Ternyata, cara menanam cabe itu mudah dan bisa dilakukan sendiri loh di rumah!

cara menanam cabe - rumah123.com

Cabe, sepertinya sudah menjadi bumbu dapur yang wajib ada di setiap masakan Indonesia. Ketika makan tanpa cabe, rasanya seperti ada yang kurang kan? Tapi sayangnya, harga cabe sering sekali mengalami fluktuasi yang tinggi. Karena hal ini, terpaksa penggunaan cabe harus dikurangi, sehingga rasa masakan pun jadi kurang nikmat. 

Sebagai solusinya, kamu bisa coba menanam cabe di rumahmu sendiri. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi membeli cabe, melainkan tinggal memetiknya ketika dibutuhkan! Nah, di artikel ini, Rumah123 akan memberikan cara menanam cabe yang paling mudah, dan tentu saja dengan cara ini, tanaman cabe sudah pasti berbuah. Kamu pun bisa langsung mencobanya di rumah! 

Pemilihan bibit cabe

cara menanam cabe - rumah123.com

Dalam memilih bibit cabe, kamu bisa membeli benihnya di toko tanaman, atau menggunakan buah cabe yang tersedia di pasar. Biasanya toko tanaman yang menjual bibit, mengharuskan konsumen untuk membeli dalam skala besar. Cara kedua lebih cocok dipilih untuk kamu yang mulai menanam dengan skala kecil.

Apabila kamu memilih cara yang kedua, pastikan bahwa kamu memilih cabe yang masih segar. Untuk menentukannya, kamu bisa melihat bagian kulit cabe. Cabe yang segar kulitnya tidak keriput, bersih, dan cerah. Menentukan bibit cabe yang tepat sangat berguna untuk menghasilkan cabe rawit yang baik. Maka dari itu, jangan sampai salah ya!

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Sedang Populer di Kalangan Pecinta Berkebun

Penyemaian bibit cabe

Setelah mengumpulkan bibit cabe menjadi satu,  hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah penyemaian. Pertama-tama, siapkan tempat yang memberikan perlindungan bagi bibit supaya tak terkena sinar matahari, air hujan, dan angin kencang secara langsung. Kamu bisa menggunakan polybag berukuran 5 x 10 cm.

Lalu, siapkan media penyemaian berupa campuran tanah, arang sekam, dan pupuk kompos dengan komposisi perbandingan 1:1:1. Isi polybag menggunakan media penyemaian hingga ¾ dari polybag tersebut. Kemudian masukkan bibit cabe yang telah direndam dengan air hangat selama 3 jam. Setelah itu, masukkan bibit ke dalam polybag 1 cm dalam tanah. Tunggu hingga bibit berkecambah. 

Baca juga: Vertikal Garden, Solusi Bercocok Tanam untuk Rumah dengan Lahan Terbatas

Persiapan lahan

cara menanam cabe - rumah123.com

Siapkan lahan yang lebih besar, bisa dalam pot atau lahan yang ada di rumah. Hal ini menjadi salah satu cara menanam cabe yang penting karena bibit akan berkecambah. 

Pemindahan bibit

Ketika bibit mulai berkecambah, pindahkan cabe ke pot, atau halaman rumahmu. Supaya gampang, kamu bisa mencopot polybag dan memasukkan seluruh tanah ke dalam lubang tanam. Hati-hati dalam melakukan proses ini ya, jangan sampai merusak perakarannya.

Pemupukan cabe

Proses selanjutnya adalh menggemburkan lahan dan memberikan pupuk. Berikan pupuk NPK, atau pupuk organik setiap bulannya, jika kamu memang mau menanam cabe secara organik. Kompos juga diperlukan ketika tanaman akan berbuah. Jangan lupa juga untuk menyiraminya secara rutin ya!

Panen

cara menanam cabe - rumah123.com

Setelah melalui sejumlah cara menanam cabe seperti di atas, kamu tinggal menunggu waktu panen. Tanaman cabe rawit akan mulai mengeluarkan buahnya ketika telah memasuki umur 3 bulan dan proses pemanenan biasanya dapat dilakukan ketika memasuki umur 6 bulan, terkadang melebihi waktu 6 bulan. 

Setelah tahu cara menanam cabe, kamu berminat untuk coba nggak?

Mudah kan cara menanam cabe di atas? Dengan memiliki tanaman cabe sendiri di rumah, kamu nggak perlu keluar uang lagi deh untuk membeli cabe! Semoga artikel ini menginspirasi ya, dan jangan lupa untuk membaca artikel Rumah123.com lainnya!

Bagikan: 6743 kali