Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto) Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Kamar anak sudah pasti berbeda dengan kamar orang tua lho. Banyak perbedaan antara orang tua dengan anak-anak mulai dari soal usia, tinggi badan, dan termasuk suasana lho.

Semua ini memengaruhi kamu saat merancang kamar. Kamu tidak mungkin menaruh perabotan yang berukuran besar di rumah ruang anak. Kamu tidak bisa menempatkan furnitur yang kurang sesuai dengan usia anak.

Baca juga: Ssstt, Ini Lho Cara Merapikan Lemari Pakaian Anak

Sebenarnya sih, tidak terlalu rumit kok untuk merancang kamar anak. Kamu hanya perlu menengok tips di bawah ini guna merancang kamar anak yang nyaman.

Pertama, perhatikan ukuran. Furnitur seperti ranjang, rak, lemari, dan lainnya harus dirancang sesuai dengan tinggi badan anak. Hal ini akan memudahkan anak untuk mengambil barang dan juga merapikannya.

Baca juga: Anak Mesti Berbagi Kamar? Ini Ada Tipsnya Lho

Kedua, gunakan warna yang tepat. Biasanya, kamar anak laki-laki diberi warna biru, sedangkan kamar anak perempuan diberi warna merah muda. Tetapi kamu bisa memberi warna lain dan tidak ada salahnya untuk menggunakan warna favorit mereka.

Ketiga, aplikasikan tematik. Anak laki-laki biasanya punya super hero. Tidak ada salahnya mendekorasi kamar dengan gambar Batman, Superman, Ben 10, The Avengers, dan lainnya. Sebaliknya, anak perempuan menyukai tokoh princess. Kamu bisa mendekorasi kamar dengan gambar Princess Sofia, Snow White, dan lainnya.

Baca juga: Yuk, Bikin Storage Biar Nggak Pusing Simpan Mainan Anak

Keempat, jangan lupakan penyimpanan atau storage. Anak-anak biasa mengoleksi mainan atau benda-benda kesukaannya. Pastikan kalau kamu menempatkan storage di kamar anak.

Kelima, ikut melibatkan anak saat merancang kamar. Ruang tidur ini akan ditempati oleh anak, tentunya mencerminkan kepribadian dan keinginan mereka. Ajak anak untuk berpartisipasi dalam mendesain kamar mereka.

Bagikan:
1444 kali