Seoran wanita sedang mengaplikasikan sunscreen ke wajahnya - Rumah123.com Seoran wanita sedang mengaplikasikan sunscreen ke wajahnya - Rumah123.com

Sinar UV merupakan sinar matahari yang mencapai bumi. Fungsi dari sinar UV adalah untuk memproduksi vitamin D dalam kulit. Namun perlu diketahui juga, di balik manfaatnya tersebut, terlalu banyak terpapar sinar UV juga membahayakan kulit. Sinar UV sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, dua di antaranya yang paling dikenal yaitu sinar UV A dan UV B. 

Sinar UV A merupakan singkatan dari Ultra Violet Aging. Sinar ini memiliki panjang gelombang 100 nanometer (nm) sampai 290 nm. UV A menjadi penyebab utama timbulnya keriput, garis halus, dan noda hitam yang disebut flek. Sedangkan sinar UV B merupakan singkatan Ultra Violet Burning. Sinarnya memiliki panjang gelombang 290 nm sampai 320 nm. Seperti namanya, UV B menjadi penyebab utama terbakarnya kulit oleh sinar matahari. 

Bukan hanya menghitamkan dan membuat warna kulit lebih gelap, sinar UV sangat berbahaya, salah satunya bisa memicu terkena kanker kulit. Salah satu cara paling mudah untuk menghindari bahaya dari sinar UV adalah dengan menggunakan tabir surya tiap keluar rumah. Tabir surya seperti apa yang dibutuhkan? Apakah sunscreen, atau sunblock? Walaupun banyak yang mengira keduanya serupa, tapi ternyata sunscreen dan sunblock memiliki fungsi yang berbeda. 

Perbedaan sunscreen dan sunblock

Topik ini menjadi bagian bahasan dari talkshow bersama MD Clinic bertema Seberapa Penting Penggunaan Sunscreen untuk Kulit pada Minggu, (9/11/2019). Acara ini merupakan rangkaian acara dalam Festival Properti Indonesia 2019 di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 6-10 November 2019. Dr. Dwi Tiara Septiani dari MD Clinic menjadi pembicara dalam talkshow ini. Dr. Tiara menyebutkan bahwa sunscreen dan sunblock sangatlah berbeda. 

Sunscreen bertindak sebagai penyaring sinar matahari yang dapat menyerap atau memantulkan beberapa radiasi Ultra Violet matahari untuk melindungi dari sengatan matahari. Tekstur sunscreen cenderung lebih tipis dan mudah diaplikasikan dan nyaman digunakan sehari-hari. 

Dr. Dwi Tiara Septiani dari MD Clinic di acara talkshow Festival Properti Indonesia 2019 - Rumah123.com Dr. Dwi Tiara Septiani (tengah) dari MD Clinic di acara talkshow Festival Properti Indonesia 2019 - Rumah123.com

Sedangkan sunblock mengandung mineral yang membangun lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari. Tekstur sunblock lebih kental ketimbang sunscreen. Sunblock direkomendasikan untuk yang memiliki aktivitas berjam-jam di bawah sinar matahari seperti berenang atau bermain di pantai.  “Untuk penggunaan sehari-hari, pilih sunscreen. Kandungan sunblock cenderung lebih berat untuk kulit,” ujar Dr. Tiara. 

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem Terus Melanda, Ini Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

SPF pada sunscreen 

Ketika pertama kali membeli sunscreen, pasti kamu sering melihat informasi SPF 25 hingga 50 pada kemasannya. Apa sih maksud SPF itu? Apakah perbedaan dari SPF pada setiap tabir surya yang dijual di pasaran? Apakah besar kecilnya SPF berpengaruh pada kulit setelah menggunakannya? Nah, untuk menjawab berbagai hal tersebut, yuk simak dr Dr. Tiara mengenai perbedaan angka kandungan SPF, berikut ini.

Pengertian SPF

SPF merupakan singkatan dari Sun Protector Factor, yang menentukan seberapa lama kamu bisa berhadapan dengan sinar matahari setelah mengaplikasikan sunscreen sejak pertama kali. Semakin tinggi nilai SPF-nya, maka semakin kuat dan lama pula perlindungan yang diberikan oleh tabir surya tersebut. 

Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk, menentukan berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit. Kulit normal manusia akan bertahan 10 menit di bawah paparan sinar matahari, maka jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit mampu menahan panas matahari tersebut. 

Baca juga: Rumah Minim AC: Hemat Energi dan Biaya Listrik, Namun Tetap Sejuk!

Perbedaan nilai SPF pada sunscreen

Memilih SPF bisa jadi membingungkan karena ada banyak produk dengan opsi nilai SPF yang berbeda. Supaya kamu gak bingung, berikut maksud dari angka SPF yang harus kamu perhatikan: 

SPF 15 memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam.

SPF 25 memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit.

SPF 30 memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam.

SPF 50 memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

Memilih sunscreen dengan SPF yang tepat

Banyak sekali ya opsi SPF yang harus dipilih? Mana yang paling tepat untukmu? Ternyata, semua kembali lagi pada kondisi masing-masing. 

Aktivitas di dalam ruangan: 

Minimal sunscreen dengan SPF 15

Aktivitas di luar ruangan: 

- Intensitas ringan: minimal SPF 25

- Intensitas sedang: minimal SPF 30

- Intensitas tinggi: minimal SPF 50

Bagikan: 1579 kali