Ilustrasi Makanan (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Dinas Kesehatan Kota Depok menemukan bakteri escheria coli atau e-coli pada 34 jajanan sekolah di Depok, Jawa Barat. Saatnya, kamu semakin ketat dalam menerapkan hidup sehat dari rumah.

Kompas.com sempat melansir bahwa Dinas Kesehatan Depok sempat menemukan sejumlah jajanan sekolah yang terkontaminasi bakteri e-coli. Sebelumnya, ada penelitian terhadap jajanan yang ada di 40 sekolah di 11 kecamatan.

Berdasarkan sejumlah contoh makanan, ada 34 jenis makanan kesukaan anak-anak yang terkontaminasi bakteri e-coli, walapun kadarnya tidak banyak.

Baca juga: Tips Rumah Sehat: 7 Cara Bikin Rumah Kamu Terasa Lebih Sejuk

Meski begitu, kalau makanan tersebut dikonsumsi oleh anak-anak sekolah ketika daya tahan tubuh lemah, kontaminasi bakteri e-coli tersebut bisa menimbulkan penyakit. Salah satu penyakit yang bisa muncul karena bakteri ini adalah diare.

Idealnya, kadar bakteri e-coli dalam makanan atau minuman adalah nol. Namun, Dinas Kesehatan Depok menemukan makanan dan minuman jajanan sekolah mengandung bakteri e-coli di bawah 0,3 milimeter.

Buat kamu, mom and dad yang memiliki putra putri yang sudah bersekolah, biasakan untuk membawakan bekal untuk anak-anak. Luangkan waktu untuk membuat kudapan atau camilan sehat bagi putra putri.

Baca juga:  Tips Rumah Sehat: 8 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan Sekarang Juga

“Untuk orang tua agar dapat memantau anak-anaknya dalam membeli jajanan, dan diharapkan dapat membawa bekal masing-masing ke sekolah,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Depok, Erna seperti dikutip oleh Kompas.com.

Kamu juga harus menerapkan kebiasaan lainnya. Sudah banyak jajanan sekolah yang bersih. Jika kamu tidak sempat membuat kudapan sehat, bawakan wadah bersih untuk digunakan putra putri ketika jajan.

Makanan bisa saja bersih, namun kalau wadahnya terkontaminasi ya sama aja bohong. Nah, bawakan wadah plastik container yang bersih ya. Yuk, biasakan hidup sehat dari rumah.

Baca juga:  Tips Rumah Sehat: Cahaya Alami dan Lampu Bikin Rumah Jadi Lebih Sehat dan Bahagia

Bagikan: 531 kali