Keberadaan Rooftop Atau Taman Atap Bisa Membuat Hunian Menjadi Lebih Sejuk (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Kamu merasa rumah kurang adem. Banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah kamu tidak lagi terasa panas. Caranya mudah kok.

Kamu tidak perlu lagi menyalakan pendingin udara atau AC untuk menyejukkan ruangan. Situs properti Australia, Realestate.com.au memaparkan tujuh cara untuk membuat rumah tetap adem, sejuk, pokoknya nyaman deh.

Pertama, tanam pohon dan buat taman. Kamu bisa menanam pohon agar matahari tidak langsung masuk lewat jendela. Kamu dapat membuat taman vertikal di dinding. Keberadaan tanaman bisa menyejukkan karena membuat suhu sekitarnya turun lho.

Baca juga: Yuk, Bikin Taman dalam Rumah Biar Suasana Semakin Sejuk

Kedua, memasang kipas angin. Ketimbang kamu menyalakan AC, nyalakan saja kipas angin. Kipas angin bisa mengurangi udara yang panas.

Ketiga, memasang penutup atap seperti carport. Kamu bisa memasang fiberglass pada bagian luar rumah. Hal ini untuk mengurangi sinar dan panasnya matahari.

Keempat, mengganti tirai. Kamu bisa memasang tirai tipis yang menghalangi sinar langsung matahari. Kalau rumah kamu banyak memiliki jendela, hal ini berpengaruh besar karena bisa menurunkan suhu dalam rumah.

Baca juga:  Cara Agar Ruangan Bisa Sejuk Tanpa AC, Mau Coba?

Kelima, mengganti lis jendela. Kalau pilihan ini mungkin mengeluarkan lebih banyak biaya, namun tidak ada salahnya kalau bisa membuat rumah lebih adem dan sejuk.

Keenam, buka dan tutup jendela pada saat yang tepat. Kalau di luar rumah sangat panas, sebaiknya jangan membuka jendela, kecuali angin yang berhembus.

Udara panas di luar bisa masuk ke dalam rumah. Alhasil, rumah menjadi panas. Saat pagi, usahakan untuk membuka jendela agar udara sejuk di luar masuk ke dalam.

Baca juga:  Kehadiran Innercourt Bikin Hunian di Samanea Hills Jadi Lebih Sejuk

Ketujuh, membuat taman atap atau rooftop garden. Ini salah satu solusi jitu dalam menurunkan suhu di dalam rumah. Keberadaan taman atap tidak hanya mengurangi panas, tetapi juga bisa menjadi tempat kamu berkebun atau berkumpul bersama teman.

Bagikan: 921 kali