Walaupun tak jorok, keberadaan semut memang kerap mengganggu. Untuk itu, penting mengetahui cara mengusir semut berikut ini!

cara mengusir semut - rumah123.com

Salah satu serangga yang kehadirannya tak diinginkan di rumah adalah semut. Walaupun tak membawa penyakit layaknya tikus, kecoa, cicak, atau pun lalat, keberadaan semut tetap mengganggu.

Pasalnya, semut kerap datang menghampiri sumber makanan yang manis. Ditambah lagi, semut seringkali datang berbondong-bondong dalam jumlah banyak, hingga makanan yang terdapat di atas meja terkontaminasi. 

Memang sih, semut cenderung memiliki perilaku yang berbeda dengan lalat yang biasanya ditemukan di tempat yang jorok dan kotor. Hanya saja, karena tidak bisa memastikan apakah semut sudah melewati tempat yang kotor atau tidak, jadi sebaiknya kamu tak mengonsumsi makanan yang telah dikerubungi banyak semut. 

Ada banyak cara mengusir semut yang tak menyakiti

Supaya tak mengganggu aktivitasmu, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengusir semut yang paling tepat. Tentu saja tidak dengan membunuhnya. Sebab, bagaimanapun itu, semut tidak membawa penyakit. Apalagi dalam ajaran agama Islam, ada larangan untuk membunuh semut. Nah buat kamu yang penasaran, langsung saja yuk cek cara mengusir semut tanpa perlu membunuh atau menyakitinya!

Lilitkan tutup makanan manis dengan karet gelang

Semut sangat suka mendatangi makanan manis, misalnya seperti gula, susu kental manis, sirup, dan lainnya. Untuk mencegah kehadiran mereka di dekat makanan manis tersebut, kamu bisa mengakalinya dengan mengikat tutup wadah makanan manis menggunakan karet gelang. Dengan begitu, aroma manis pun lebih sulit untuk tercium hidung semut.

Olesi tempat yang sering didatangi semut dengan petroleum jelly 

Pernah mendengar Vaseline Petroleum Jelly? Ya, benda satu ini memang terkenal sebagai produk perawatan kulit. Tapi siapa sangka, petroleum jelly juga dinilai efektif sebagai cara mengusir semut. Aroma dan tekstur gel-nya yang lengket membuat semut tak berani mendekat. Kamu bisa mengoleskan petroleum jelly ke tempat yang sering didatangi semut. Misalnya seperti wadah makanan kucing, kaki-kaki meja, kaki lemari, dna tempat lainnya.

Taburkan tepung di daerah sekitar semut berkumpul

Tepung juga bisa dijadikan bahan untuk mengusir semut. Taburkan tepung di jalur yang sering dilewati semut. Mereka akan kesulitan untuk menerobos barisan tepung yang telah ditaburkan dan akan memilih untuk pergi. 

Letakkan beberapa lembar daun sirih

Daun sirih memang dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tapi selain itu, daun sirih juga dinilai efektif untuk mengusir semut. Cara penggunaannya pun cukup gampang. Cukup letakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering didatangi semut, dan semut pun akan menghindari spot-spot tersebut.

Itu dia 5 cara mengusir semut yang terbukti efektif. Dengan menggunakan cara-cara di atas, kamu tak perlu mengusir semut dengan menyakitinya.

Bagikan: 10649 kali