transjakarta- rumah123.com Ilustrasi Bus Tingkat. PT Transjakarta dan Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno Bekerja Sama untuk Menghadirkan Bus Wisata Berupa Bus Tingkat di Area Gelora Bung Karno (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transjakarta mulai mengoperasikan bus gratis di kawasan Stadion Gelora Bung Karno. Bus ini membantu masyarakat yang ingin berkeliling area stadion.

Operator BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menghadirkan bus Transjakarta yang beroperasi di kawasan area Stadion Utama Gelora Bung Karno (Stadion GBK).

Transjakarta menjalin kerja sama dengan manajemen Stadion Utama GBK untuk mewujudkan hal ini. Kedua pihak menandatangani nota kesepahaman bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional pada Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Transjakarta Tambah Angkutan Mikrotrans Hingga 1.441 Armada

Kesepakatan ini menghadirkan fasilitas yang memudahkan pengunjung yang ingin berkeliling di dalam era GBK yang cukup luas. Manajemen kedua perusahaan hadir dalam acara tersebut.

“Untuk itu hari ini, kami menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) untuk menyediakan pelayanan kepada masyarakat, berupa transportasi gratis menggunakan Bus Wisata Transjakarta di dalam kawasan GBK tanpa mengurangi aspek kenyamanan masyarakat yang sedang beraktivitas di dalamnya,” ujar Pelaksana Tugas Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK (Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno) Agus Trisyuwanto seperti dikutip oleh media online Merdeka.com.

“Dengan berbagai moda transportasi yang kami kelola, khususnya penyediaan bus wisata gratis kami bangga dapat bekerja sama dengan manajemen GBK dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat akan transportasi, khususnya bagi mereka yang akan berkunjung ke kawasan GBK,” kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono.

Baca juga: LRT Jakarta Resmi Terintegrasi dengan Transjakarta Koridor 4

PT Transjakarta merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, sedangkan PPKGBK adalah lembaga yang berada di bawah Menteri Sekretaris Negara.

Transjakarta dan PPKGBK mempunyai visi yang sama untuk menghubungkan kehidupan Jakarta dan memiliki misi yang sama yakni bekerja sama menyediakan layanan transportasi terintegrasi. Hal ini diharapkan bisa memudahkan dan membahagiakan kehidupan warga Jakarta.

Transjakarta Telah Kelola Sejumlah Bus Wisata

Sebelumnya, Transjakarta telah mengelola sejumlah bus wisata. Menurut laman resmi perusahaan, Transjakarta.co.id, ada 22 bus yang beroperasi di tujuh rute bus wisata.

Masyarakat bisa menggunakan bus gratis sebagai sarana transportasi mengunjungi sejumlah tempat. Bus ini menelusuri sejumlah ikon kota Jakarta.

Tujuh rute bus wisata dari Transjakarta ini adalah sejarah Jakarta, Jakarta modern, kesenian dan kuliner, pencakar langit, ruang terbuka, cagar budaya Jakarta, serta belanja Jakarta.

Jadwal Bus Wisata Gratis di Gelora Bung Karno

Bus wisata dari Transjakarta ini beroperasi di kawasan Gelora Bung Karno dari Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00 hingga 19.00 WIB (Waktu Indonesia Barat). Jadwal untuk Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 19.00 WIB, sedangkan Ahad mulai pukul 12.00 hingga 19.00 WIB.

Masyarakat bisa menggunakan bus ini secara gratis. Agus menyatakan bahwa pihaknya ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dia berharap kerja sama ini bisa berjalan lancar. Agus juga berharap kalau Gelora Bung Karno bisa menjadi sarana publik yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Bus wisata ini menggunakan bus double decker atau bus tingkat. Penggunaan bus ini diharapkan bisa memberikan pengalaman bagi penumpang yang menaikinya.

Transjakarta merencanakan kalau nantinya bus ini bisa melewati Ring Road SUGBK. Meski beroperasi dalam kawasan, operator berupaya untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat yang melakukan aktivitas di kawasan stadion.

Baca juga: Demi Keamanan, Bus Listrik Transjakarta Akan Dibuat Berisik

Bagikan: 719 kali