Mau menciptakan nuansa hijau di rumah? Tanaman pagar ini patut untuk dicoba kamu yang suka dengan konsep natural. Yuk, dicoba!

Lantaran lahan semakin sempit dan mahal, hampir semua rumah di daerah kota mengusung konsep minimalis. Buat kamu yang suka dengan konsep rumah natural dan hijau, mungkin akan kesulitan untuk membuat taman di rumah karena lahan yang terbatas.

Tapi, bukan berarti kamu tak bisa menciptakan nuansa hijau sama sekali. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkannya. Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan membuat tanaman pagar. 

Tak semua tanaman cocok untuk menjadi tanaman pagar

Sebelum membuat tanaman pagar, kamu harus tahu bahwa tak semua cocok dijadikan pagar hidup. Apalagi jika kamu ingin membuat pagar hidup secara keseluruhan, bukan hanya menjadikannya sebagai hiasan pagar besi atau beton. Untuk itu, ketahui dulu tanaman seperti apa yang cocok untuk dijadikan pagar?

Tanaman pagar teh-tehan

Acalypha siamensis atau yang lebih dikenal dengan tanaman teh-tehan memiliki bentuk yang mirip dengan tanaman teh. Tapi sebenarnya keduanya memiliki jenis yang berbeda. Teh-tehan sering dianggap paling sesuai untuk dijadikan pagar karena bentuk daunnya akan membentuk rumpun yang rapat sehingga menghalau pandangan dari luar. 

Baca juga: 9 Desain Akuarium Unik untuk Kamu Pecinta Ikan Hias!

Tanaman pagar sinyo nakal

Sinyo nakal juga dikenal sebagai tanaman hias yang populer di daerah beriklim hangat sepanjang tahun. Tanaman yang memiliki nama latin duranta erecta ini tak butuh perhatian banyak karena bisa tumbuh optimal dengan sendirinya. Tapi lantaran pertumbuhannya sangat cepat, Sinyo Nakal bisa membentuk semak tebal tak beraturan. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan pemangkasan secara rutin.

Tanaman pagar bunga asoka

Tanaman asoka berasal dari India dan dianggap sebagai tanaman suci oleh agama Hindu. Asoka dipercaya bisa menghilangkan kesedihan karena keindahan dan warnanya yang cerah. Tanaman dengan nama latin Ixora paludosa ini masuk ke dalam kelompok tanaman perdu atau tanaman dengan ketinggian di bawah 6 m (20 kaki). 

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Obat Penuh Manfaat yang Mudah Ditanam Sendiri di Rumah

Tanaman pagar beluntas

Beluntas dikenal sebagai tanaman herbal. Tapi selain itu, Beluntas juga bisa jadi pagar. Sebab, tingginya bisa mencapai 3 meter jika tak dipangkas. Agar tampak rapi ketika dijadikan pagar, lakukan pemangkasan selama satu bulan sekali. 

Tanaman pagar bunga sepatu

Sebagian besar dari kamu pasti pernah mendengar jenis tanaman satu ini. Di Okinawa, Jepang, tanaman ini digunakan sebagai pagar. Bentuknya yang unik seperti terompet lah yang membuat tanaman ini terkenal. 

Itu dia jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan pagar. Kira-kira kamu lebih memilih pagar minimalis dari besi atau beton, atau justru memilih pagar hidup dari tanaman seperti ini?

Bagikan: 4951 kali