tinggal di depok atau tangerang

Bingung mau membeli rumah untuk tinggal di Depok atau Tangerang? Ini dia perbandingan keduanya secara komperhensif. Wajib baca sebelum beli!

Ngomong ngomong soal kenyamanan hidup, pasti tak terlepas dari demografis dan topografis suatu wilayah tersebut.

Keinginan dan kenyamanan tiap individu pasti berbeda beda, maka itu ada yang lebih nyaman tinggal di wilayah A, dan ada yang nyamannya tinggal di wilayah B, tergantung preferensi orang tersebut terhadap keadaan demografis dan topografis wilayahnya.

Nah,  untuk itu Rumah123 ingin mengulas dua kota penyangga Ibukota DKI Jakarta yaitu kota Depok dan kota Tangerang.

Khusunya untuk kamu yang mau beli rumah di kota penyangga namun bingung pilih daerah mana yang cocok buatmu.

Tinggal di Depok atau Tangerang? Sebelum memilih, yuk simak ulasan komprehensif berikut!

Perbandingan Tinggal di Depok dan Tinggal di Tangerang

Infrastruktur Jalan dan Penunjangnya

jalan di tangerang Sumber: Tribunnews.com

Untuk infrastruktur jalan, Kota Depok terasa agak kurang jika dibandingkan dengan Kota Tangerang.

Jalan yang ada di Depok masih banyak yang berukuran sempit dan tidak memiliki marka yang jelas sehingga kerap terjadi kemacetan di beberapa titik karena kendaraan yang mengantre secara semrawut.

Lampu penerang di kota Depok juga terasa minim, penerangan jalan di kota Depok hanya terfokus ke wilayah Margonda dan sekitarnya saja, masih banyak wilayah Depok yang tidak tercover lampu jalan sehingga kurang nyaman untuk dilewati di malam hari.

Sedangkan untuk infrastruktur jalan, Kota Tangerang memiliki jalan yang lumayan lebar dan kualitas jalan yang lumayan bagus.

Penerangan jalan di kota ini juga cukup memadai sehingga terasa nyaman dilewati di malam hari.

Kualitas Udara

iq air tangerang Sumber: Iqair.com

Kualitas udara juga menjadi faktor terbesar dalam kenyamanan tinggal.

Untuk hal ini, kota Depok yang terletak di Jawa Barat, memiliki banyak lembah dan bukit, serta posisinya yang tinggi dan jauh dari pusat Industri membuatnya terasa lumayan adem dan sejuk di pagi dan malam hari.

Berbeda dengan kota Tangerang yang secara letak wilayah dekat dengan pesisir, serta banyaknya kawasan Industri di Tangerang membuat kualitas udara di kota ini cukup kurang bersahabat.

Kota ini terasa agak gersang dan panas, bahkan menurut lembaga indeks polusi independen IQAir,  Tangerang, khususnya Tangerang Selatan menempati urutan pertama kota paling parah polusinya di ASEAN tahun 2020.

Akses Jalan dan Angkutan Umum

ANGKOT DEPOK Sumber: Wartadepok.com

Untuk akses jalan, poin yang paling dinilai dari ialah kota mana yang paling mudah akses jalannya dan angkutan umumnya.

Terutamauntuk pulang pergi kantordi kota Jakarta Selatan dan kota Jakarta Pusat, sebagaimana mayoritas pekerja di Ibukota.

Untuk kota Depok yang letaknya berdempetan dengan Lenteng Agung,  Jakarta Selatan, tentu ini merupakan hal yang positif karena akses jalannya mudah dan dekat.

Selain itu kota Depok yang dilewati oleh jalanan toll tertua di Indonesia yaitu Jagorawi membuatnya mudah sekali aksesnya ke pusat kota seperti Sudirman, Kuningan dan lain sebagainya.

Angkutan umum di kota Depok juga lumayan memadai, banyak angkot Depok yang punya trayek jauh hingga ke pusat Jakarta.

