Seorang wanita sedang memasak jahe yang punya segudang manfaat untuk kesehatan - Rumah123.com Seorang wanita sedang memasak jahe yang punya segudang manfaat untuk kesehatan - Rumah123.com

Jahe memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari bumbu masakan oriental, hingga obat-obatan herbal. Baik dalam bentuk mentah maupun dimasak, jahe dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Apa saja manfaat jahe untuk kesehatan? Berikut daftarnya!

10 manfaat jahe untuk kesehatan

Mengurangi rasa mual

Sering merasa mual di pagi hari? Jahe bisa membantu mengurangi gejalanya secara alami. Jahe memiliki senyawa gingerol dan shogaol, yang terbukti di beberapa penelitian, mampu mengurangi gejala mual pada pasien yang baru menjalani operasi, pasien yang menderita kanker, atau mereka yang menderita mabuk perjalanan. Ada banyak pilihan olahan jahe untuk menghilangkan rasa mual. Kamu bisa minum teh jahe, atau makan kapsul jahe. 

Untuk kamu yang mau membuat teh jahe, ini dia resepnya:

  1. Tuangkan 6 gelas air ke dalam panci, didihkan
  2. Tambahkan irisan jahe seukuran ibu jari, campurkan ke dalam air yang mendidih
  3. Rebus selama 20 menit, sambil tambahkan 2 sendok perasan lemon dan madu secukupnya.

Meredakan nyeri akibat menstruasi

Rasa nyeri ketika menstruasi kerap membuat para wanita tak nyaman. Bahkan tak jarang ada yang kesakitan hingga tak bisa beranjak dari tempat tidur. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan jahe yang ada di dapur. Minum secangkir teh jahe bukan hanya bisa mengurangi kram perut akibat menstruasi, tapi juga memberikan efek hangat pada tubuh. 

Baca juga: 9 Manfaat Kesehatan dari Kayu Manis yang Terbukti Secara Sains

Akar jahe untuk menurunkan tekanan darah

Ketika tekanan darahmu tinggi, artinya jantung pun harus bekerja ekstra untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tegangan pada pembuluh darah juga bisa ikut meningkat, sehingga memicu terjadinya serangan jantung atau stroke. Untuk itu, sangat penting menjaga tekanan darah agar hal-hal tersebut tak terjadi. Jahe, memiliki salah satu manfaat untuk mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Mengatasi otot yang tegang

Otot yang tegang biasanya disebabkan oleh olahraga terlalu keras, terlalu lama duduk di kursi yang tegak, atau salah tidur. Walaupun bisa hilang dengan sendirinya, tentu hal ini bisa menimbulkan rasa yang tak nyaman. Tenang, apabila ada jahe di rumahmu, coba deh masak jahe tersebut menjadi makanan. Misalnya nasi goreng jahe, atau wedang ronde. Setelah makan, dijamin nyeri otot akan berkurang. 

Baca juga: Selain Mampu Mengusir Tikus & Kecoa, Kapur Barus Punya 10 Manfaat Kesehatan!

Solusi untuk pemilik gula darah tinggi

Makanan manis memang sulit untuk ditolak. Tapi jika dibiarkan terus, bisa-bisa kamu kecanduan hingga terkena penyakit gula darah tinggi. Apabila kamu salah satu orang yang memiliki kecenderungan untuk terkena penyakit gula, maka jahe bisa menjadi obat alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2 menunjukkan penurunan signifikan dalam kadar gula darah pasien yang menggunakan kapsul jahe. Nah, tak ada salahnya kan mencoba obat satu ini?

Mengobati gangguan pencernaan

Jahe juga bisa menjadi solusi pengobatan alami untuk mengatasi masalah pencernaan. Sebab, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang bisa meredakan iritasi di dalam lapisan lambung yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Jika kamu mulai bosan dengan teh jahe, coba campurkan jahe ke dalam sup ayam atau salad. 

Mencegah infeksi

Mengonsumsi teh jahe sering disarankan untuk kamu yang sedang sakit. Kenapa ya? Jahe mampu membersihkan racun dari tubuh yang menyebabkan timbulnya infeksi, jamur, dan bakteri. Ketika kamu mulai merasa gak enak badan, hindari mengonsumsi obat-obatan kimiawi, dan gunakan jahe sebagai penggantinya. 

Meningkatkan fungsi otak

Jahe telah digunakan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan fungsi otak. Beberapa manfaatnya antara lain untuk meningkatkan daya ingat, menambah daya fokus, memperbaiki suasana hati, membuat tidur jadi berkualitas, dan masih banyak lagi.  

Mencegah kanker

Percaya atau tidak, ada sejumlah profesional yang mengklaim bahwa jahe bisa lebih efektif daripada kemo untuk mengobati kanker. Menurut mereka, shogaol, salah satu komponen bioaktif pada jahe bisa menghambat produksi sel kanker. 

Memberikan banyak manfaat kecantikan

Jahe dikenal sebagai antioksidan alami ke-13 yang paling ampuh. Sebab, jahe mengandung sekitar 40 sifat antioksidan, sehingga menjadikannya superfood bagi kulit. Untuk kamu yang mau memiliki kulit cantik dan bercahaya, buat DIY masker yang terbuat dari 1 sendok teh jahe, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh perasan lemon, lalu oleskan ke wajah dan pijatlah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Kulit cerah nan bersinar pun akan kamu dapatkan!

Bagikan: 1253 kali