Foto: Rumah123/GettyImages
 

Menggunakan air conditioner (AC) di rumah buat kita yang tinggal di negeri beriklim tropis ini memang nyaman. Suhu ruangan tinggal diatur sesuai keinginan, sehingga kita ga kegerahan. Namun, kalau kamu ingin menghemat listrik atau mengurangi tagihannya, maka usahakan untuk bisa nyaman tanpa AC. Berikut selusin caranya yang mudah:

Pertama. Tempatkan kipas angin di bagian strategis rumah. Tahu ga kamu, sebuah kipas angin lebih efektif menyejukkan ketimbang ruangan yang luas.

Baca juga: Kalau Bisa Irit, Kenapa Harus Boros?

Kedua. Jika suhu di luar ruangan lebih sejuk dibandingkan dengan suhu di dalam ruang, maka bukalah jendela. Kemudian hidupkan kipas angin dengan kepalanya pada posisi ke arah luar rumah. Cara ini akan mendorong udara panas dari dalam ruangan mengalir ke luar rumah.

Ketiga. Taruh wadah atau mangkuk berisi air dingin atau handuk basah di depan kipas angin yang hidup. Cara ini bisa meningkatkan hawa sejuk.

Baca juga: Dinding Rumah Pake Gipsum, Bernilai Tambah bagi Penghuni Rumah

Keempat. Gunakan material katun 100 persen untuk perlengkapan kamar tidur, semisal untuk kain kasur, sprei, sarung bantal, gorden. Katun berserat natural dan bisa mengalirkan udara, berlawanan dengan material yang berbahan polyester atau flannel yang justru menahan panas.

Kelima. Kalau udara di luar tengah panas, tutup semua jendela dan pintu untuk menahan masuknya udara panas ke dalam rumah. Kamu bisa meletakkan beberapa pot tanaman di depan jendela untuk menyerap energi panas.

Keenam. Matikan lampu dan semua alat elektronik yang bisa memunculkan panas.

Bagikan: 11834 kali