Gaya hidup sehat seringkali dikaitkan dengan bujet yang mahal. Catering makanan sehat, pergi ke gym, hingga mengunjungi dokter gizi, semua itu pastinya membutuhkan biaya yang besar kan?

Wah kalau begini, pola hidup yang sehat tentu tak cocok dong untuk anak kos? Daripada untuk menjalani hidup sehat, bukannya lebih bijak jika uangnya dialokasikan untuk bayar sewa kos? 

Tentu saja pemikiran tersebut salah besar. Siapa bilang punya gaya hidup sehat itu butuh modal mahal? Justru dengan menjalani gaya hidup tersebut, kamu bisa lebih hemat lho. Yang penting, kamu harus pintar untuk mencari cara yang tepat. Langsung saja, untuk kamu para anak kos yang mau hidup sehat tanpa melarat, langsung baca artikel ini sampai habis!

Jalan kaki untuk menempuh jarak pendek

Apakah kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk? Hati-hati, kurang bergerak merupakan salah satu pemicu utama buruknya kesehatan. Untuk itu, tambahkan porsi gerakmu dengan berjalan kaki. Misalnya kamu tinggal di rumah kos di belakang kantor. Apabila selama ini kamu menggunakan transportasi online menuju kantor, mulailah untuk berjalan kaki setiap harinya. Selain bisa menyehatkan tubuh, kamu juga bisa menghemat pengeluaran lho dengan cara ini!

Baca juga: Bukan Makan Junk Food, Ini 5 Cara Menambah Berat Badan Secara Sehat

Lari gratis di taman jogging dan unduh aplikasi olahraga

Siapa bilang olahraga hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran? Kamu juga bisa kok memanfaatkan komplek rumah kos untuk jogging. Jika memang tidak memungkinkan, kamu bisa pergi ke taman kota. Saat ini sudah banyak sekali taman jogging yang memadai untuk digunakan berolahraga. Misalnya Gelora Bung Karno, Taman Suropati, Kawasan Epicentrum, dan masih banyak lainnya. Ditambah lagi, banyak sekali aplikasi olahraga bertebaran yang bisa membantumu untuk berolahraga sendiri di rumah. 

Selalu bawa tumblr berisi air kemana-mana

Mungkin terkesan sepele, tapi coba deh hitung kembali, berapa banyak uang yang keluar untuk membeli minuman kemasan? Selain lebih boros, kamu juga tak turut serta dalam mengurangi sampah plastik di bumi. Untuk itu, coba bawa sendiri botol minum milikmu kemana-mana. Mau lebih hemat lagi? Isi ulang air minum-mu dari dispenser kantor!

Masak sendiri dan bawa bekal

Membeli makan di luar tentu jauh lebih mahal daripada membawa bekal sendiri. Belum lagi, kamu tak tahu apakah makanan yang dijual sehat atau tidak. Beli rice cooker multifungsi agar kamu bisa memasak berbagai jenis makanan. Jika kamu kehabisan ide menu makanan, intip saja resep-resep masakan sehat melalui online. 

Baca juga: Tanpa Alat! Ini Jenis Olahraga Rumahan yang Cepat Turunkan Berat Badan

Beli buah sesuai musim

Mengkonsumsi buah dan sayur memang sehat dan bergizi. Tapi ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bersifat musiman. Dan ketika kamu mencari buah tersebut di luar musimnya, harga buah bisa dua kali lipat lebih mahal. Untuk itu, cari buah yang tak bersifat musiman, atau yang memang sedang berada dalam musimnya. 

Bagikan: 1635 kali