apa itu ruko             Apa itu ruko, investasi properti komersial ini bisa digunakan atau disewakan kembali, pastinya menjadi pemasukan pasif yang mendatangkan cuan.

Banyak orang yang salah membedakan apa itu ruko, rukan kios hingga toko, karena fungsinya yang hampir-hampir mirip.

Pasalnya, beberapa tempat tersebut sama-sama digunakan untuk menjalankan usaha, tentunya masuk kategori properti komersial.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak sekali orang yang terdampak dan banting setir untuk membuka usaha atau memulai bisnis.

Minat tersebut yang membuat permintaan ruko, rukan, kios, dan toko cukup tinggi, meski memang tidak di semua lokasi seperti ini.

Sebelum kamu memilih mana tempat yang cocok untuk usahamu, simak penjelasan tentang apa itu ruko dari Rumah123.com, yuk.

Apa Itu Ruko?

Apa itu ruko, ruko adalah bangunan bertingkat yang lantai bawahnya difungsikan sebagai tempat usaha atau pun kantor,

Sementara lantai atas dimanfaatkan sebagai tempat tinggal, meski tidak semua orang melakukannya karena biasany tetap menjadi tempat usaha.

Istilah ruko berasal dari dua kata, yaitu rumah dan toko, ruko adalah sebutan untuk bangunan yang memiliki ciri khas bertingkat antara dua hingga lima lantai.

Biasanya, sih jumlah rata-rata ruko hanya dua hingga tiga lantai, kalau lebih memang hanya ada di beberapa tempat saja.

Dengan fungsi tersebut, pemilik rumah toko bisa mengawasi langsung barang dagangan dan mengurangi biaya transportasi.

Ruko umumnya banyak ditemukan di komplek perumahan atau pertokoan, properti komersial ini memiliki desain yang khas serupa antara satu ruko dengan lainnya.

Ruko pun biasanya dibuat berderet, tepat di pinggir jalan yang membentuk satu blok, biasanya memiliki lahan parkir.

Apa Perbedaan Ruko, Rukan, Kios dan Toko?

Rukan dan ruko adalah dua hal yang serupa, sebuah properti yang merupakan rumah tinggal dan tempat untuk bisnis.

Meskipun tidak semua ruko atau rukan dijadikan tempat tinggal dan kantor, biasanya lebih banyak yang sepenuhnya sebagai tempat usaha atau kantor.

Sedangkan toko atau kios adalah tempat usaha yang identik dengan warung yang berukuran lebih kecil atau sederhana.

Selain itu, kios tidak bisa dijadikan tempat tinggal, layaknya ruko atau rukan, pastinya karena lokasinya memang hanya untuk tempat usaha.

Jenis-Jenis Ruko

1. Ruko di Perumahan

Ruko di perumahan merupakan area komersial dari perumahan tersebut, biasanya berada di bagian depan kompleks atau klaster.

Usaha yang dikembangkan biasanya seperti kebutuhan sehari-hari, seperti isi ulang air dan gas, hingga jasa fotokopi, atau lainnya.

2. Ruko di Mall atau Pusat Perdagangan

Jenis ruko ini  juga biasanya terdapat di mall atau pusat perdagangan, jika kamu memilikinya, maka dapat dipastikan akan dikelilingi banyak pelaku bisnis, baik penjual atau pembeli.

Kalau ruko di lokasi ini biasanya menjual berbagai barang, seperti ponsel, jam tangan, alat elektronik, kuliner, dan lainnya.

3. Ruko di Jalan Raya

Lokasi ruko ini biasanya tak jauh dari perkantoran, sekolah, ataupun rumah sakit, bisa berada di jalan yang besar atau jalan yang kecil.

Jenis usaha yang terdapat di lokasi ini meliputi, makanan, jasa, alat kebutuhan perkantoran, hingga bisnis lainnya.

Keuntungan Memiliki Ruko

1. Multifungsi

Kegunaan ruko yang bisa dijadikan tempat usaha dan tinggal, jadi keuntungan pemilik, pemilik bisa menghemat pengeluaran.

Tapi, jika dana masih terbatas, kamu bisa menyewa selama beberapa tahun, sekaligus mengembangkan usaha untuk membeli hunian.

2. Lebih Ekonomis

Desain rumah toko lebih hemat ruang, hanya butuh satu atau dua ruko dan sudah dapat dibangun sebagai ruko minimalis layak huni.

3. Memiliki Nilai Investasi Tinggi

Memiliki ruko adalah pilihan investasi yang menguntungkan, harga ruko memang tidak murah, namun kamu dapat menyewakannya.

Dengan begitu kamu pun akan dapat keuntungan dari biaya sewa tersebut, biasanya sewa ruko untuk jangka waktu lebih lama.

Kekurangan Ruko

Modal lebih besar, dan sulit untuk kembali dalam jangka waktu singkat menjadi sejumlah kekurangan dalam berinvestasi properti komersial ini.

Ada sejumlah kekurangan lainnya dalam berinvestasi ruko, tentunya agar menjadi pertimbangan kamu dalam berinvestasi. 1. Biaya perawatan ruko lebih tinggi.

2. Biaya renovasi tak kalah besar dengan biaya pembangunan awal ruko.

3. Jika berada di lokasi yang tidak strategis, sulit mendapat pembeli atau penyewa.

Nah, inilah penjelasan apa itu ruko, jadi, apakah kamu akan berinvesasi properti komersial juga? Setiap investasi memang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti AKR Grand Kawanua International City.

Bagikan:
375 kali