Cara menambah berat badan dengan makan junk food merupakan cara yang salah. Lalu seperti apa cara yang tepat?

cara menambah berat badan - rumah123.com

Banyak orang yang mengira bahwa menambah berat badan jauh lebih mudah ketimbang menurunkannya. Cukup dengan makan junk food, makanan manis, minum minuman bersoda, berat badan pun bisa dengan mudah bertambah.

Tapi tentu saja, cara tersebut merupakan cara yang salah. Alih-alih berat badan bertambah, yang terjadi malah perutmu akan membuncit, dan metabolisme tubuhmu akan lambat. Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, bisa-bisa kamu terkena obesitas. 

Cara menambah berat badan dengan sehat 

Untuk itu, kamu harus tahu cara menambah berat badan dengan sehat. Penasaran seperti apa caranya? Langsung saja, baca artikel di bawah ini! 

Kurangi waktu tidurmu

Ternyata terlalu banyak tidur bisa membuat kamu kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Jika selama ini kamu selalu tidur 8 jam sehari, kamu bisa mengurangi waktu tidurmu. Tapi bukan berarti menguranginya dengan ekstrem ya. Pastikan waktu tidurmu masih dalam porsi yang cukup. Misalnya dari 8 jam, dikurangi menjadi hanya 6 jam. Ketika tubuhmu merasa kurang tidur, nafsu makan pun otomatis bertambah. Inilah yang membuat nantinya semakin banyak kalori yang masuk ke tubuhmu, sehingga berat badan pun akan bertambah.

Rutin berolahraga

Lantaran bisa membakar lemak, olahraga identik dengan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mereka yang ingin turun berat badan. Padahal, nggak melulu seperti itu. Apabila kamu mendambakan tubuh atletis, atau ingin membentuk otot, maka olahraga adalah jalan satu-satunya. Beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan misalnya berenang, bersepeda, dan angkat beban. 

Perbanyak camilan sehat

Ngemil memang bikin berat badan naik. Tapi supaya bisa naik dengan sehat, pilihlah makanan yang kandungan nutrisinya tinggi. Misalnya seperti buah-buahan, sandwich, roti, susu, kacang, dan keju. Hindari camilan yang tinggi lemak namun tak memiliki banyak nutrisi seperti keripik kentang, soda, permen, atau makanan kemasan lainnya.

Tambah ekstra topping dan ekstra porsi setiap makan

Menambah porsi makan adalah salah satu cara menambah berat badan paling efektif. Namun apabila kamu sudah terbiasa dengan waktu makan yang hanya dua kali atau tiga kali sehari, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menambah ekstra toppin atau ekstra porsi setiap makan. Misalnya ketika makan pasta, tambah topping keju menjadi double. Atau perbanyak jumlah makanan yang kamu makan dalam satu waktu.

Tak perlu suplemen, pilih makanan yang kaya protein

Tak jarang orang yang minum suplemen tambahan untuk meningkatkan berat badan. Tapi, apakah suplemen benar-benar efektif? Suplemen memang mampu membantu program kenaikan berat badanmu karena  berfungsi sebagai tambahan produk diet yang kaya akan protein. Namun akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan makanan tinggi protein. Misalnya seperti rebusan putih telur atau dada ayam.

 
Bagikan: 951 kali