisa gagal. Daripada kamu kesulitan mengira-ngira, dan pada akhirnya merusak rasa serta bentuk kue, lebih baik gunakan sendok takar.

Food processor

Food processor - Rumah123.com Food processor - Rumah123.com

Food processor merupakan peralatan dapur multifungsi yang akan mempermudah kamu menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.

Bagikan: 892 kali