Mulai terganggu dengan kehadiran laron di rumah? Ini cara gampang untuk mengusirnya!

Cara mengusir laron ini dianggap ampuh - Rumah123.com Cara mengusir laron ini dianggap ampuh (Rumah123.com/Getty Images)

Saat musim penghujan tiba, seolah menjadi pemandangan yang biasa laron-laron berdatangan menyerbu sumber cahaya di rumah. Walaupun tak berbahaya, bunyi dengung dan sayap laron yang beterbangan kerap mengganggu. Biasanya ketika laron mulai menyerbu, yang dilakukan adalah mematikan lampu. Pasalnya, laron hanya akan mendekati sumber cahaya. 

Namun cara tersebut kerap dianggap tak efektif karena hunian menjadi gelap. Kamu tentu membutuhkan keberadaan lampu kan? Kamu gak perlu panik. Masih ada kok cara mengusir laron yang terbukti ampuh. Seperti 5 cara di bawah ini misalnya:

Gunakan ember yang diisi air

Laron sangat menyukai sumber cahaya. Alih-alih mematikan lampu, kamu bisa menambah sumber cahaya lain di luar rumah. Caranya, siapkan ember berisi air. Letakkan lampu kecil atau senter di dekat ember berisi air. Nantinya, mereka akan mendekati cahaya tersebut dan terperangkap di dalam air tersebut. Mereka pun akan berjatuhan ke dalam air, bukan ke lantai.

Iris cabai merah

Selain berguna untuk bahan masakan, cabai merah juga efektif untuk mengusir beberapa jenis serangga, salah satunya laron. Aroma cabai merah sangat pedas menyengat dan membuat laron tak kuat. Coba iris cabai merah dan gantungkan di area sekitar lampu. Dijamin, laron tak akan mendekat walau ada sumber cahaya sekalipun. 

Menggunakan lampu anti laron

Kamu tak perlu mematikan lampu rumah. Cukup gunakan lampu anti laron yang memanfaatkan cahaya ultraviolet ini. Laron pun akan mendekati sumber cahaya dari lampu tersebut. Setelah laron hinggap, maka cahaya panas yang berasal dari lampu akan mematikan laron.

Semprotkan obat insektisida

Seperti layaknya membunuh serangga lain, laron juga bisa dibasmi dengan menyemprotkan insektisida. Cukup beli obat serangga merek apapun di supermarket, dan semprotkan langsung insektisida pada laron yang beterbangan. Tunggu beberapa saat hingga laron tersebut mati dengan sendirinya.

Basmi dari sarang

Laron adalah rayap dewasa yang memiliki sayap. Biasanya di dalam rumah, tak kamu sadari rayap muncul dari dinding yang mulai keropos, atau kayu dari lemari yang lembab. Sama seperti serangga lainnya, laron merupakan jenis yang berkembang biak dengan cepat. Untuk itu, ketika kamu tahu ada tempat yang kemungkinan menjadi tempat berkembangnya rayap, segera basmi menggunakan cara-cara di atas. 

 

Bagikan: 5335 kali