Saat ini kayu manis memang lebih banyak digunakan sebagai penambah rasa pada makanan. Tapi pada abad pertengahan, kayu manis kerap digunakan untuk mengobati banyak penyakit.

Manfaat kayu manis ternyata ada banyak sekali - Rumah123.com Manfaat kayu manis ternyata ada banyak sekali - Rumah123.com

Nah, untuk kamu yang mau mulai mengurangi pengobatan dengan bahan-bahan kimia dan mau beralih ke pengobatan herbal, coba deh manfaatkan kayu manis di dapurmu. Niscaya, sejumlah manfaat kesehatan berikut ini akan bisa kamu rasakan!

Mengandung antioksidan yang tinggi

Salah satu keunggulan dari kayu manis adalah kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Bahkan antioksidan pada satu sendok teh kayu manis lebih tinggi ketimbang setengah cangkir bluberi. Antioksidan bisa meningkatkan imunitas dan menambah daya tahan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi ini, penyakit tak akan berani mendekati kamu!

Anti inflamasi

Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi sehingga berkhasiat untuk mengurangi radang, mengobati rasa nyeri, dan penurun panas. Apabila kamu mengalami radang tenggorokan, radang sendi, atau mengalami nyeri, mengonsumsi teh dengan bubuk kayu manis bisa menjadi pengobatan alami. 

Menurunkan kadar gula

Bagi penderita diabetes, kayu manis sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar gula yang tinggi. Methylhydroxychalcone polymer (MHCP), kandungan utama pada kayu manis yang memiliki efek mirip insulin dan menaikkan sensitivitas insulin, tidak ditemukan pada minyak kayu manis.

Membantu menurunkan berat badan

Kayu manis mampu menstabilkan kadar gula darah, sehingga bisa mencegah rasa kelaparan. Kayu manis juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih cepat, dan mampu mempercepat metabolisme. Manfaat-manfaat tersebut akan berpengaruh pada penurunan berat badanmu.

Mencegah kanker

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah untuk mencegah risiko terkena penyakit kanker. University of Texas melakukan sebuah penelitian  yang menunjukkan bahwa polifenol kayu terbukti menyebabkan peradangan positif, yang dapat membunuh sel kanker tertentu.

Anti bakteri

Tak perlu mengonsumsi antibiotik ketika bakteri mulai menyerang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat kayu manis dianggap efektif untuk mengobati pilek, batuk, dan infeksi kandung kemih ketika diminum bersamaan dengan air panas dan madu. Dan, jika dijadikan essential oil, kayu manis telah terbukti ampuh untuk membunuh infeksi dan bakteri, sehingga ideal dijadikan antiseptik alami.

Berbagai manfaat kecantikan

Kayu manis memiliki banyak manfaat kecantikan. Mulai dari mengobati jerawat, kulit kering, keriput, meningkatkan pertumbuhan rambut dan masih banyak lagi. Jadi, jangan lupa masukkan tanaman satu ini ke dalam daftar wajib untuk membuat masker alami.

Obat penyakit jantung

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa kayu manis memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Selain menambah daya tahan tubuh, zat antioksidan tersebut mampu memperlambat proses penyimpanan lemak dalam tubuh. Tingkat lemak yang tinggi dapat menyebabkan arteri menjadi tersumbat sehingga risiko terkena serangan jantung dan gagal jantung semakin tinggi. Dengan begitu, kayu manis bisa meminimalisir risiko tersebut.

Mengobati alergi

Kayu manis bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat membantu pernapasan. Dikombinasikan dengan madu, perpaduannya bisa menjadi obat alergi alami terbaik dan memberi efek yang signifikan. Ketika dijadikan essential oil, kayu manis sangat efektif untuk menyembuhkan alergi yang disebabkan oleh debu dan tungau. 

Bagikan:
3536 kali