Jangan Biarkan Lagi Cucian Piring Kotor Menumpuk Di Dapur (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Ga lama lagi 2018 bakal habis, 2019 sudah di depan mata. Ganti tahun, ganti juga dong kebiasaan. Apalagi kalau 2019 nanti kamu sudah menempati rumah baru. Saatnya, untuk hilangkan kebiasaan buruk untuk membuat rumah menjadi lebih sehat.

Situs properti Australia, Realestate.com.au memaparkan delapan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan segera. Ganti tahun jangan hanya ganti kalender dong, ganti juga kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik.

Pertama, pakaian kotor di lantai. Biasakan untuk langsung menaruh pakaian kotor di dalam keranjang pakaian. Kalau masih bersih, kamu bisa menggantungnya lagi. Kalau tidak ada pakaian kotor di lantai, maka rumah kamu akan terlihat rapi dan tidak berantakan.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: Kenalan Dulu Dong dengan Kutu Kasur

Kedua, tidak mematikan laptop atau komputer. Biasakan untuk mematikan laptop usai dipakai. Kamu bisa menghemat tagihan listrik.

Ketiga, membiarkan pintu dan jendela terbuka. Sebenarnya, hal ini bagus karena udara luar bisa masuk tetapi dengan catatan kamu mematikan pendingin udara, kalau tidak ya sama juga bohong. Pengeluaran listrik kamu akan naik. Biasakan mematikan AC sebelum membuka pintu dan jendela rumah.

Keempat, piring dan gelas kotor. Biasakan untuk mencuci gelas, piring, mangkok, peralatan makan, serta peralatan masak usai makan dan memasak. Jangan dibiarkan menumpuk. Kalau mencuci rutin, kamu tidak akan merasa berat untuk mencucinya.

Baca juga: Rumah Bersih Tanpa Asisten Rumah Tangga

Kelima, membiarkan taman tidak terawat. Biasakan untuk membuat jadwal membersihkan taman dengan menyapu dan memangkas daun. Jika tidak sempat, kamu bisa meminta tolong orang untuk membersihkannya. Jangan biarkan taman berubah menjadi hutan belantara.

Keenam, penggunaan peralatan rumah tangga yang berlebihan. Coba cari tahu peralatan rumah tangga mana yang menghabiskan listrik paling banyak. Ganti segera dengan peralatan yang hemat listrik. Kamu bakal menghemat tagihan listrik lho.

Ketujuh, membiarkan tong sampah dalam keadaan penuh. Biasakan memiliki beberapa tempat pembuangan sampah. Saat sampah di tong sampah kecil di dalam rumah mulai penuh, segera tempatkan di tong sampah di luar rumah. Tentunya agar petugas pengangkut sampah segera membawanya ketika datang.

Baca juga: Siapa Mau Punya Rumah Bersih dan Sehat?

Kedelapan, kebiasaan membuang makanan. Biasakan membeli makanan sesuai porsi. Jika ingin menyimpan, taruhlah di wadah yang tahan lama. Belajar untuk mengolah sampah makanan sendiri agar bisa menjadi pupuk.

Bagikan: 1013 kali