Cuaca panas ekstrem berdampak buruk bagi kesehatan, ini cara mengatasinya - Rumah123.com Cuaca panas ekstrem berdampak buruk bagi kesehatan, ini cara mengatasinya (Rumah123.com/etty Images)

Penghujung tahun seharusnya sudah masuk musim penghujan. Tapi kok, cuaca panas rasanya semakin ekstrem ya belakangan ini? Bahkan beberapa hari lalu, tercatat suhu panas hingga 39,6 derajat celcius terjadi di wilayah Ciputat, Jakarta Selatan. Padahal suhu normal di Jakarta adalah 30-33 derajat celcius.

Fenomena ini pun terjadi bukan di satu wilayah saja, bahkan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Saking panasnya, beberapa orang di sejumlah daerah viral di media sosial karena terlihat menggoreng telur dan kerupuk di atas aspal. Kira-kira, apa ya penyebab dari fenomena cuaca panas ekstrem seperti ini? 

Ada 3 hal yang menyebabkan cuaca panas ekstrem seperti ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa suhu panas akhir-akhir ini terjadi karena disebabkan oleh tiga hal, yaitu:

1.  Tameng awan di langit hampir tidak ada yang terbuka

Tameng awan yang ada di langit kita ini hampir tidak ada yang terbuka. Jadi di Indonesia saat ini belum terjadi pembentukan awan yang secara optimal bisa melindungi.

Baca juga: Rumah Minim AC: Hemat Energi dan Biaya Listrik, Namun Tetap Sejuk!

2.  Adanya gerak semu matahari

Di Bulan Oktober ini, posisi semu matahari berada di sekitar wilayah Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan beberapa wilayah lainnya yang berada di bagian selatan Indonesia. Akibatnya, posisi sinar matahari langsung ke permukaan bumi sehingga menimbulkan cuaca panas.

3.  Angin kering bertiup dari benua Australia

Pada bulan ini bertiup udara dari Australia yang udaranya kering dan panas karena di sana sedang musim panas. Ketiga hal ini menyebabkan suhu udara memanas. 

Menurut BMKG, dalam waktu sekitar satu minggu kedepan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia. Mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi atmosfer yang masih cukup kering.

Baca juga: Musim Hujan Segera Datang, Segera Siapkan 4 Hal Ini di Rumah!

Dampak yang bisa terjadi karena cuaca panas

Suhu panas yang semakin menjadi ini tentu bisa berdampak pada kesehatan, apalagi jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Dampak kesehatan yang bisa muncul akibat fenomena suhu panas pun sangat banyak. Mulai dari dehidrasi, stres, iritasi kulit, sakit kepala, tekanan darah rendah, bahkan hingga kerusakan otak dan terkena serangan jantung. 

Cara mengatasi cuaca panas yang berdampak buruk pada kesehatan

1. Banyak minum air putih tapi hindari air dingin

2. Gunakan tabir surya

3. Hindari konsumsi kafein karena bisa menyebabkan dehidrasi

4. Kurangi makanan pedas

5. Gunakan baju tipis dan ringan

Bagikan: 2944 kali