Apakah di rumahmu kulkas tidak dingin lagi? Mungkin, 4 hal ini yang jadi penyebabnya. Yuk, ketahui juga cara mengatasinya!

Seorang wanita mencari tahu bagaimana cara memperbaiki kulkas tidak dingin - Rumah123.com Seorang wanita mencari tahu bagaimana cara memperbaiki kulkas tidak dingin (Rumah123.com/etty Images)

Kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang wajib ada di setiap hunian. Kegunaannya adalah untuk mendinginkan, membekukan, dan dapat mengawetkan makanan. Mengingat fungsinya sangat esensial, kamu juga harus menjaga keawetan kulkas supaya bisa berfungsi dengan maksimal dan tak cepat rusak. Tapi bagaimana kalau kulkas di rumah mengalami kerusakan, misalnya kulkas tidak dingin lagi? Wah, kamu pasti dijamin panik karena makanan yang disimpan di dalamnya bisa basi dan tak bisa dikonsumsi lagi. 

Jika kulkas tidak dingin, kamu harus mengetahui dulu penyebabnya. Setelah itu, kamu bisa memperbaikinya dengan sejumlah cara yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Penyebab kulkas tidak dingin yang paling sering terjadi dan cara mengatasinya

Bunga es menutupi lubang angin pada kulkas

Di bagian dalam kulkas, terdapat bunga es yang berperan untuk mendinginkan udara. Ketika kulkas mulai tidak dingin, penyebab paling dasar yang kerap terjadi adalah bunga es sudah terlalu tebal dan menutupi bagian lubang angin pada kulkas. 

Cara mengatasi: Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa bunga es yang sering kali menutupi bagian lubang angin. Jika hal itu memang terjadi, maka segera bersihkan bunga es yang sudah menumpuk. Buka seluruh pintu kulkas, dan nyalakan kipas angin di depannya. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga bunga es mencair. Apabila sudah mencair, lap segera hingga bersih supaya air tak membentuk bunga es kembali. Supaya hasilnya maksimal, lakukan hal ini secara rutin. 

Terlalu sering menyimpan makanan panas 

Terlalu sering menyimpan makanan bersuhu panas juga menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Hal ini bisa menyebabkan suhu di dalam kulkas menjadi naik alias memanas. 

Cara mengatasi: Sebelum menyimpan makanan panas, sebaiknya sejukkan terlebih dahulu makanan tersebut di luar kulkas. Biarkan mendingin sementara melalui udara. Makanan yang bersuhu netral tentunya tak akan mengubah atau merusak suhu dingin pada kulkas. 

Meletakkan barang elektronik yang menghasilkan suhu panas di dekat kulkas

Sama seperti makanan panas, barang elektronik yang menghasilkan suhu panas seperti rice cooker, kompor gas, oven listrik, alat pembakar roti, juga bisa menyebabkan suhu kulkas ikut naik. 

Cara mengatasi:  Letakkan kulkas pada tempat yang tidak terlalu dekat dengan peralatan yang menghasilkan panas.

Pintu lemari kurang rapat

Pintu kulkas yang kurang rapat ketika ditutup juga bisa menjadi penyebab utama kulkas tidak dingin. Biasanya karet pada pintu lah yang bekerja untuk menutup kulkas.

Cara mengatasi: Jika kerusakan kulkas tak terjadi karena pintu karet tak rapat ketika ditutup, maka yang harus kamu lakukan adalah mengganti karet dengan yang lebih kencang. 

Bagikan: 2499 kali