Setelah berbulan-bulan musim kemarau berkepanjangan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, akhirnya belakangan mulai turun hujan. Artinya, musim hujan akan segera tiba.

seorang wanita sedang menampung air bocor karena musim hujan mulai datang - rumah123.com seorang wanita sedang menampung air bocor karena musim hujan mulai datang (rumah123.com/Getty Images)

Di saat seperti inilah kamu harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari fisik, hingga persiapan di rumah. Pasalnya, selain penyakit lebih mudah menghampiri, musim hujan juga kerap menimbulkan kerusakan pada beberapa bagian di rumah. Nah, kira-kira, apa saja yang harus kamu persiapkan? Berikut daftarnya!

Periksa kondisi saluran air

Saat musim hujan, volume air tentu akan lebih besar. Apabila saluran air tersumbat, maka otomatis akan terjadi banjir. Untuk itu, jangan lupa periksa saluran air di luar rumah dan bersihkan secara berkala sebelum memasuki musim hujan. Agar hasilnya maksimal, lakukan pembersihan selama dua minggu sekali agar daya tampungnya maksimal. Kegiatan ini bisa kamu lakukan bersama para tetangga lho, mengingat saluran air di lingkunganmu tentu menampung banyak rumah sekaligus. Selain memeriksa saluran air di luar rumah, periksa juga pipa-pipa yang ada di rumahmu. Pastikan tidak ada pipa yang bengkok atau retak sehingga menambah masalah baru karena dapat menyumbat air.

Perhatikan atap rumah

Atap juga jadi hal utama yang harus diperhatikan. Saat musim kemarau, kerusakan pada atap mungkin tak akan berpengaruh besar. Lain halnya pada musim hujan. Jika kondisi atap tak baik, bocor bisa terjadi. Ketika terjadi bocor, rumah pun bisa rusak dan menjadi sumber penyakit. Apalagi kerusakan atap akan berpengaruh pada keretakan tembok juga. Untuk itu, periksa kondisi atap sesegera mungkin. Apabila atap terbuat dari genteng, ganti jika ada yang bocor atau pun geser. Begitu juga jika genteng terbuat dari asbes, periksa jika terjadi keretakan. 

Periksa kabel listrik

Ketika musim hujan, kabel listrik yang sudah rapuh dan terkelupas berisiko mengakibatkan korsleting dan kebakaran. Untuk mengantisipasinya, pemeriksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar rumah. Pastikan seluruh kabel dan stop kontak dalam keadaan baik sehingga risiko korsleting dapat diminimalisasi. Di musim hujan juga biasanya kerap kali terjadi pemadaman aliran listrik. Hal ini biasanya terjadi ketika hujan besar, apakah karena ada pohon yang tumbang sehingga menimpa kabel listrik, atau karena petir. Untuk itu, harus segera mempersiapkan alat penerangan alternatif. 

Pastikan mesin cuci berfungsi dengan baik

Pada musim hujan, cucian menjadi susah kering karena minimnya sinar matahari. Untungnya, sudah ada mesin cuci dengan teknologi pengering. Supaya tak ada kendala ketika hujan sudah sering datang, kamu harus memastikan bagian pengering pada mesin cuci berada dalam kondisi prima. Apabila ada ruang kosong di dalam rumah, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menjemur cucian. Tak perlu besar-besar, sedikit ruang dengan dinding polos pun bisa dimanfaatkan. Sebab, sekarang banyak jemuran yang bisa ditempel di dinding, yang efektif terhadap ruang dan juga multifungsi.

Bagikan: 1373 kali