Hampir setiap rumah memiliki kapur barus di dalamnya. Kamu setuju nggak?

kapur barus - rumah123.com

Biasanya, benda yang dikenal dengan nama kamper ini digunakan sebagai pengharum ruangan, dan mengusir serangga serta hama yang ada di rumah. Kapur barus sering diletakkan di sudut kamar mandi, laci, atau lemari pakaian. Dengan begitu, rumah terbebas dari gangguan rayap, kecoa, hingga tikus nakal.

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah mengetahui fungsi kamper tersebut. Tapi, tahukah kamu bahwa kapur barus juga punya banyak manfaat kesehatan?

Eits, kamu perlu tahu dulu nih kalau kamper yang dijelaskan di artikel ini, berbeda dengan kamper yang banyak dijual di pasaran. Biasanya, kapur barus yang banyak dijual adalah yang sintetis.

Sedangkan untuk bisa merasakan manfaat kesehatan dari kapur barus, kamu harus kapur barus alami yang berasal dari tanaman obat pohon Cinnamomum Camphora.

Nah, manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh kapur barus alami? Berikut penjelasan selengkapnya!

Menghilangkan gatal

kapur barus - rumah123.com

Kamper memiliki efek yang menenangkan, sehingga bagus digunakan untuk meredakan gatal-gatal dan iritasi kulit. Kamu bisa mengoleskan kamper yang sudah dicampur air pada permukaan kulit yang gatal.

Baca juga: Budidaya Tanaman Hidroponik, Cara Berkebun Baru untuk Kamu yang Punya Lahan Sempit!

Menyembuhkan luka bakar

kapur barus - rumah123.com

Kamper juga bisa digunakan untuk pengobatan luka bakar ringan. Kandungan zat di dalamnya akan membantu luka cepat mengering hingga terbentuk jaringan kulit baru. Cukup campurkan kamper dengan air hingga mengental dan membentuk tekstur krim, lalu oleskan pada luka bakar.

Menghangatkan tubuh

kapur barus - rumah123.com

Kapur barus yang bersifat alami dapat menghangatkan tubuh ketika seseorang berada di tempat yang dingin. Ambil kapur barus sebesar biji padi atau beras, setelah itu dijilat menggunakan lidah, nantinya tubuh akan terasa hangat.

Menghilangkan rasa sakit perut

kapur barus - rumah123.com

Fungsi kamper lainnya adalah untuk menghilangkan sakit perut. Ketika perut mulai terasa sakit, cukup makan sedikit kapur barus, yang bisa menjadi obat ampuhnya.

Melawan jerawat dan memudarkan bekasnya

kapur barus - rumah123.com

Kamper bisa menjadi anti inflamasi, anti bakteri, antiseptik, dan anti jamur yang mampu melawan jerawat dan memudarkan noda hitam pada kulit. Kamu bisa mencampurkan sedikit kapur barus ke dalam masker wajah, dan lihat khasiatnya.

Baca juga: Biar Gak Cepat Layu, Gunakan Teknik Ini Saat Menyiram Tanaman!

Mengobati infeksi jamur kuku

kapur barus - rumah123.com

Apakah kuku jarimu mengeras, dan warnanya mulai menghitam? Artinya, kuku jarimu terkena infeksi jamur. Salah satu obat ampuh untuk mengatasinya adalah campuran kapur barus dengan cairan lemon, atau minyak kayu putih.

Melegakan tenggorokan

kapur barus - rumah123.com

Kamper memiliki sifat dekongestan yang dikenal efektif meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Campur kamper dengan minyak carrier, dan oleskan pada dada dan hidung untuk melegakan hidung dan tenggorokan ketika kamu terkena flu.

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat dari kapur barus alias kamper ini? Tapi sekali lagi, pastikan bahwa yang kamu gunakan adalah kapur barus alami ya.

Rumah123.com punya banyak informasi mengenai rumah. Yuk, cek artikel-artikel lainnya!

Bagikan: 2764 kali