transjakarta parkir sepeda- rumah123.com Ilustrasi Parkir Sepeda. Operator Transjakarta Akan Menyediakan Parkir Sepeda. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sedang Gencar Menyediakan Lahan Parkir Sepeda dan Jalur Khusus Sepeda (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transjakarta akan menyediakan lahan parkir untuk para pengguna sepeda. Kabar gembira bagi kamu yang bisa mengendarai sepeda untuk beraktivitas.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta sudah meminta operator BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta, PT Transjakarta untuk menyiapkan dan menyediakan tempat parkir sepeda di halte-halte Transjakarta.

“Transjakarta kan rencana di setiap halte kita akan pasang juga untuk tempatnya. Mereka (PT Transjakarta) harus menyiapkan itu (tempat parkir sepeda),” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo seperti dilansir oleh laman berita online Kompas.com.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terkoneksi dengan LRT Jabodebek, Transjakarta, dan LRT Bandung

Rencana menyiapkan tempat parkir sepeda ini memang bertujuan untuk mendukung program Jakarta Ramah Bersepeda. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menggagas program ini.

Syafrin melanjutkan kalau seiring dengan program Jakarta Ramah Bersepeda ini, Pemprov DKI mendorong adanya upaya menyiapkan parkir sepeda di halte dan stasiun transportasi massal.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga meminta tempat parkir sepeda dilengkapi dengan papan informasi. Hal ini akan mempermudah penumpang yang ingin memarkir sepeda dan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan Transjakarta.

Baca juga: Transjakarta Tambah 46 Rute Baru Pada Perluasan Kawasan Ganjil Genap

Laman berita online Tempo.co menyitir pernyataan Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo kalau ada sepuluh lokasi parkir sepeda dekat halte bus.

Transjakarta memiliki dua rencana awal dalam mendukung program ini. Selain membuat lokasi parkir sepeda, Transjakarta juga berencana memasang rak sepeda pada bus.

Parkir Sepeda di Halte Atau Stasiun Transportasi Umum

Rencana untuk menyiapkan dan menyediakan tempat parkir sepeda di halte atau stasiun transportasi umum atau transportasi massal memang sedang dilakukan.

Sebelumnya, operator MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) Jakarta fase I Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia yaitu PT MRT akan menyediakan tempat parkir pada stasiun layang. Penyediaan lahan lebih mudah dibandingkan di stasiun bawah tanah.

Selain itu, operator Transjakarta dan juga pengelola KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line juga diharapkan melakukan hal serupa. Mereka bisa menyediakan lahan parkir.

Baca juga: Transjakarta Operasikan Bus Gratis di Kawasan Stadion Gelora Bung Karno

Sementara untuk LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) memang belum ada rencananya. LRT Jakarta belum beroperasi, sementara LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi) masih dikerjakan. LRT Jabodebek baru beroperasi pada 2021 mendatang.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Uji Coba Tiga Jalur Sepeda

Pemprov DKI Jakarta akan menguji coba tiga jalur sepeda di ibu kota. Uji coba fase satu dilakukan pada rute sepanjang 25 kilometer pada 20 September hingga 19 November 2019. Rute adalah Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan MH Thamrin - Jalan Imam Bonjol - Jalan Pangeran Diponegoro - Jalan Proklamasi - Jalan Pramuka - Jalan Pemuda.

Uji coba fase kedua dilakukan pada rute sepanjang 23 kilometer. Uji coba dilakukan pada 12 Oktober hingga 19 November 2019. Rutenya adalah Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Panglima Polim - Jalan RS Fatmawati.

Terakhir adalah fase ketiga memiliki rute sepanjang sekitar 18 kilometer. Uji coba dilaksanakan pada 2-19 November 2019. Rutenya adalah Jalan Tomang Raya - Jalan Cideng Timur - Jalan Kebon Sirih - Jalan Matraman Raya - Jalan Jatinegara Barat - Jalan Jatinegara Timur.

Baca juga: LRT Jakarta Resmi Terintegrasi dengan Transjakarta Koridor 4

Bagikan: 319 kali