Selain itu ada akses LRT Jabodebek yang rampung di tahun 2022 serta KRL dan Busway Royal Trans yang makin mempermudah akses warga Depok menuju Jakarta.

Nah kalau untuk kota Tangerang, meskipun jalan di kota Tangerang memadai dan lebar, namun letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Jakarta membuat orang yang tinggal di kawasan Tangerang harus menempuh waktu yang cukup lama untuk dapat tiba di kawasan perkantoran Jakarta Pusat dan Selatan.

Selain itu untuk urusan transportasi umum,  kota Tangerang tidak sebanyak di kota Depok.

Wilayah Tangerang belum terjangkau LRT, stasiun KRL yang masih terbatas dan rute jamnya sedikit, meskipun begitu kamu tetap bisa mengandalkan bus APTB dan Patas AC untuk moda transportasi umum alternatif di Tangerang.

Fasilitas Pendidikan

universitas terbaik di indonesia

Salah satu kunci kesuksesan di jaman yang serba modern dan digital ini ialah pendidikan.

Tentu akan lebih nyaman tinggal di kota yang mempunyai banyak fasilitas pendidikan yang baik dan modern ketimbang yang tidak bukan?

Untuk hal ini, kota Depok tentu punya banyak fasilitas pendidikan terbaik, salah satunya dengan Universitas Indonesia yang berada di wilayah Depok.

Tidak ketinggalan juga ada Universitas Pancasila, Universitas Gunadarma, Sekolah Bilingual Pribadi,  Kinderfield dan masih banyak lagi.

Kota Tangerang juga tentu tidak mau ketinggalan kalau soal pendidikan.

Banyak sekali institusi bertaraf internasional yang letaknya di Tangerang.

Misalkan Stella Maris International School, Al Azhar BSD, UPH dan masih banyak lagi.

Pusat Perbelanjaan dan Hiburan

Tinggal di kota yang punya pusat perbelanjaan dan hiburan yang memadai tentu sangat menyenangkan.

Melepas stress dan penat menjadi mudah karena tidak perlu jauh jauh keluar kota, cukup berkeliling di sekitar tempat tinggal untuk mendapatkan hiburan yang memadai.

Berbicara hal ini, kota Depok tentu saja menawarkan banyak pusat perbelanjaan yang bagus dan lengkap, sebut saja Margo City, Pesona Square, Depok Town Square, Cinere Bellevue dan lain sebagainya .

Namun kalau untuk sisi hiburan selain mall misalkan seperti taman, skate park, food festival dan lain sebagainya di kota Depok terasa cukup minim.

Nah, kalo soal pusat perbelanjaan, Tangerang juga tidak mau ketinggalan.

Banyak sekali mall bagus bertebaran di kota Tangerang seperti misalnya Living World Alam Sutera,  Bintaro Jaya Xchange, The Breeze, Supermall Karawaci dan masih banyak lagi.

Namun begitu, selain Mall, kota Tangerang juga punya banyak wisata alam dan wisata taman.

Banyak event event food festival juga digelar di kota Tangerang karena punya banyak venue yang megah untuk menggelar acara.

Nah, jika dilihat dari masing masing keunggulan dan kekurangan kota masing masing, tentu ada nilai plus dan minusnya sendiri sendiri.

Buat kamu yang suka udara sejuk dan transportasi umum yang lebih mudah kamu bisa pilih kota Depok sebagai kota tempat tinggalmu.

Namun apabila kamu suka pergi ke tempat rekreasi, kuliner yang menarik dan mall serta menyukai infrastruktur jalan yang modern kamu bisa memilih kota Tangerang sebagai kota tempat tinggalmu.

Jadi kalian pilih tinggal di kota yang mana nih?

Temukan inspirasi menarik seputar hunian, selengkapnya di  artikel.rumah123.com.

"Yuk, cari tahu berbagai keunggulan memiliki rumah di Summarecon Bekasi hanya di Rumah123.com dan dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!"

Bagikan:
696 kali